Pola makan penderita penyakit jantung

4 Pola Makan Penting Untuk Penderita Penyakit Jantung

Beberapa orang mungkin tidak tahu mereka memiliki penyakit jantung koroner sampai mereka mengalami serangan jantung. Bagi beberapa orang, serangan jantung bisa terjadi setelah beberapa minggu, berbulan-bulan atau bahkan ada yang sampai bertahun-tahun setelah menderita penyakit jantung koroner.

Penyebab Utama Serangan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Serangan jantung terjadi saat adanya penyumbatan arteri yang memasok darah ke bagian jantung Anda. Jantung terdiri dari otot, dan membutuhkan suplai darah yang baik agar tetap sehat. Seiring bertambahnya usia, dinding halus bagian dalam arteri yang menyuplai darah ke jantung bisa menjadi rusak dan sempit karena terbentuknya lemak, atau disebut plak.

Bila area plak ini pecah, darah akan menempel ke daerah yang rusak (pecah) tersebut dan membentuk pembekuan darah. Serangan jantung terjadi ketika gumpalan darah benar-benar menghalangi aliran darah dan secara serius mengurangi aliran darah ke otot jantung. Hal ini juga biasa mengakibatkan pasien mengalami rasa nyeri pada dada.

Akibatnya, beberapa bagian otot jantung mulai mati.

Semakin lama penyumbatan tidak diobati, semakin banyak pula otot jantung yang rusak. Jika aliran darah tidak pulih dengan cepat, kerusakan pada otot jantung bersifat permanen.

Gejala Penyakit Jantung

Tanda atau gejala penyakit jantung mungkin bukan seperti yang Anda pikirkan. Gejala tersebut dapat berbeda pada masing-masing orang, dan tidak selalu mendadak atau parah.

Sangat penting untuk melakukan penanganan dengan cepat, untuk mengurangi resiko kerusakan pada jantung Anda.

Berikut adalah beberapa gejala umum dari serangan jantung. Anda mungkin bisa merasakan salah satu dari gejala ini, atau bisa juga kombinasi dari beberapa gejala berikut.

  1. Rasa Tidak nyaman atau nyeri pada Dada Anda

Dada sering terasa seperti berat, sesak atau tekanan. Orang yang pernah terkena serangan jantung biasanya menggambarkannya seperti “seekor gajah yang duduk di dada”, “sabuk yang dikencangkan di sekitar dada” atau “gangguan pencernaan yang buruk”.

Rasa tidak nyaman dan nyeri tersebut bisa menyebar ke berbagai bagian tubuh bagian atas

  1. Rasa tidak nyaman pada Kedua Lengan, bahu, leher, Rahang atau Punggung

Anda mungkin pernah mengalami perasaan seperti tercekik di tenggorokan. Lengan Anda sering terasa berat atau mati rasa, ini bisa menjadi gejala awal serangan jantung.

  1. Gejala Lainnya

    • Merasa sesak napas
    • Merasa mual
    • Keringat dingin
    • Merasa pusing.

Nutrisi Yang Perlu Diperhatikan Oleh Penderita Penyakit Jantung

Angka kematian akibat serangan jantung memang menurun beberapa tahun terakhir, akan tetapi penyakit ini masih menjadi pembunuh nomor satu pada beberapa negara besar seperti Amerika.

Kabar baiknya, kita sekarang telah mengetahui banyak sekali informasi tentang bagaimana mencegah penyakit kardiovaskular ini (Jenis penyakti yang mencakup stroke dan serangan jantung).

Hidup sehat dengan rajin berolah raga bisa memberikan perubahan besar. Akan tetapi, dibutuhkan juga nutrisi makanan yang tepat untuk mendapatkan jantung yang sehat.

Makanan untuk Penderita Penyakit Jantung

  • Buah-Buahan, Sayuran dan Gandum

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin merupakan diet tepat untuk memiliki jantung yang sehat. Serat, potasium dan nutrisi mikronutrien lainnya yang terkandung dalam buah dan sayuran terbukti bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Makanan seperti olahan gandum juga terbukti baik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya gandum, makanan dari jenis jagung, nasi, jelai, gandum hitam, Millet, quinoa, teff dan makanan sejenis, sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Baca juga : Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

Buah-buahan, sebagian besar sayuran dan gandum memiliki kandungan glikemik rendah, yang membantu menurunkan kadar serum trigliserida, sehinga bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Kacang - Kacangan Baik Untuk Penderita Penyakit Jantung

  • Protein

Kacang polong, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber protein nabati, serat, lemak sehat dan mikronutrien. Penelitian menujukkan, mengonsumsi berbagai jenis makanan ini secara rutin, sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Jenis makanan ini juga sebagai alternatif pengganti protein daging.

Ikan dan makanan laut merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, dan mengkonsumsi mereka secara rutin terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit lainnya.

  • Kurangi Makanan Tinggi Lemak Jenuh

“Studi telah menemukan bahwa mengonsumsi satu makanan tinggi lemak jenuh bisa menjadi pemicu serangan jantung yang fatal, terutama bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung koroner,” kata Chauncey Crandall, M.D salah seorang pakar kardiolog terkenal.

Dia menambahkan “Setelah makan makanan berlemak tinggi, kadar lemak pada darah akan menjadi bertambah dan kental. Orang yang memiliki riwayat penyakit jantung koroner memiliki penyumbatan pada pembuluh darah mereka yang dapat menyebabkan gumpalan, dan, akibat kombinasi ini, gumpalan bisa pecah, dan menyebabkan serangan jantung”.

Pelajaran yang bisa diambil dari penelitian ini bukanlah bahwa satu steak makananan tinggi lemak akan membunuh Anda seketika, tapi makanan semacam itu memang berpengaruh buruk pada tubuh Anda, terutama jantung. Mengonsumsi makanan berlemak tinggi setiap hari adalah faktor utama penyebab penyakit jantung.

Anda mungkin tertarik untuk membaca : 5 Cara Menurunkan Kolesterol

  • Kurangi Garam, Gunakan Herbal dan Rempah-rempah Untuk Perasa Makanan

Makanan tinggi garam merupakan merupakan salah satu sebab tingginya risiko hipertensi dan penyakit jantung. Sebagian besar penelitian di Australia menunjukkan bahwa orang mengkonsumsi sekitar 9 gram garam per hari dari makanan yang mereka pilih setiap harinya. Sementara batas maksimal garam yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan adalah sekitar 1.5 gram perhari. Dengan mengurangi konsumsi garam, berolahraga secara teratur, serta menggunakan obat herbal jantung, anda dapat mengurangi resiko terkenanya penyakit jantung.

Referensi :

http://www.newsmax.com/Health/Headline/heart-attack-fatty-meal-DrChauncey-Crandall-Mediterranean-diet/2013/03/11/id/494050/

https://www.heartfoundation.org.au/your-heart/heart-attack-symptoms

https://www.heartfoundation.org.au/images/uploads/main/For_professionals/Heart_Healthy_Eating_Principles_2017.pdf

Back to Articles