Tanda Peredaran Darah Tidak Lancar

Tanda-Tanda Peredaran Darah Tidak Lancar

Darah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh lainnya, karena itu kerusakan pada sistem peredaran darah dapat menyebabkan kesehatan seseorang menurun dengan berbagai cara.

Berikut adalah tanda-tanda peredaran darah yang tidak lancar pada tubuh anda. Jika sebagian besar tanda berikut ini sudah pernah anda alami, sudah waktunya untuk mengambil tindakan dan pergi menemui dokter Anda!

Tanda Peredaran Darah yang Tidak Lancar

1. Sering Kesemutan

Sebagian besar dari Anda mungkin pernah mengalaminya, ketika beberapa bagian tubuh Anda kesemutan karena aliran darah terputus. Namun, jika kesemutan ini sering terjadi pada Anda, mungkin ini merupakan indikasi masalah sirkulasi yang lebih serius.

Baca juga : Pola Makan Untuk Penderita Jantung 

2. Berkurangnya Kemampuan Kognitif

Sama seperti bagian tubuh lainnya, otak Anda membutuhkan suplai darah yang sehat agar bisa berfungsi dengan baik. Saat peredaran darah menjadi lesu, kemampuan mental Anda akan melambat seiring dengan itu. Jika Anda mengalami kesulitan untuk berpikir jernih atau jika Anda memperhatikan bahwa ingatan Anda tidak sebaik dulu, ini mungkin pertanda bahwa Anda memiliki sirkulasi darah yang buruk.

3. Selera makan Berkurang

Tanda peredaran darah yang tidak lancar berikutnya adalah kehilangan nafsu makan. Saluran gastrointestinal Anda membutuhkan darah untuk mencerna makanan dan mengangkut nutrisi dari usus ke seluruh tubuh Anda. Bila aliran darah melambat, pencernaan Anda bisa dengan mudah menjadi terganggu. Anda akan merasa kurang lapar, tapi tidak cukup makan berarti metabolisme Anda akan terganggu juga.

4. Masalah Pencernaan

Sirkulasi yang buruk di saluran pencernaan tidak hanya menyebabkan hilangnya nafsu makan. Hal ini dapat menghambat kemampuan tubuh Anda untuk mendapatkan nutrisi dari makanan juga. Tanpa suplai darah yang cukup, banyak makanan yang Anda makan akan melewati sistem pencernaan Anda tanpa dicerna seluruhnya, hal ini menyebabkan mual, buang air besar, atau masalah pencernaan lainnya yang sering salah didiagnosis dan oleh karenanya tidak diobati.

Mudah Lelah Karena Sistem Peredarah Darah Tidak Lancar

5. Mudah Kelelahan

Mudah merasa lelah juga merupakan salah satu tanda peredaran darah yang tidak lancar. Ketika sistem peredaran darah Anda melambat, suplai oksigen, vitamin, dan mineral ke seluruh tubuh akan terbanggu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ini bisa memperlambat metabolisme Anda. Tanpa pasokan darah yang cukup, tubuh akan jatuh ke dalam mode konservasi, yakni mekanisme pertahanan internal dalam tubuh. Hasil dari konservasi energi ini adalah Anda akan merasa lelah setiap hari, sehingga sangat sulit untuk melakukan tugas sehari-hari, bahkan untuk hal-hal sederhana.

6. Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Sistem peredaran darah secara langsung bertanggung jawab untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Bila Anda memiliki sirkulasi darah yang buruk, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melawan infeksi mungkin tidak disuplai dengan cepat atau dalam jumlah cukup banyak karena sirkulasi darah yang terganggu. Selain itu, karena malfungsi pencernaan yang sering menyertai peredaran darah yang buruk, mineral dan asam amino tertentu yang dibutuhkan tubuh kita untuk mensintesis enzim penguat kekebalan tubuh akan kekurangan pasokan.

7. Dada Sesak

Bila Anda memiliki sirkulasi darah yang buruk, jantung Anda tidak mendapatkan aliran darah sebanyak yang seharusnya. Hal ini dapat menyebabkan Anda merasakan sesak atau tekanan yang meningkat di dada, sebuah gejala yang dikenal dengan angina. Sementara tekanan dan rasa sakit secara acak bisa datang dan pergi, ini adalah tanda pasti bahwa sistem peredaran darah Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

8. Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Tanda peredaran darah yang tidak lancar berikutnya adalah timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Ada banyak faktor yang menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata, salah satunya adalah karena sirkulasi darah yang tidak lancar. Untuk mengetahui apakah lingkaran hitam Anda adalah masalah aliran darah yang lambat, coba tekan dengan lembut pada daerah yang hitam tersebut. Jika terlihat lebih ringan saat Anda melepas jari Anda lalu perlahan-lahan kembali gelap setelah satu atau dua detik, penyebabnya kemungkinan besar terkait dengan sirkulasi darah.

Back to Articles