sakit pinggang sebelah kiri

Tips Alami Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang merupakan masalah kesehatan yang cukup sering dialami orang dewasa, terutama mereka yang memiliki banyak kegiatan. Sakit pinggang ini ada bermacam-macam, mulai dari rasa sakit di pinggang sebelah kiri, tengah, atau kanan. Namun, yang paling sering ditemui adalah sakit pinggang sebelah kiri.

Nah, apa sebeneranya penyebab sakit pinggang sebelah kiri dan bagaimana cara menyembuhkannya secara alami? Yuk, ikuti penjelasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Mengenal Penyakit Osteoarthritis

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Keluhan sakit pinggang di sebelah kiri bisa bervariasi, mulai dari rasa sakit di pinggang yang menjalar hingga ke paha dan kaki, sakit pinggang disertai kesemutan, sakit perut, sakit saat buang air kecil, atau bahkan demam. Semua gejala tersebut menunjukkan letak kelainan yang kemungkinan menyebabkan rasa nyeri di pinggang. Berikut adalah beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang paling sering dijumpai.

  1. Strain

Strain dapat diartikan sebagai kondisi keteganggan, cedera, atau keseleo pada alat gerak di bagian pinggang sebelah kiri. Gejala awalnya dapat berupa rasa nyeri di bagian pinggang yang mengalami cedera saat bergerak, batuk, bersin, atau tertawa.

Jika Anda mengalami kondisi ini, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah beristirahat. Selanjutnya, langkah pengobatannya adalah dengan mengompres pinggang yang nyeri dengan es selama 20 menit beberapa kali sehari.

  1. Infeksi Ginjal

Infeksi pada ginjal dapat menyebabkan nyeri pinggang yang serius. Kondisi ini biasanya dimulai dari kandung kemih, lalu naik ke bagian ginjal. Akibatnya, ginjal akan mengalami peradangan dan timbul rasa sakit pada pinggang sebelah kiri atau kanan, tergantung bagian ginjal yang terinfeksi. Jika sudah bertambah parah, rasa sakit itu biasanya juga akan menjalar di sepanjang tulang belakang bagian panggul ataupun di bagian atas panggul.

  1. Batu Ginjal

Batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit pada pinggang yang begitu hebat secara tiba-tiba. Bahkan, rasa sakitnya juga terasa hingga di sekitar perut bagian bawah dan pangkal paha.

Minum banyak air putih bisa menjadi langkah pengobatan paling sederhana untuk mengatasi masalah ini. Namun jika batu ginjal sudah besar dan tidak dapat keluar bersamaan dengan keluarnya urin, maka diperlukan berbagai prosedur medis untuk membantu mengeluarkannya.

  1. Kista Ovarium

Kista ovarium adalah sebuah kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium wanita. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit pada perut bagian kiri atau kanan yang dapat menjalar ke pinggang sebelah kiri atau kanan, tergantung ovarium mana yang terinfeksi.

Baca juga : Kanker Serviks : Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri, berikut adalah beberapa cara menyembuhkan sakit pinggang sebelah kiri secara alami yang bisa Anda lakukan.

  1. Jahe

Cara menyembuhkan sakit pinggang sebelah kiri yang pertama adalah dengan menggunakan jahe. Ya, selain terbukti ampuh mengobati masuk angin, jahe juga dapat dijadikan ramuan untuk menyembuhkan sakit pinggang sebelah kiri. Caranya, larutkan potongan-potongan jahe dan cabe rawit. Kemudian, fermentasikan larutan tersebut selama dua minggu. Setelah dua minggu, oleskan ke bagian pinggang yang terasa nyeri. Cukup mudah dan simpel, bukan?

Baca juga : Khasiat Tersembunyi dari Jahe

  1. Akupuntur

Pengobatan alternatif dengan akupuntur juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengobati nyeri pinggang di bagian kiri. Meskipun sepintas memang terlihat mengerikan, tetapi pengobatan tradisional dari Cina yang menggunakan jarum ini terbukti efektif mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, termasuk sakit pinggang di bagian kiri

  1. Terapi Panas Dingin

Cara menyembuhkan sakit pinggang sebelah kiri yang berikutnya adalah dengan melakukan terapi panas dingin. Untuk melakukan terapi panas, Anda hanya perlu mengisi botol dengan air panas dan menempelkannya ke bagian pinggang yang bermasalah. Sedangkan untuk terapi dingin, Anda bisa membungkus es batu dengan kantong tebal atau handuk dan kemudian kompreskan ke bagian pinggang Anda yang terasa sakit.

  1. Relaksasi

Bersantai atau relaksasi merupakan cara paling sederhana dan ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kiri. Dengan bersantai, Anda akan memberikan waktu bagi otot atau sendi yang ada di bagian pinggang untuk beristirahat dari gerakan apapun yang dapat memperburuk kondisinya. Sembari bersantai, Anda juga bisa minum teh hijau untuk menenangkan pikiran dan mengurangi keteganggan pada otot dan sendi.

  1. Minum Sanopain

Mengonsumsi Sanopain bisa menjadi salah satu cara alami untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kiri. Bahan utama Sanopain adalah glukosamin, MSM, kondroitin, dan jahe yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi penyakit ini. Cukup minum 1 kapsul 2 kali sehari setelah makan pagi dan malam, lakukan secara rutin dalam 1-2 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jadi, itulah beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri dan cara pengobatan alami yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Makanan Untuk Penderita Pengapuran Tulang

Back to Articles