makanan pedas menyebabkan gangguan pencernaan

Ini Yang Wajib Anda Ketahui Seputar Gangguan Pencernaan

Menyantap makanan pedas dan berkuah di siang hari memang nikmat. Sayangnya, terkadang perut akan terasa melilit, panas, atau perih setelahnya. Jika hal tersebut terjadi, artinya Anda sedang mengalami gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan sendiri merupakan kondisi kesehatan yang ditandai dengan adanya sensasi panas pada perut bagian atas, tepat di bawah tulang dada. Dalam dunia kedokteran, keluhan ini dinamakan dyspepsia. Dyspepsia umumnya merupakan indikasi utama dari penyakit lain yang berhubungan dengan digest-system, seperti penyakit gastroesophageal reflux (GERD), maag, bahkan penyakit usus buntu. Pada kondisi yang lebih parah, gangguan sistem pencernaan juga bisa berujung pada rusaknya jaringan parut esofagus atau bagian perut Anda.

Siapa Saja yang Rentan Terkena Gangguan Pencernaan?

Pada dasarnya, semua orang (tua muda, laki-laki maupun perempuan) memiliki risiko yang sama untuk mengalami gangguan pencernaan, terlebih mereka yang tidak menerapkan pola hidup sehat dan teratur. Namun, gangguan pencernaan lebih sering dijumpai pada orang yang:

  • Sering mengonsumsi alkohol
  • Konsumsi obat-obatan yang menyebabkan iritasi pada dinding lambung
  • Punya riwayat maag
  • Sering stres dan depresi

Gejala Gangguan Pencernaan

Terganggunya sistem pencernaan bisa ditandai dengan memperhatikan tanda-tanda berikut:

  • Perut terasa penuh/begah sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman
  • Sering bersendawa
  • Esophagus (kembalinya makanan/cairan yang sudah dicerna ke dalam mulut, hampir seperti orang mau muntah)
  • Mual, muntah, serta kembung

Apa Penyebab Gangguan Pencernaan?

Ketidakseimbangan sistem kerja pencernaan biasanya diakibatkan oleh beberapa hal. Namun, yang paling sering menjadi pemicunya adalah kurangnya kontrol terhadap makanan atau minuman yang masuk ke tubuh. Selain pedas, makanan yang terlalu asam juga akan menyebabkan iritasi pada lambung. Hal inilah yang akhirnya menimbulkan rasa sakit pada perut.

Makan tergesa-gesa, makan terlalu banyak, serta terlalu sering mengonsumsi menu tinggi lemak juga bisa memicu terjadinya gangguan pencernaan. Pun demikian halnya saat sedang stres. Meski merupakan sesuatu yang wajar, pikiran yang tertekan akan membuat asam lambung naik, dan bukan tidak mungkin akan berujung pada sakit maag. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk belajar mengelola stres dengan baik.

Macam-Macam Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari yang ringan sampai berat, antara lain:

  1. Asam Lambung

Penyakit yang dalam dunia medis disebut dengan Refluks Gastroesofagus atau GERD ini diakibatkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga menyebabkan rasa tidak enak di mulut, nyeri ulu hati, serta nyeri saat menelan makanan.

  1. Keracunan Makanan

Betul, keracunan makanan juga salah satu jenis gangguan pencernaan yang cukup sering terjadi pada manusia. Orang yang keracunan biasanya akan mengalami mual, nyeri perut, muntah, hilang nafsu makan, diare, demam, lemas, serta nyeri otot. Untuk itu, pastikan menu yang Anda konsumsi benar-benar higienis dan bebas bakteri, terutama E-coli.

  1. Sakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu disebabkan oleh bengkak atau radang pada saluran usus buntu. Usus buntu yang bermasalah biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang berselang pada perut bagian bawah—sebentar sakit sebentar tidak.

makanan pedas menyebabkan gangguan pencernaan

Cara Mencegah Gangguan Pencernaan

Saat perut sudah terasa nyeri karena pencernaan terganggu, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminum obat khusus pencernaan yang sudah diresepkan dokter. Jangan lupa beristirahat agar obat bisa bekerja lebih maksimal.

Untuk pencegahan, Anda bisa menerapkan saran-saran berikut:

  • Makan dengan pelan dan tidak tergesa-gesa
  • Hindari bicara saat makan, sebab udara yang masuk dapat memperburuk kondisi pencernaan
  • Minum secukupnya seusai makan
  • Makan secara teratur (usahakan tidak terlalu malam atau menjelang tidur)
  • Hindari makanan asam, pedas, dan bersantan
  • Jauhi alkohol dan rokok

Nah, semoga artikel mengenai gangguan pencernaan di atas bermanfaat untuk Anda dan keluarga, ya. Salam sehat!

Back to Articles