Vitamin untuk Ibu Hamil

Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

Untuk menjaga kesehatan selama kehamilan, Ibu dan janin harus mendapatkan asupan nutrisi seimbang. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi vitamin untuk Ibu hamil. Pasalnya, kekurangan zat ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi saat hamil maupun melahirkan.

Dilansir dari situs vitamindcouncil.org, jika selama hamil, sang Ibu tidak pernah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin D, kekurangan vitamin tersebut bisa mengakibatkan penyakit rakitis pada si kecil.

Baca juga: Tahapan Perkembangan Janin

Komplikasi juga bisa terjadi pada Ibu hamil. Berdasarkan penelitian dari Departemen Kesehatan RI melalui Survei Kesehatan Rumah Tangga, sekitar 34,3 persen kematian ibu disebabkan oleh komplikasi pendarahan.

7 Jenis Vitamin untuk Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

Meski kebutuhan vitamin untuk ibu hamil sangat penting, Anda harus berhati-hati dalam memilihnya. Sebagai rekomendasi, berikut ini ada 7 macam vitamin yang bisa dikonsumsi.

  1. Vitamin B12

Anda menyukai masakan ikan dan daging? Selama masa kehamilan, makanan tersebut sangat dibutuhkan karena mengandung vitamin B12. Salah satu manfaat vitamin ini adalah mencegah Neural Tube Defects (NTDs) atau kerusakan saraf.

Neural Tube Defects merupakan kelainan saraf, otak, atau sumsum tulang belakang pada janin. Sebagai contoh, penyakit anenchepaly; kegagalan dalam pembentukan otak bayi. Saat lahir, bayi tersebut memiliki fisik tidak normal dari alis hingga tempurung kepala.

Jadi, untuk menghindari NTDs, ibu hamil harus memperbanyak konsumsi vitamin B12. Menurut studi di situs americanpregnancy.org, wanita hamil harus memperoleh asupan B12 minimal 2,6 mg per hari. Beberapa sumber makanan dan minuman yang mengandung B12, antara lain susu, keju, telur, dan yogurt.

Baca juga: Tips Melahirkan Bayi yang Sehat dan Cerdas!

  1. Vitamin B9

Asam folat merupakan salah satu vitamin yang wajib dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya, zat ini berperan dalam proses pembentukan saraf pusat dan pembentukan sel. Vitamin B9 tersebut memberikan pengaruh besar saat janin berkembang.

Untuk mencegah spina bifida atau cacat lahir, Ibu hamil wajib mengonsumsi 600 mg asam folat. Jika Anda sedang hamil bayi kembar, harus mendapatkan asupan zat ini minimal 1.000 mg per hari. Sumber asam folat bisa diperoleh dari bayam, brokoli, buah pisang, dan aneka kacang-kacangan.

  1. Vitamin E

Vitamin E berkaitan erat dengan kesehatan kulit. Namun, pada Ibu hamil, zat ini justru bermanfaat untuk mengencerkan darah. Dengan demikian, bisa mencegah terjadinya keguguran akibat pengentalan darah. Selain itu, Vitamin E juga dapat membantu memperkuat dinding rahim untuk persiapan proses melahirkan.

Berdasarkan penelitian dari situs cochrane.org, vitamin E juga mampu mencegah kelahiran bayi prematur dan pre-ecslampia. Untuk memenuhi kebutuhan zat tersebut, Ibu hamil bisa mengonsumsi aneka sayuran hijau, ikan salmon, sereal, ikan tuna, maupun suplemen Vitamin E seperti Sano E

Baca juga: Manfaat Vitamin E 400IU untuk Kesehatan Tubuh

  1. Vitamin C

Saat hamil, kondisi tubuh sang bunda cendrung melemah. Jika dibiarkan, hal itu bisa membahayakan keselamatan bunda dan ananda. Karena itu, diperlukan asupan vitamin C untuk meningkatkan sistem imun sang Ibu.

Meski sangat dibutuhkan, asupan vitamin C tidak boleh berlebihan. Pasalnya, bisa menyebabkan nyeri otot, mual, hingga iritasi mata. Untuk ibu hamil, disarankan mengonsumsi 80-85 mg vitamin C per hari.

  1. Vitamin B6

Lebih dari 70% wanita hamil kerap mengalami morning sickness. Adanya peningkatan hormon progesteron mengakibatkan peregangan pada otot perut. Dengan demikian, pergerakan usus melambat sehingga menyebabkan asam lambung naik.

Oleh karena itu, Ibu hamil harus mengonsumsi vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual. Batas maksimal konsumsinya adalah 2 miligram. Sumber nutrisi alami zat tersebut, antara lain buah alpukat, bayam, ikan salmon, dan daging ayam.

  1. Vitamin D

Selama hamil, kebutuhan kalsium juga harus terpenuhi. Untuk memaksimalkan penyerapan kalsium, Anda mesti mengonsumsi Vitamin D. Zat ini mampu menguatkan tulang pada janin dan mencegah rakitis.

Bruce Hollis, profesor dari Universitas Kedokteran South Carolina, Amerika Serikat, menganjurkan konsumsi 4.000 IU vitamin D untuk wanita hamil. Zat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi telur, aneka ikan, dan daging sapi.

Baca juga: Vitamin Terbaik untuk Ibu Menyusui

  1. Bio-Strath, Multivitamin Herbal

Keberagaman nutrisi atau vitamin untuk ibu hamil mendorong munculnya inovasi berupa multivitamin. Namun, wanita hamil tidak boleh sembarang mengonsumsi suplemen atau obat kimia. Karena itulah, Bio Strath dihadirkan untuk memenuhi asupan nutrisi dan vitamin selama kehamilan.

Bio Strath berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah resiko anemia pada ibu hamil. Pun mendukung perkembangan otak, menguatkan daya ingat, serta konsentrasi. Pasalnya, dalam suplemen herbal ini terdapat 61 nutrisi, 11 vitamin, 19 mineral, dan 18 asam amino yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Bio Strath sendiri telah dipercaya masyarakat di berbagai belahan dunia sejak tahun 1961, dan sudah disertifikasi oleh BPOM RI.

Itulah 7 jenis vitamin untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi selama kehamilan dan pascamelahirkan. Semoga bermanfaat!

Back to Articles