tips cepat gemuk

Cara Alami Agar Cepat Gemuk Yang Mudah Kamu Lakukan

Tidak memiliki nafsu makan terkadang menjadi masalah tersendiri bagi orang-orang dengan indeks massa tubuh di bawah normal yang ingin menggemukkan badan. Padahal, memiliki nafsu makan yang baik sangat diperlukan untuk meningkatkan berat badan. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah serupa, berikut adalah beberapa tips meningkatkan nafsu makan yang bisa Anda coba agar cepat gemuk.

Baca juga : Seputar Gangguan Pencernaan Yang Harus Kamu Tahu

5 Tips Cepat Gemuk Secara Alami

  1. Makan Dalam Porsi Sedikit Tetapi Sering

Orang-orang kurus yang memiliki masalah nafsu makan umumnya akan kehilangan nafsu makannya saat melihat makanan dalam porsi yang besar. Untuk menyiasati hal ini, cobalah makan dalam porsi yang sedikit tetapi sering, misalnya sebanyak empat sampai enam kali sehari. Dengan begitu, porsi makan yang Anda peroleh akan sama dengan makan dalam porsi yang besar.

Seiring dengan meningkatnya selera makan, Anda bisa mulai meningkatkan porsi atau menambahkan lebih banyak kalori pada makanan yang Anda konsumsi.

  1. Makan Makanan Bernutrisi

Tips cepat gemuk yang berikutnya adalah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, serta protein yang tidak mengandung lemak. Daripada mengonsumsi keripik atau gorengan untuk menyelamatkan rasa lapar Anda saat Anda tidak nafsu makan, sebaiknya ganti camilan tidak sehat Anda dengan makanan-makanan sehat seperti salad buah dan sayur, yoghurt, atau sandwich telur dengan ekstra sayuran.

Baca juga : Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Kamu Batasi Konsumsinya

  1. Jadwalkan Waktu Makan

Rasa lapar merupakan isyarat bagi seseorang untuk makan. Sayangnya, bagi orang-orang dengan selera makan yang buruk, mereka tidak bisa mengandalkan hal tersebut untuk mengingatkan mereka kapan saatnya makan.

Untuk itu, cobalah menjadwalkan waktu makan untuk memastikan Anda makan secara teratur setiap harinya. Di samping itu, jadwal makan ini juga dapat membantu Anda untuk merangsang nafsu makan dan mengonsumsi cukup kalori dan nutrisi setiap hari

  1. Jangan Lewatkan Sarapan

Sarapan pagi sangat penting bagi Anda yang ingin meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, sarapan sangat bermanfaat dalam meningkatkan efek thermogenenis tubuh dan membuat Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Efek sampingnya, nafsu makan Anda akan semakin meningkat.

Sebaliknya, menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Proceedings of the Nutrition Society pada tahun 2016, melewatkan sarapan pagi akan membuat Anda makan lebih sedikit sepanjang hari.

  1. Konsumsi Minuman yang Berkalori Tinggi

Mengonsumsi minuman yang berkalori tinggi merupakan salah satu cara praktis yang dapat membantu menambah asupan kalori tubuh. Jika Anda enggan untuk makan, smoothie, milkshake, atau jus buah bisa menjadi pengganti makanan agar Anda tetap mendapat asupan kalori dan gizi yang cukup.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi minuman-minuman berprotein tinggi seperti yoghurt atau susu rendah lemak. Akan tetapi, hindari minum sebelum makan karena hal tersebut dapat membuat Anda lebih cepat kenyang dan porsi makan Anda akan berkurang.

Baca juga : Dampak MSG dan Garam Terhadap Kesehatan Tubuh

  1. Perbanyak Olahraga

Saat berolahraga, kalori-kalori yang ada di dalam tubuh Anda akan terbakar. Akibatnya, secara otomatis nafsu makan akan bertambah karena tubuh perlu menambah kalori baru.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam The British Journal of Nutrition, peneliti menemukan bahwa orang-orang yang melakukan aktivitas fisik secara rutin selama 16 hari berturut-turut, rata-rata membakar 835 kalori setiap harinya dan mampu mengisi 30 persen kalori yang mereka bakar selama berolahraga.

Meski begitu, nafsu makan tidak bisa langsung meningkat hanya dengan satu kali berolahraga. Perlu waktu beberapa hari berolahraga untuk merangsang nafsu makan Anda.

Baca juga : 4 Cara Ampuh Untuk Menaikkan Berat Badan Secara Alami

  1. Konsumsi Suplemen & Vitamin Penambah Nafsu Makan

Tips cepat gemuk berikutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Seng

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Recents Patents on Food, Nutrition, and Agriculture, kurangnya seng dalam tubuh dapat menurunkan nafsu makan dan menyebabkan gangguan yang bisa memicu keinginan untuk makan menjadi rendah.

  • Tiamin

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Neuroscience pada tahun 2014, peneliti menemukan bahwa defisiensi tiamin dapat menyebabkan nafsu makan menurun dan meningkatkan pengeluaran energi sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

  • Bio Srath

Bio Strath merupakan suplemen herbal yang dapat membantu menambah nafsu makan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Bio Strath sendiri mengandung 61 nutrisi berbeda yang terdiri dari 11 vitamin, 18 asam amino, 19 mineral, serta 13 zat pembangun lainnya yang diperlukan oleh tubuh.

Demikianlah beberapa tips cepat gemuk dengan meningkatkan nafsu makan yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Back to Articles