vitamin ibu menyusui

Vitamin Penting Yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusui

Setiap ibu menyusui yang sadar akan kesehatan tentu akan mencari vitamin ibu menyusui yang aman dan baik untuk kesehatan Ibu dan bayi. Berdiskusi dengan dokter, dan ahli kesehatan merupakan cara terbaik, karena setiap wanita dan bayi memiliki kebutuhan medis yang sedikit berbeda. Para ahli menganjurkan agar ibu menyusui mengkonsumsi multivitamin dengan 100% kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk vitamin dan mineral utama.

Jika ingin menggunakan lebih banyak kebutuhan harian yang direkomendasikan dari zat besi, tembaga, kromium, kalsium atau mineral lainnya, biasanya tidak akan mengubah tingkat ASI atau membahayakan kualitasnya. Namun, selalu ada baiknya untuk memeriksakannya pada penyedia layanan kesehatan agar aman sebelum mengkonsumsi suplemen apapun (atau bahkan mengubah asupan makanan atau kalori).

Baca juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Apa Saja Nutrisi & Vitamin Yang Dibutuhkan Oleh Ibu Menyusui?

Ketika bayi masih berumur beberapa minggu, Ibu menyusui harus tetap menggunakan vitamin prenatal yang digunakan, lalu beralih ke suplemen multivitamin dan mineral sesuai kebutuhan.

Protein & Zat Besi

Untuk memenuhi asupan vitamin ibu menyusui harus mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti kacang-kacangan, daging ayam. buah dan sayuran yang bebas dari pestisida.

Ibu menyusui perlu makan dua atau tiga porsi protein setiap hari. Pilihan yang baik untuk protein adalah daging, unggas, telur, keju, susu, yogurt, keju cottage, dan beberapa jenis seafood. Ibu harus mendapatkan 10 mg zat besi per hari sementara untuk Ibu muda harus mendapat 9 mg. Sumber zat besi terbaik meliputi kalkun, ayam, ham, daging sapi atau ayam, tuna dan sarden.

Vitamin D

Bayi membutuhkan vitamin D untuk perkembangan tulang yang kuat. Anak-anak dan bayi membutuhkan setidaknya 400 Unit Internasional (IU). Ibu menyusui harus memberi bayi mereka suplemen vitamin D 400 IU setiap hari, selain formula penting lainnya, dimulai pada beberapa hari pertama kelahiran. Sinar matahari juga merupakan sumber vitamin D yang baik untuk orang dewasa dan anak-anak, tapi terlalu banyak sinar matahari akan berbahaya bagi bayi. Karena sulitnya untuk menentukan seberapa banyak paparan sinar matahari yang baik untuk bayi, maka tidak dianjurkan untuk bergantung pada sinar matahari.

vitamin ibu menyusui

Vitamin B Complex

Salah satu vitamin ibu menyusui yang penting adalah vitamin B-kompleks, yang berguna untuk meningkatkan produksi susu dan meningkatkan tingkat energi dan mood mereka. Vitamin B-kompleks mengandung Vitamin B1 (Tiamin), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin1 B5, (Asam Pantotenat), Vitamin B6 (Pyridoxine), Vitamin B7 (Biotin), Vitamin B9, (Folat) dan Vitamin B12 (Cobalamin).

Vitamin B mengubah makanan menjadi bahan bakar, meningkatkan energi, meningkatkan mood dan melakukan segalanya mulai dari memproduksi sel darah merah untuk mengurangi kolesterol jahat.

Baca juga : Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil

Vitamin B9 sangat penting bagi wanita hamil untuk mencegah cacat lahir, dan harus dikonsumsi ibu menyusui karena nutrisinya dapat diteruskan ke bayi melalui susu ibu. Ibu hamil & menyusui membutuhkan lebih banyak Vitamin B12 dibanding orang lain karena janin juga mengkonsumsi B12 selama kehamilan.

Sumber makanan terbaik dari Vitamin B12 adalah ikan trout, daging organ, herring, sarden, kerang, susu dan sereal sarapan yang diperkaya. Konsumsi Bio Strath untuk mencukupi kebutuhan vitamin B complex juga diperlukan jika ibu yang sedang menyusui merasa kurang mendapatkannya di makanan sehari-hari.

Vitamin C

Ibu yang berusia 19 atau lebih harus mendapatkan 120 mg vitamin C setiap hari, wanita yang lebih muda harus mendapatkan 115 mg per hari. Sumber vitamin C terbaik termasuk brokoli, jeruk, kiwi, paprika, kangkung, stroberi, kacang polong dan tomat. Diet yang penuh dengan buah dan sayuran merupakan keharusan bagi wanita menyusui.

Artikel Terkait : Panduan Lengkap Membesarkan dan Mendidik Anak

Back to Articles