Categories: Artikel Kesehatan

Tanda Tanda Kehamilan Yang Perlu Anda Perhatikan

Kehadiran seorang anak di tengah keluarga tentu akan semakin menyempurnakan kebahagiaan pasangan suami istri. Oleh karena itu, kehamilan menjadi kabar gembira yang sangat ditunggu-tunggu.

Sayangnya, belum semua wanita mengetahui tanda tanda kehamilan sehingga sering kali tidak sadar saat hal itu terjadi. Padahal, sangat penting untuk mendeteksi kehamilan sedini mungkin supaya janin dapat dipantau perkembangannya.

Baca juga : Mempersiapkan Bayi yang Sehat & Cerdas Sejak dalam Kandungan

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang menunggu kehadiran buah hati, berikut beberapa tanda awal kehamilan yang perlu dikenali.

6 Tanda Tanda Kehamilan

  1. Terlambat Haid

Haid atau datang bulan merupakan proses keluarnya darah melalui vagina. Hal ini terjadi karena sel telur tidak dibuahi. Dinding rahim yang menebal menjadi luruh dan keluar  dari tubuh bersama darah. Siklus ini terjadi pada tubuh wanita setiap 4 minggu. Namun, tidak semua wanita mengalami siklus secara teratur. Kadang kala, siklus menstruasi berlangsung lebih cepat atau lebih lambat dalam rentang waktu 21 hari hingga 35 hari.

Apabila melewati rentang waktu tersebut, salah satu kemungkinan yang terjadi adalah berhasilnya pembuahan terhadap sel telur. Meskipun demikian, faktor ini bukan merupakan jaminan terjadinya kehamilan, terutama bagi wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur.

  1. Morning Sickness

Apakah Anda sering merasakan mual dan rasa ingin muntah tanpa sebab? Bisa jadi, ini merupakan tanda tanda kehamilan. Rasa tidak nyaman tersebut sering disebut morning sickness. Tidak seperti namanya, morning sickness bisa terjadi pada pagi, siang, maupun malam hari.

Penyebab morning sickness adalah meningkatnya hormon kehamilan dalam tubuh wanita hamil. Gejala utamanya adalah rasa mual dan ingin muntah, khususnya jika wanita hamil mencium bau-bauan tertentu, seperti parfum, pengharum ruangan, bumbu masak, atau bau lainnya.

  1. Sering Merasa Lelah dan Tidak Enak Badan

Tanda tanda kehamilan lainnya adalah adanya rasa lelah dan tidak enak badan tanpa sebab. Wanita yang hamil muda biasanya akan terlihat seperti sedang sakit dan lesu atau mudah mengantuk. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh.

Nah, apabila Anda sering merasa tidak enak badan, khususnya pada saat sedang menjalani program hamil, jangan terburu-buru mengonsumsi obat atau suplemen tanpa anjuran dokter. Jika Anda memang hamil, obat atau suplemen tersebut berpotensi membahayakan janin. Langkah paling baik adalah melakukan tes awal kehamilan untuk memastikannya.

Baca juga : Anemia Pada Ibu Hamil

  1. Nafsu Makan Tidak Menentu

Wanita yang hamil biasanya akan mengalami perubahan nafsu makan. Jika biasanya ia doyan makan apa saja, pada saat hamil, selera makannya bisa jadi berkurang drastis. Pada kasus lain, wanita yang hamil akan menginginkan jenis makanan tertentu atau dikenal dengan istilah mengidam. Nafsu makan yang tidak menentu ini merupakan salah satu gejala hamil yang perlu dicermati.

  1. Adanya Bercak Darah

Salah satu tanda awal kehamilan lainnya adalah keluarnya bercak darah dari vagina. Sekilas, bercak darah tersebut tampak seperti darah haid. Perbedaannya terletak pada jumlah yang tidak sebanyak darah yang keluar pada saat haid. Bagi Anda yang saat ini sedang mengharapkan kehadiran buah hati, bercak darah bisa juga dikenali sebagai salah satu tanda awal kehamilan.

Baca juga : Tips Meningkatkan Kualitas Hubungan Intim

  1. Suhu Tubuh Meninggi

Pada saat ovulasi, suhu basal tubuh biasanya akan meningkat. Suhu basal adalah suhu paling rendah yang terjadi pada tubuh selama istirahat atau dalam keadaan tidur. Cara efektif mengukur suhu basal tubuh adalah pada pagi hari saat bangun tidur.

Biasanya, kenaikan suhu tubuh  pada saat ovulasi akan berlangsung selama 3-4 hari. Setelah itu, suhu tubuh akan kembali normal sebelum haid terjadi. Nah, jika peningkatan suhu berlangsung terus-menerus setelah masa subur, ini merupakan pertanda kehamilan. Tingginya suhu tubuh disebabkan oleh hormon progesteron, yaitu hormon yang meningkat karena sel telur berhasil dibuahi.

Selain mengamati 6 tanda tanda kehamilan tersebut, Anda perlu melakukan uji kehamilan awal menggunakan testpack untuk memastikannya. Lakukan tes pada pagi hari agar hasilnya lebih akurat dan tepat. Apabila positif, Anda disarankan untuk segera menemui dokter kandungan untuk memastikan kehamilan melalui tes USG.

Artikel Terkait : Panduan Lengkap Membesarkan dan Mendidik Anak

Back to Articles

Share
Published by
Harvest Supplement

Recent Posts

  • Artikel Kesehatan

Pilihan Makanan Untuk Sahur Yang Sehat

Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari. Bagi umat muslim, berpuasa selama satu bulan penuh menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Bunda, Begini Cara Memandikan Bayi yang Perlu Anda Perhatikan

Memandikan bayi yang baru lahir merupakan kegiatan yang mendebarkan bagi kedua orang tua. Karena masih sangat rentan dan peka, Anda…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Rahasia Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tubuh Tetap Fit

Sudah siapkah Anda menyambut Ramadan tahun ini? Tentu banyak yang sudah tidak sabar untuk segera merasakan atmosfer Ramadan yang  khas…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Tips Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma

Jumlah dan kualitas sperma yang rendah dapat menghambat Anda untuk memiliki keturunan. Dalam dunia medis, kondisi tersebut dinamakan oligospermia. Produksi…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Fakta Seputar Pompa ASI, Amankah untuk Sang Bunda?

ASI merupakan makanan pertama yang sekaligus menjadi nutrisi penting bagi bayi yang baru lahir. Pasalnya, cairan ini memiliki banyak kandungan…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Pilihan Menu Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan Anda

‎Berpuasa salama satu bulan penuh di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan setiap umat muslim. Puasa sendiri merupakan…

1 tahun ago