vitamin otak untuk anak sekolah

Pentingnya Peran Vitamin Otak bagi Anak pada Masa Sekolah

Anak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup supaya perkembangannya optimal. Salah satunya, untuk mendukung perkembangan otak anak. Hal ini sangat penting karena pada usia 0-6 tahun, anak sedang berada pada masa golden age, yaitu ketika kemampuan belajarnya sangat tinggi dan otak berkembang sangat cepat. Karena itu, dibutuhkan vitamin otak untuk anak khususnya pada masa sekolah yang tepat dan sesuai.

Baca juga : Tips Mendidik Anak Jaman NOW!

Cara Agar Otak Berkembang dengan Sehat

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Di otak, segala informasi diproses lalu diterjemahkan melalui sebuah tindakan aktif untuk dilakukan oleh anggota tubuh lainnya. Otak yang sehat akan membuat aktivitas sehari-hari berjalan dengan normal dan lancar.

4 Kriteria Penting Dalam Masa Perkembangan Otak Anak

Nah, ada 4 prinsip penting yang harus dipenuhi untuk membentuk otak yang sehat, yaitu:

  1. Gula Darah yang Seimbang

Gula bisa diibaratkan sebagai bahan bakar bagi otak. Orang tua perlu memastikan anak mendapatkan gula dalam bentuk, jumlah, dan waktu yang tepat. Terlalu banyak gula akan membuat gula darah anak tinggi. Dampaknya, anak menjadi lebih hiperaktif dan kehilangan konsentrasi ketika belajar.

Baca juga : Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Sebaliknya, terlalu sedikit gula akan membuat anak lemas dan cepat merasa lelah. Konsentrasinya pun cenderung menurun. Karena itu, sebaiknya berikan makanan yang mengandung gula dalam jumlah sedikit tetapi sering untuk menambah energi dan konsentrasi anak.

Jadwal makan ideal anak adalah menu lengkap 3 kali sehari dan camilan 2 kali sehari. Ini akan membantu menjaga gula darah berada pada level yang tepat. Kombinasikan pula protein dengan karbohidrat, seperti sereal dengan susu atau roti dengan telur. Protein dapat memperlambat penyerapan gula yang terkandung di karbohidrat.

Jangan lupa, perhatikan pilihan makanan yang tersedia. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung gula yang lambat dicerna, yaitu oats, nasi merah, roti gandum, dan sayur-sayuran.

  1. Pastikan Kebutuhan Minyak Tercukupi

Dilansir dari Psychology Today, sekitar 60 persen otak mengandung lemak. Karena itu, kekurangan lemak tertentu pada otak dapat berdampak pada kecerdasan dan perilaku anak. Ini merupakan salah satu kebutuhan selain vitamin otak untuk anak pada masa sekolah yang dapat menambah IQ.

Baca juga : Dampak Internet Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Beberapa jenis makanan yang mengandung minyak sehat adalah biji-bijian dan kacang-kacangan. Supaya lebih mudah dikonsumsi, masukkan bahan makanan tersebut di dalam sereal, sup, atau salad. Sumber minyak sehat lainnya adalah ikan makerel, herring, sardines, biji labu, walnuts, tuna, dan salmon.

  1. Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Anak juga membutuhkan mineral dan vitamin untuk perkembangan otak anak. Ini adalah nutrisi penting yang bertugas menjaga kinerja otak agar berjalan dengan baik. Sumber utama vitamin dan mineral adalah buah-buahan, sayur-sayuran, dan olahan gandum. Nah, untuk mengetahui kecukupannya, pastikan anak telah mendapatkan 5 porsi buah dan sayuran setiap hari. Selain itu, pilihlah makanan segar dibandingkan makanan olahan.

  1. Hindari Makanan Penyebab Alergi

Pada beberapa anak, ada makanan tertentu yang dapat menyebabkan alergi. Untuk menghindari itu, kurangi atau hindari makanan yang mengandung gula olahan. Food intolerance atau intoleransi terhadap makanan berbeda-beda pada setiap anak dan dapat dideteksi dengan tes darah.

Baca juga : Peran Penting sang Ayah dalam Membesarkan Anak

Perlukah Memberikan Vitamin Tambahan?

Banyak orang tua yang masih bimbang memberikan vitamin kepada anak yang berada pada usia sekolah. Perlu diketahui, dengan diet yang seimbang, kebutuhan anak sebenarnya bisa saja tercukupi. Sayangnya, tidak semua orang tua telaten menghitung asupan nutrisi untuk anak.

Bio Strath – Vitamin Otak Untuk Anak

Nah, untuk itu dibutuhkan asupan nutrisi khusus supaya perkembangan otak anak dapat terjaga dengan baik. Salah satunya dengan memberikan suplementasi berupa vitamin otak untuk anak seperti Bio Strath. Vitamin ini sangat bagus pada masa sekolah karena dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, perkembangan otak, dan konsentrasi anak pada masa sekolah. Dengan kandungan 61 nutrisi berbeda, Bio Strath juga berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari yang terkadang tidak tercukupi dengan makanan saja.

Jadi, agar otak anak berkembang secara optimal, jangan abaikan 4 prinsip ini, ya. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Back to Articles