penyebab kulit wajah kering

Kebiasaan Buruk yang Membuat Kulit Wajah Terasa Kering

Sebagian wanita memiliki jenis kulit yang mudah kusam dan tidak bercahaya. Meskipun telah menggunakan beragam produk kosmetik, wajah tetap terlihat kering dan tidak halus. Kondisi ini tentu sangat mengganggu karena membuat penampilan menjadi tidak sempurna.

Untuk mengatasi masalah kulit wajah kering, Anda terlebih dahulu harus mengetahui penyebabnya. Selain karena tipe kulit, sebenarnya ada beberapa kebiasaan buruk sehari-hari yang dapat memicu timbulnya masalah ini. Berikut ulasannya.

5 Penyebab Kulit Wajah Kering

  1. Mandi Terlalu Lama

Merasa gerah dan ingin mandi ketika cuaca sedang panas itu hal yang wajar. Namun, mandi terlalu lama atau terlalu sering ternyata dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Menurut Joshua Zeichner, MD, seorang dermatologist di Mount Sinai Hospital, New York City, paparan air yang berlebihan, khususnya air hangat, dapat mengikis minyak alami pada kulit. Hal yang sama akan terjadi pada saat Anda terlalu sering mencuci muka.

Baca juga : 7 Cara Merawat Wajah

Oleh karena itu, batasi aktivitas mandi selama kurang dari 10 menit saja. Jika ingin menggunakan air hangat untuk mandi, jangan sampai temperaturnya lebih dari 28 derajat Celcius.

  1. Hindari Pembersih Wajah yang Menggunakan Bahan Kimia Keras

Membersihkan wajah ternyata tidak boleh sembarangan. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah sabun pembersih wajah yang digunakan. Sabun yang mengandung bahan-bahan kimia dan detergen yang bersifat “keras” dapat memicu timbulnya masalah kekeringan pada kulit.

Salah satu bahan kimia yang tidak baik bagi wajah adalah alkalin. Bahan ini dapat mengikis lapisan kulit paling luar. Dengan demikian, kulit tidak lagi bisa melindungi diri sehingga menyebabkan terjadinya kekeringan atau iritasi.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

  1. Terlalu Sering Melakukan Scrub

Sebaiknya, jangan terlalu sering melakukan scrub pada wajah. Idealnya, scrub hanya perlu dilakukan dua kali dalam seminggu. Melakukan scrub terlalu sering dapat menyebabkan kulit luka dan mengalami inflamasi, kemerahan, kekeringan, serta pengelupasan.

Tujuan scrub adalah menghilangkan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Selain itu, kecerahan akan bertambah karena cahaya yang memantul pada permukaan kulit. Namun, perlu waktu yang cukup panjang sebelum melakukan scrub kembali. Jika tidak, hal ini justru menyebabkan kulit bersih terkelupas.

  1. Menggunakan Moisturizer yang Salah

Banyak orang menggunakan pelembab sebagai solusi untuk. Faktanya, cara ini justru membuat kulit mengalami iritasi. Sebabnya, lotion terdiri atas air dan sedikit minyak.

Menurut penelitian Dr. Jerome Garden MD, seorang dokter di Physicians Laser dan Dermatology Institute, Chicago, komposisi seperti ini tidak dapat diserap kulit dengan baik. Lotion juga cepat menguap sehingga menyebabkan kulit lebih cepat kering.

  1. Kurang Minum Air

Minumlah air yang cukup setiap hari. Idealnya, jumlah cairan yang masuk ke tubuh selama 24 jam adalah 8 gelas. Jika tubuh mengalami dehidrasi, kondisi kulit akan terpengaruh. Dr. Garden mengatakan, kurangnya asupan cairan akan membuat kulit terlihat lelah dan kurang kenyal. Jadi, cobalah untuk memperhatikan pola minum setiap hari. Dengan rutin minum air putih, kulit akan terlihat lebih bersinar.

Baca juga : Tips Mengatasi Masalah Flek Hitam di Wajah

Solusi untuk Kulit Wajah yang Kering

Kulit wajah hanyalah sebagian kecil dari seluruh permukaan kulit di tubuh manusia. Namun, sangat penting untuk menjaga tampilan kulit wajah karena wajah adalah bagian tubuh yang berhadapan langsung dengan orang lain. Kesan pertama pun biasanya timbul setelah seseorang saling bertemu muka.

Nah, selain menghindari beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan kulit kering tersebut, lakukan juga langkah pencegahan dengan memberikan Vitamin E pada kulit wajah. Salah satu produk yang sangat manjur untuk mengatasi masalah kulit wajah kering adalah Sano E yang berbentuk kapsul.

Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu menusuk kapsul dengan jarum dan mengoleskan isinya pada kulit wajah yang kering. Kandungan Vitamin E ini akan memulihkan kondisi kulit sehingga kembali bersinar dan tidak kering lagi. Tertarik untuk mencoba?

Back to Articles