Categories: Artikel Kesehatan

Berhubungan Saat Hamil Muda, Berbahayakah?

Berhubungan intim adalah salah satu cara untuk menjaga keharmonisan di dalam rumah tangga. Hubungan intim yang berkualitas ditandai dengan adanya saling pengertian antara suami dan istri. Misalnya, ketika istri sedang tidak mood untuk melakukannya, suami tidak memaksakan kehendak.

Bukan hanya masalah mood, ada beberapa faktor lain yang membuat hubungan intim terhalang. Salah satunya, ketika istri sedang dalam kondisi hamil muda. Dikutip dari WebMD, berhubungan intim saat hamil muda memang tidak berbahaya, tetapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan supaya aktivitas tersebut tetap menyenangkan dan tidak membuat kehamilan terganggu.

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Berhubungan Intim Saat Hamil Muda

  1. Adanya Perubahan pada Tubuh Wanita

Pada trimester awal kehamilan, tubuh wanita mengalami banyak perubahan. Salah satunya, perubahan pada payudara. Adanya perubahan hormon membuat jaringan di payudara berubah serta aliran darah meningkat. Akibatnya, payudara akan terasa bengkak, nyeri, geli, dan sensitif ketika disentuh.

Meskipun tidak berbahaya, perubahan fisik tersebut dapat membuat aktivitas seks terasa tidak nyaman, khususnya bagi wanita. Karena itu, suami perlu memahami apabila istri tidak terlalu antusias melakukan hubungan intim pada saat sedang hamil muda.

Baca juga : Keputihan Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

  1. Mood Hilang Karena Rasa Mual, Lelah, dan Mengantuk

Sebagian besar wanita hamil juga harus berjuang mengatasi rasa mual pada trimester awal kehamilan. Jangankan aktivitas seksual, melakukan aktivitas harian saja sudah terasa tidak nyaman. Biasanya, rasa mual disebabkan oleh bau-bauan yang menyengat atau gerak tubuh yang berlebihan. Karena itu, wanita biasanya akan merasa lebih tenang ketika berbaring atau tidak melakukan aktivitas apa pun.

Selain rasa mual yang menguras energi, wanita yang sedang hamil muda juga biasanya akan cepat merasa lelah dan mengantuk karena peningkatan hormon progesteron atau adanya gejala anemia. Nah, karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan tersebut, wajar saja jika istri lebih sering menolak berhubungan intim.

Baca juga : 8 Tips Meningkatkan Kualitas Hubungan Intim

  1. Boleh Dilakukan Apabila Tidak Ada Indikasi Medis

Kegiatan berhubungan intim, termasuk pada saat hamil, pada dasarnya aman jika dilakukan dengan cara yang benar. Namun, sering kali pasangan suami istri merasa khawatir bila hal tersebut membahayakan janin yang baru mulai berkembang. Untuk itu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kandungan yang menangani kehamilan.

Pada umumnya, jika tidak ada indikasi medis yang membahayakan, seks tetap boleh dilakukan. Beberapa indikasi tersebut adalah terjadinya perdarahan, riwayat kelemahan serviks, riwayat persalinan prematur, nyeri perut, dan hamil kembar. Pada kondisi seperti ini, dokter kandungan akan menyarankan pasangan suami istri menghindari seks untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Posisi Tidur Ibu Hamil Muda Yang Berbahaya Bagi Janin

  1. Apakah Sperma Berbahaya bagi Janin?

Salah satu kekhawatiran pasangan suami istri yang berhubungan saat hamil adalah bahaya sperma terhadap janin. Faktanya, janin aman dan terlindungi oleh lapisan plasenta dan cairan ketuban sehingga cairan sperma yang masuk melalui vagina karena proses ejakulasi bukan masalah.

Hal lain yang justru menyebabkan kontraksi pada rahim adalah orgasme yang dialami wanita. Namun, kontraksi karena orgasme tidak cukup kuat untuk menyebabkan terjadinya persalinan dini.

  1. Waspadai Penyakit Kelamin

Bahaya yang harus diwaspadai ketika berhubungan intim saat hamil muda adalah penyakit kelamin. Apabila pasangan mengidap penyakit tertentu, seperti herpes genital, ibu hamil dapat tertular melalui aktivitas seksual. Perlu diketahui, infeksi herpes pada ibu hamil, khususnya di trimester pertama kehamilan, dapat menyebabkan cacat pada janin, bahkan keguguran. Herpes juga dapat menular pada bayi yang baru lahir dan mengakibatkan komplikasi.

Baca juga : Waspada Anemia pada Ibu Hamil

  1. Perhatikan Posisi Saat Berhubungan Intim

Hal lainnya yang perlu diketahui pasangan suami istri saat melakukan hubungan intim adalah posisi yang dilakukan. Sebaiknya, hindari posisi yang menekan perut istri karena dikhawatirkan dapat berpengaruh terhadap janin. Selain itu, waspadai pula guncangan yang terlalu kuat pada saat melakukan aktivitas seksual.

Nah, beberapa hal inilah yang perlu diketahui ketika berhubungan saat hamil muda untuk mencegah terjadinya hal-hal yang membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Artikel Terkait : Panduan Lengkap Membesarkan dan Mendidik Anak

Back to Articles

Share
Published by
Harvest Supplement

Recent Posts

  • Artikel Kesehatan

Pilihan Makanan Untuk Sahur Yang Sehat

Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari. Bagi umat muslim, berpuasa selama satu bulan penuh menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Bunda, Begini Cara Memandikan Bayi yang Perlu Anda Perhatikan

Memandikan bayi yang baru lahir merupakan kegiatan yang mendebarkan bagi kedua orang tua. Karena masih sangat rentan dan peka, Anda…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Rahasia Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tubuh Tetap Fit

Sudah siapkah Anda menyambut Ramadan tahun ini? Tentu banyak yang sudah tidak sabar untuk segera merasakan atmosfer Ramadan yang  khas…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Tips Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma

Jumlah dan kualitas sperma yang rendah dapat menghambat Anda untuk memiliki keturunan. Dalam dunia medis, kondisi tersebut dinamakan oligospermia. Produksi…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Fakta Seputar Pompa ASI, Amankah untuk Sang Bunda?

ASI merupakan makanan pertama yang sekaligus menjadi nutrisi penting bagi bayi yang baru lahir. Pasalnya, cairan ini memiliki banyak kandungan…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Pilihan Menu Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan Anda

‎Berpuasa salama satu bulan penuh di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan setiap umat muslim. Puasa sendiri merupakan…

1 tahun ago