TIPS MENINGKATKAN KESUBURAN PRIA

Susah Punya Anak? Inilah Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Jika Anda dan pasangan Anda merencanakan untuk memiliki bayi, Anda mungkin mencari informasi tentang bagaimana cara meningkatkan kesuburan untuk memperbesar kesempatan Anda mendapatkan sang buah hati. Jumlah dan kualitas sperma yang sehat diperlukan untuk kesuburan.

Agar kehamilan bisa terjadi, sebenarnya hanya satu sperma dan satu telur yang dibutuhkan, jadi mengapa jumlah sperma menjadi penting?

Meningkatkan jumlah sperma akan memperbesar kemungkinan anda untuk memiliki buah hati. Ketika seorang pria berejakulasi ke seorang wanita, kemungkinan satu sperma akan mencapai dan menanamkan dirinya ke dalam telur meningkat jika lebih banyak sperma berada di air mani.

Semen (Air mani) yang sehat mengandung 40 juta sampai 300 juta sperma per mililiter. Jumlah sperma yang rendah diprediksi antara 10 dan 20 juta sperma per mililiter. Dua puluh juta sperma per mililiter mungkin cukup untuk kehamilan jika sperma sehat.

Berikut adalah tips meningkatkan jumlah sperma untuk meningkatkan kesuburan pria serta peluang mendapatkan bayi.

  1. Menurunkan Berat Badan

Jika anda kelebihan berat badan, menguranginya merupakan salah satu cara paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah sperma. Penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan berat badan secara signifikan dapat meningkatkan volume, konsentrasi, dan mobilitas mani, serta keseluruhan kesehatan sperma.

Peningkatan jumlah sperma telah ditemukan paling signifikan pada pria yang memiliki indeks massa tubuh lebih tinggi, jadi jika Anda berhasil menurunkan sejumlah besar berat badan, bahkan kehilangan sejumlah kecil berat badan juga dapat membantu.

Untuk mencapai tujuan penurunan berat badan Anda, bicarakan dengan dokter yang bisa membantu Anda, serta mulailah dengan cara yang sehat dan aman. Olah raga secara teratur dan terukur juga akan sangat membantu meningkatkan kesuburan pria.

Meningkatkan kesuburan pria dengan menurunkan berat badan

 

  1. Olah Raga

Jika Anda tidak ingin menurunkan berat badan, tetap aktif dan menjalani gaya hidup sehat bisa membantu meningkatkan jumlah sperma Anda. Satu studi menemukan bahwa latihan angkat besi dan olahraga di luar rumah dapat membantu kesehatan sperma lebih banyak daripada jenis olahraga lainnya. Pertimbangkan untuk memasukkan jenis aktivitas ini ke dalam rutinitas Anda.

Olahraga juga bisa membantu Anda mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan, yang juga memiliki manfaat tambahan bagi kesehatan sperma Anda.

  1. Konsumsi Vitamin & Herbal

Beberapa jenis vitamin, termasuk vitamin D, Vitamin C, dan Vitamin E, penting untuk kesehatan sperma.

Suatu studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1.000 mg vitamin C setiap hari dapat membantu konsentrasi sperma dan mobilitas pria. Jumlah sperma keseluruhan tidak akan membaik, namun sperma bisa menjadi lebih terkonsentrasi dan mampu bergerak lebih efisien, sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria.

Studi lain mencatat tingkat kehamilan yang kurang berhasil di antara pasangan di mana orang tersebut memiliki kadar vitamin D yang rendah. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami hubungan antara vitamin D dan kesuburan ini, meskipun nampaknya hal tersebut memiliki korelasi.

Meningkatkan kesuburan pria juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi herbal seperti pasak bumi. Para peneliti telah mempelajari dan menemukan khasiat tanaman yang sudah dipakai sejak jaman kerajaan Jawa ini. Saat ini, sudah banyak obat herbal pasak bumi yang dijual di pasaran Indonesia.

berhenti merokok dapat meningkatkan kesuburan pria

  1. Rokok, Alkohol dan Obat-obatan

Jumlah sperma yang rendah dan sperma yang tidak sehat telah dikaitkan dengan orang-orang dengan beberapa riwayat:

  • Peminum berat, yang didefinisikan minum dua gelas (sloki) atau lebih minuman beralkohol per hari
  • Perokok, menggunakan tembakau apapun
  • Penggunaan obat-obatan terlarang, termasuk kokain dan steroid anabolic yang biasanya digunakan oleh fitness enthusiast
  1. Periksa lingkungan Anda

Pertimbangkan untuk mengganti pakaian dan mandi sesegera mungkin jika Anda pernah terpapar beberapa zat berikut:

  • Logam
  • Pelarut
  • Pestisida
  • Perekat atau cat yang tidak berair

Toksin tersebut dapat mempengaruhi jumlah sperma. Jika Anda terpapar pada hal-hal ini karena hobi, pertimbangkan untuk menunda hobi Anda sampai Anda berhasil memiliki anak.

Pekerjaan yang membuat Anda terkena panas berlebih atau radiasi, atau bahkan kerja terus menerus dengan sedikit waktu istirahat juga dapat mempengaruhi jumlah sperma.

Back to Articles