vitamin untuk kulit

Ingin Memiliki Kulit yang Sehat? Inilah 6 Vitamin Terbaik untuk Anda

Kulit merupakan lapisan organ tubuh paling atas yang langsung bersentuhan dengan benda dari luar. Oleh karena itu, kulit harus tetap terawat supaya bisa melindungi tubuh Anda.

Banyak cara melakukan perawatan kulit, salah satunya adalah dengan memberikan asupan vitamin untuk kulit. Oregon State University mengungkapkan, vitamin memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Jadi, sebelum memilih vitamin untuk kulit terlebih dahulu kenali jenis kulit Anda.

Baca juga : Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Kenali Jenis Kulit Anda

Setiap orang memiliki jenis kulit berbeda dan hal ini dapat disebabkan oleh  faktor genetik dan usia. American Academy of Dermatology menggolongkan kulit remaja usia 11-13 tahun ke dalam tiga golongan, yaitu kulit berminyak, kering, dan kombinasi.

1. Kulit Berminyak

Oily skin atau kulit berminyak memiliki ciri-ciri mengilap dan cenderung berkomedo. Bahkan, jerawat pun dapat muncul jika kulit tidak dirawat. Pori-pori kulit juga terlihat besar, khususnya di wilayah T-zone (hidung, dahi, dagu).

2. Kulit Kering

Sementara itu, ciri-ciri kulit kering (dry) kebalikan dari oily skin. Pori-porinya nyaris tidak tampak. Kerap terlihat kusam, kasar, serta bergaris halus. Karena kadar minyak di kulit ini sangat sedikit, teksturnya kurang elastis.

Lain halnya dengan kulit kombinasi yang mempunyai karakteristik dry dan oily. Bagian T-zone pada jenis ini cenderung berminyak. Namun, di daerah pipi terlihat kering dan kusam.

Setelah menemukan jenis kulit Anda, kini saatnya memilih vitamin terbaik. Oregon State University dan BlackDoctor menganjurkan tujuh vitamin berikut ini.

Baca juga : Pentingnya Menghapus Make Up Sebelum Tidur

6 Vitamin untuk Kulit yang Terbaik untuk Anda

  1. Vitamin A

Vitamin A sangat cocok untuk jenis kulit yang kering, karena zat ini mampu menyamarkan garis-garis halus efek penuaan dini, menghaluskan, dan mencerahkan kulit.

Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan kulit pecah-pecah atau bersisik. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat tersebut, seperti sayuran hijau, wortel, pepaya, mangga, dan ubi jalar.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat

  1. Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi paling utama untuk kulit. Adanya vitamin C mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Dengan demikian, kulit terhindar dari kerusakan.

Menurut studi BlackDoctor, vitamin C bisa menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan. Zat ini juga mampu melembapkan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit.

Anda dapat menemukan kandungan vitamin C yang baik dari buah-buahan seperti jeruk, apel, pisang, dan nanas.

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

  1. Vitamin D

Siapa bilang, vitamin D hanya untuk kesehatan tulang? Zat ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Serapan vitamin D ke dalam tubuh merangsang produksi nutrisi D3 di lapisan epidermis kulit.

Ketika vitamin D3 diproduksi secara optimal, proses regenerasi kulit mati menjadi sempurna. Secara otomatis, pergantian tersebut menjadikan kulit halus, cantik, dan bersih.

Secara alami, vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari pagi. Selain itu, nutrisi ini terdapat dalam sereal, susu sapi, ikan salmon, dan telur.

  1. Vitamin E

Dari semua jenis nutrisi kulit, vitamin E berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, karena kaya akan  antioksidan sehingga, kulit terlindung dari bahaya sinar ultraviolet dan paparan radikan bebas.

Kandungan vitamin E bisa ditemukan dalam kacang-kacangan atau biji-bijian, seperti kacang hijau, kacang polong, dan gandum. Vitamin E juga terdapat di sayuran hijau, seperti bayam dan sawi.

Baca selengkapnya: Manfaat Vitamin E 400 IU untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh 

  1. Vitamin B3

Vitamin B3 adalah vitamin yang larut dalam air dan berguna untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Anda dapat mengonsumsi telur, ikan, susu, kacang hijau, sereal gandum, dan bayam untuk memenuhi kebutuhan vitamin B3 setiap harinya.

  1. Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial berperan penting dalam pembentukan sel-sel kulit karenazat kolagen yang dikandungnya yang mampu meregenerasi kulit secara cepat.

Makanan-makanan yang mengandung asam lemak esensial adalah ikan salmon, alpukat, kacang almond, dan minyak zaitun. Selain itu, makanan seperti kacang kedelai, mentega, ayam, dan telur juga mengandung asam lemak esensial yang Anda butuhkan.

Itulah enam rekomendasi vitamin untuk kulit dan nutrisi yang Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat seperti menjauhkan diri dari asap rokok dan minuman beralkohol karena hal-hal ini dapat mempercepat proses aging pada kulit.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering 

Back to Articles