penyebab kegagalan program hamil

Hindari Kebiasaan Ini Ketika Menjalankan Program Hamil

Bagi pasangan yang sudah menikah, memiliki buah hati tentu menjadi hal yang sangat diinginkan. Akan tetapi, banyak pasangan suami-istri yang sulit mendapat momongan meski usia pernikahan mereka terbilang cukup lama.

Demi mendapatkan buah hati yang diimpikan, berbagai upaya pun mereka lakukan, dari mulai mengonsumsi makanan-makanan yang dapat merangsang kehamilan, hingga merencanakan program hamil dengan pakar kehamilan atau dokter kandungan.

Baca juga : Tips Mendapatkan Momongan Secara Alami

Program hamil adalah serangkaian upaya yang ditujukan agar pasangan suami-istri memperoleh kondisi kehamilan. Program ini menjadi solusi yang sering dipilih oleh para pasangan suami-istri yang ingin cepat mendapat kehamilan, ataupun yang sudah lama menikah tetapi belum juga dikaruniai buah hati.

Untuk menunjang program hamil, dokter kandungan biasanya tidak hanya melakukan pemeriksaan terhadap kondisi organ reproduksi setiap pasangan, tetapi juga menyarankan kebiasaan-kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan demi kelancaran program. Nah, apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak program hamil? Berikut adalah beberapa di antaranya.

Kebiasaan Yang Dapat Merusak Program Hamil

  1. Merokok

Merokok adalah salah salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan pasangan suami-istri sulit mendapatkan keturunan. Sebab, selain menyebabkan sulit hamil, kebiasaan merokok pada wanita juga dapat menyebabkan sel telur lebih rentan terhadap kelainan genetik, kehamilan ektopik, hingga keguguran.

Baca juga : Bolehkah Berhubungan Saat Hamil Muda?

Bagi pria, merokok dapat menurunkan jumlah sperma dan kemampuan sperma untuk bergerak dengan tepat menuju sel telur. Karenanya, kebiasaan merokok sebaiknya segera dihentikan jika Anda sedang merencanakan program hamil dan ingin cepat mendapatkan keturunan.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Mengonsumsi junk food, fast food, atau makanan-makanan lain yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi sangat tidak disarankan bagi Anda yang sedang merencanakan program hamil.

Sebab, selain tidak baik untuk kesehatan, mengonsumsi makanan-makanan tersebut juga dapat menurunkan kesuburan Anda. Jika ingin program hamil Anda berjalan dengan lancar, jagalah asupan makanan Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi seperti sayur, buah, atau suplemen herbal seperti Bio Strath yang bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda.

Baca juga : Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Hamil

  1. Olahraga yang Terlalu Berat

Olahraga memang aktivitas yang sangat menyehatkan. Namun apabila dilakukan secara berlebihan, tentu kurang disarankan. Terlebih bagi Anda yang sedang merencanakan program hamil.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Fertility and Sterility, wanita dengan berat badan normal yang melakukan olahraga keras selama lebih dari lima jam dalam seminggu, dapat mengalami gangguan pada bagian rahim sehingga menyebabkannya sulit hamil.

Bagi pria, olahraga sepeda juga kurang disarankan jika sedang merencanakan program hamil bersama istri. Pasalnya, olahraga ini dapat memicu panas pada daerah selangkangan sehingga menyebabkan penurunan kuantitas dan kualitas sperma.

  1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kopi

Meskipun ada sejumlah penelitian yang mengatakan bahwa kopi sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi Anda sebaiknya mengurangi konsumsi minuman berkafein ini jika ingin segera mendapatkan kehamilan.

Pasalnya, menurut penelitian dari John Hopkins School of Medicine, wanita yang minum satu cangkir kopi sehari memiliki tingkat konsepsi (peristiwa bertemunya sel telur dengan sel sperma) delapan persen lebih kecil dibandingkan wanita yang hanya minum seperempat cangkir kopi sehari.

Selain kopi, Anda sebaiknya juga menghindari makanan dan minuman berkafein lainnya, seperti teh, cokelat, minuman bersoda, serta minuman penambah energi.

  1. Tidak Menjaga Berat Badan

Wanita yang memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) di bawah atau di atas IMT normal umumnya lebih cenderung memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Tubuh yang sangat kurus bahkan dapat membuat wanita berhenti berovulasi sama sekali.

Di sisi lain, obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan pembentukan sel telur yang tidak sempurna, preeklamsia, diabetes gestasional, hingga meningkatkan risiko terjadinya keguguran.

Baca juga : Tanda-Tanda Kehamilan

Oleh sebab itu, penting bagi Anda yang sedang mencoba hamil atau dalam masa kehamilan untuk selalu menjaga berat badan ideal. Banyak-banyaklah mengonsumsi makanan sehat dan aktif berolahraga. Olahraga secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, serta membangun stamina yang dibutuhkan untuk kehamilan.

Itulah beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari saat menjalankan program hamil. Agar program hamil Anda berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil, ganti kebiasaan-kebiasaan buruk di atas dengan melakukan kebiasaan yang sehat mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat!

Back to Articles