osteoarthritis

Mengenal Osteoarthritis, Penyakit Persendian yang Kerap Datang di Usia Senja

Pernah merasa nyeri hebat pada bagian persendian sampai membuat Anda sulit beraktivitas? Hati-hati, bisa jadi Anda terkena osteoarthritis. Osteoarthritis adalah penyakit persendian yang ditandai dengan rasa sakit, nyeri, ngilu, atau bahkan kaku pada tulang sendi. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, terutama para lansia dan orang dewasa yang sering melakukan aktivitas berat.

Biasanya, bagian sendi yang paling sering mengalami penyakit ini adalah punggung, pinggang, tangan, kaki, leher, serta lutut. Namun, tak jarang juga bagian tubuh lain ikut terserang, seperti jari.

Gejala Osteoarthritis

Osteoarthritis umumnya terjadi secara bertahap. Karenanya, tidak banyak orang yang sadar bahwa dirinya menderita penyakit tersebut sampai kondisinya sudah cukup parah. Agar Anda makin waspada, berikut gejala umum osteoarthritis yang perlu Anda ketahui:

  • Sendi mudah nyeri, sakit, linu, atau bahkan bengkak
  • Kelenturan sendi menurun yang ditandai dengan rasa kaku
  • Otot mudah sekali melemah (massa otot juga cenderung berkurang)
  • Ada suara gesekan antar sendi ketika digerakkan

Cara lain untuk mengetahui apakah sendi Anda bermasalah atau tidak adalah dengan mengamati bentuknya. Ya, sendi yang bermasalah bisa diamati secara kasatmata. Sendi yang sudah terkena osteoarthritis umumnya bengkak dan terlihat bengkok. Anda tentu pernah melihat orang yang persendian jarinya bengkok, kan? Nah, bisa jadi mereka menderita osteoarthritis.

osteoarthritis biasanya terjadi pada orang tua

Penyebab Osteoarthritis

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami sakit pada persendian, antara lain:

  • Usia

Makin bertambahnya usia, makin rentan pula seseorang terkena radang sendi. Tidak heran kalau penyakit ini umum dijumpai pada lansia atau orang dewasa berusia di atas 50 tahun.

  • Jenis Kelamin

Ternyata kondisi biologis juga ikut menentukan apakah seseorang rentan terkena radang sendi atau tidak. Menurut studi, wanita memiliki risiko terkena sakit sendi dibandingkan pria.

  • Trauma Sendi

Anda akan lebih rentan terkena osteoarthritis jika sebelumnya pernah mengalami cedera yang mengharuskan Anda menjalani operasi atau dalam bahasa kesehatan sering disebut sebagai trauma sendi.

  • Obesitas

Jika Anda termasuk orang dengan berat badan di atas ideal (obesitas), Anda patut waspada, sebab menurut tenaga medis berat badan yang berlebih akan menambah beban pada persendian sehingga risiko penyakit ini akan makin meningkat.

  • Genetika

Coba ingat-ingat kembali, adakah salah satu anggota keluarga yang punya riwayat osteoarthritis? Jika ada, maka Anda perlu berhati-hati dan melakukan pencegahan sedini mungkin, sebab penyakit ini juga bisa terjadi karena faktor keturunan.

  • Aktivitas Fisik yang Berat

Mereka yang sering melakukan aktivitas fisik yang berat juga sangat berisiko menderita osteoarthritis, sebab beberapa titik persendian akan mengalami tekanan yang berat dan terus menerus. Lebih baik hindari melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Jika terpaksa, selangi dengan istirahat yang cukup atau bisa juga mengonsumsi Harvest Sanopain, suplemen herbal khusus tulang/persendian yang banyak tersedia di apotek atau toko obat terdekat.

  • Jarang Berolahraga

Jarang berolahraga akan membuat otot, sendi, dan tulang terasa kaku. Jadi, biasakan melakukan olah fisik minimal satu minggu sekali. Selain membuat kondisi tubuh menjadi lebih fit, persendian juga lebih kuat dan lentur.

Pengobatan dan Pencegahan Osteoarthritis

Osteoarthritis termasuk jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Namun, penderita masih bisa mendapat perawatan khusus agar tetap dapat beraktivitas secara normal. Nah, berikut terapi alami yang bisa Anda terapkan untuk meringankan gejalanya:

  1. Olahraga Ringan dan Teratur

Berolahraga secara teratur akan membuat tulang dan sendi menjadi lebih lentur, kuat serta tidak kaku.

  1. Menjaga Pola Makan

Jaga pola makan Anda tetap teratur dan normal agar tidak terjadi obesitas yang akan berakibat pada keluhan persendian.

  1. Konsumsi Suplemen Tulang

Sekarang ada banyak obat-obatan atau suplemen khusus sendi yang tersedia dia apotek dan toko obat, baik yang kimia maupun herbal. Pilih saja sesuai dosis dan kebutuhan.

Nah, itu dia sekilas pembahasan mengani osteoarthritis. Tetap terapkan pola hidup sehat dan teratur, ya!

Back to Articles