pola hidup sehat

10 Pola Hidup Sehat yang Bisa Anda Mulai dari Sekarang

Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Dengan tubuh yang sehat, kita bisa menjalani hidup lebih baik, melakukan berbagai aktivitas tanpa banyak gangguan, dan mencapai cita-cita Anda. Tidak heran jika orang-orang rela melakukan apa saja dan membayar berapa pun untuk tetap sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Menjaga tubuh agar tetap sehat sebenarnya bukanlah hal yang sulit, bahkan tidak memerlukan biaya yang mahal. Yang terpenting adalah selalu disiplin dan konsisten dalam menjalani pola hidup sehat. Nah, bagi yang sudah memiliki niat untuk memulainya, ayo simak tips-tips dibawah ini!

10 Pola Hidup Sehat Yang Mudah Anda Terapkan

  1. Mengurangi Konsumsi Daging

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of California, didapatkan fakta bahwa orang yang mengurangi konsumsi daging dan memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah dapat memiliki umur lebih panjang.

Sementara, dalam penelitian yang dilakukan oleh Harvard T.H Chan School of Public Health, para ahli memaparkan bahwa kandungan zat besi yang ada pada daging merah dapat menghambat kerja insulin dan merusak sel pankreas. Berdasarkan survei yang dilakukan pada 440.000 orang tersebut, diperoleh fakta bahwa mengurangi konsumsi daging merah dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes sebanyak 35%.

Baca juga: Bahaya Kekurangan Vitamin B

  1. Rajin Berolahraga

Berolahraga teratur dapat membawa manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan rentang hidup, menjaga berat badan ideal, meningkatkan kepadatan tulang, serta menurunkan risiko berbagai penyakit.

Untuk itu, rutinlah melakukan olahraga setidaknya tiga kali seminggu. Jika aktivitas Anda didominasi dengan duduk di depan komputer sepanjang hari, berjalan-jalan saat menerima panggilan telpon atau memilih naik tangga daripada lift juga dapat menjadi aktivitas pengganti olahraga yang bisa Anda lakukan.

  1. Istirahat yang Cukup

Mendapatkan waktu istirahat yang cukup juga sangat penting untuk kesehatan. Menurut pakar kesehatan, waktu tidur ideal orang dewasa minimal adalah 8 sampai 9 jam per hari. Oleh sebab itu, jangan suka begadang di malam hari dan cukupi waktu tidur harian Anda agar tubuh selalu fit dan sehat.

Selain tidur dengan teratur, mengusahakan tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya juga sangat penting dilakukan agar tubuh lebih siap kapan harus istirahat dan kapan harus beraktivitas.

Baca juga: Manfaat Vitamin E 400 IU untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

  1. Banyak Minum Air Putih

80% dari tubuh manusia adalah cairan. Karenanya, sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih untuk menjaga asupan cairan tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Chicago University, seseorang yang rutin mengonsumsi air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsinya. Ini artinya, banyak minum air putih juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh dalam menghalau serangan penyakit.

  1. Ganti Camilan Tidak Sehat dengan Buah-buahan

Tips pola hidup sehat berikutnya adalah mengganti camilan tidak sehat dengan buah-buahan. Karena selain enak, buah-buahan juga kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh, berbeda dengan cemilan-cemilan tidak sehat yang biasanya banyak mengandung bahan pengawet dan minim nutrisi.

Baca juga: Tips Melahirkan Bayi Sehat

  1. Kurangi Makanan Olahan dan Makanan Kaleng

Makanan olahan dan makanan kaleng sebaiknya juga dihindari mulai dari sekarang. Sebab, selain kandungan gizinya tidak sempurna, makanan olahan juga banyak mengandung bahan pengawet yang berdampak buruh bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

  1. Makan dalam Porsi yang Kecil

Makan dalam porsi yang sedikit tetapi sering lebih dianjurkan daripada makan dalam porsi yang besar sekaligus. Dengan pola makan seperti ini, metabolisme tubuh dapat bekerja lebih lancar dan berat badan tubuh juga akan terjaga.

Baca juga: Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Bio-Strath

  1. Beralih ke Makanan Organik

Makanan organik adalah makanan yang dihasilkan tanpa inputan sentetis dari pupuk kimia, pestisida, organisme hasil rekayasa genetika, serta diproses tanpa menggunakan pelarut industri, radiasi, dan juga tambahan bahan kimia dan pengawet. Mengonsumsi sayur dan buah-buahan organik tentu sangat baik bagi tubuh karena tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

  1. Jaga Kebersihan

Bakteri atau virus penyebab penyakit akan berkembang biak di tempat yang kotor. Karenanya, selalu menjaga kebersihan dan menjaga lingkungan sekitar agar selalu bersih juga menjadi pola hidup sehat yang wajib Anda terapkan. Pertama, mulailah dengan menjaga kebersihan diri terlebih dulu, misalnya dengan mandi teratur dua kali sehari, sikat gigi sebelum tidur dan setelah makan, memotong kuku, dan lain sebagainya.

  1. Disiplin dan Konsistensi adalah Kunci

Hidup sehat pada dasarnya mudah untuk dilakukan. Kuncinya, selalu disiplin dan konsisten dalam menjalani pola hidup sehat seperti yang diuraikan di atas. Jika Anda bisa disiplin dan konsisten dalam menjalankannya, dijamin kesehatan akan selalu terjaga.

Jadi, itulah beberapa tips-tips pola hidup sehat dari kami yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara Membantu Anak ADHD

Back to Articles