menghapus make up sebelum tidur

6 Alasan Mengapa Anda Harus Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

Rasa lelah akibat padatnya berbagai aktivitas yang dilakukan sepanjang hari kerap membuat para wanita tidak telaten membersihkan wajah menjelang tidur. Hal ini tentu bukan merupakan kebiasaan baik yang patut ditiru. Sebabnya, make up atau riasan yang masih tertinggal di wajah sepanjang malam dapat berdampak buruk terhadap kesehatan kulit wajah.

Baca juga : Daftar Kandungan Berbahaya Dalam Berbagai Jenis Produk Kecantikan

Apa saja dampak buruk tersebut? Inilah beberapa alasan mengapa Anda harus membersihkan make up sebelum tidur.

Pentingnya Menghapus Make Up Sebelum Tidur

  1. Agar Pori-Pori Wajah Tidak Tersumbat

Salah satu manfaat penting membersihkan wajah dari riasan sebelum tidur adalah untuk menghindari terjadinya sumbatan pada pori-pori. Dikutip dari majalah Cosmopolitan, Dr. Orentreich mengatakan, riasan dapat merenggangkan pori-pori dan membuatnya terlihat lebih besar.

Nah, dengan rajin membersihkan wajah dari riasan, pori-pori akan menjadi lebih segar, bersih, dan sehat. Caranya sederhana, basuhlah wajah dengan sabun pembersih.

  1. Supaya Kulit Wajah Tidak Kering

Riasan dapat membuat kulit terasa lebih segar pada pagi hari. Namun, riasan juga berpotensi menyerap air pada wajah sehingga terasa kering. Oleh karena itu, membersihkan riasan akan membuat kulit dapat bernafas kembali dengan baik. Kadar kelembapannya pun dapat diatur ulang. Keseimbangan inilah yang membuat kulit tetap terlihat cantik.

Baca juga : Kebiasaan Buruk Yang Membuat Kulit Wajah Kering

  1. Mencegah Terkumpulnya Bakteri

Dr. Heidi Waldorf, seorang dermatologis di NYC, mengatakan kepada majalah Teenvogue bahwa bukan hanya masalah jerawat yang akan menyerang jika seseorang tidak rajin membersihkan wajah.

Riasan wajah bahkan bisa menjadi sarang bakteri atau kotoran yang berasal dari kontak dengan benda-benda lain seperti handphone, pipi orang lain, dan sebagainya. Hal ini dapat semakin mengiritasi kulit jika tidak segera dibersihkan.

  1. Menghindari Penuaan Dini

Salah satu pentingnya menghapus make up sebelum tidur adalah untuk menghindari terjadi penuaan dini. Hal ini semakin diperparah dengan kulit wajah yang berminyak serta banyaknya polusi dan debu. Ditambah lagi, zat polutan dapat masuk ke dalam kulit dan merusak jaringan kolagen di kulit. Akibatnya, terjadi masalah seperti kerut-kerut halus pada wajah, flek hitam, dan kulit kering.

  1. Memperlancar Proses Pemulihan Wajah

Sepanjang hari, ada bagian-bagian tubuh yang mengalami kerusakan akibat polusi dan aktivitas yang tidak sepenuhnya terlindungi, termasuk bagian wajah. Nah, tidur adalah kesempatan bagi tubuh untuk melakukan recovery sehingga bisa kembali bugar keesokan paginya.

Dengan membersihkan wajah dari riasan yang menempel sepanjang hari, proses recovery pada wajah pun dapat berjalan lebih optimal dan hasilnya pun maksimal.

Baca juga : Tips Mengatasi Jerawat Secara Alami

  1. Untuk Menghindari Reaksi Alergi

Dikutip dari situs Hufington Post, Dr. Hilary Beaver, seorang spesialis mata dari University of Iowa Department of Ophthalmology mengatakan, make up seperti maskara, eye liner, dan eye shadow, harus dibersihkan sebelum tidur. Jika tidak, dapat menimbulkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit. Jika hal ini terus dibiarkan, reaksi yang terjadi pun akan semakin parah.

Gejala terjadinya alergi adalah mata yang berwarna merah. Selain itu, gejala ini juga disertai dengan rasa perih dan sakit. Alergi akibat riasan pada mata biasanya terjadi pada daerah yang halus di sekitar mata. Bahkan, partikel riasan yang masuk ke mata juga bisa menyebabkan alergi.

Baca juga : Cara Menghilangkan Mata Panda Dengan Cepat

Beaver juga menyebutkan, akan lebih sulit melacak penyebab alergi jika seseorang menggunakan merek make up yang berbeda untuk maskara, eye liner, dan eye shadow. Bukan hanya tidak terasa nyaman, alergi pada mata dapat berbahaya.

Nah, demikian 6 manfaat menghapus make up sebelum tidur yang perlu Anda ketahui. Tetaplah rutin membersihkan wajah dari make up menjelang istirahat malam demi kulit wajah yang sehat. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi cukup Vitamin E agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga.

Ternyata, untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bercahaya, rahasianya sangat sederhana, bukan?

Back to Articles