Categories: Artikel Kesehatan

Makanan Yang Harus Anda Hindari Ketika Hamil

Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang sangat penting setiap saat, tapi menjadi lebih penting lagi bila Anda sedang hamil. Ada nutrisi penting, vitamin, dan mineral yang juga sangat dibutuhkan oleh bayi Anda.

Sebagian besar makanan memang aman dikonsumsi, namun ada beberapa makanan yang harus Anda hindari selama kehamilan karena bisa menyebabkan keracunan makanan, dan kemungkinan adanya bakteri, bahan kimia atau parasit dalam makanan tersebut yang dapat membahayakan bayi Anda.

6 Pantangan Makanan Ibu Hamil

1. Daging Mentah

Makanan laut mentah dan daging sapi atau unggas yang kurang matang harus dihindari karena risiko kontaminasi bakteri koliform, toksoplasmosis, dan salmonella. Bakteri ini sangat berbahaya untuk kesehatan janin Anda.

Untuk daging siap saji, Anda dapat mengurangi risiko bahaya parasit dengan cara membekukan daging selama empat hari di rumah sebelum Anda memakannya. Pembekuan membunuh kebanyakan parasit, membuat daging lebih aman untuk dikonsumsi.

2. Deli Meat

Deli meat merupakan daging yang sudah dipotong dalam bentuk lembaran, biasanya digunakan untuk campuran sandwich dan humburger. Daging ini telah diketahui terkontaminasi dengan bakteri listeria, yang dapat menyebabkan keguguran.

Listeria memiliki kemampuan untuk melewati plasenta dan dapat menginfeksi bayi, yang dapat menyebabkan infeksi atau keracunan darah dan mungkin akan mengancam jiwa. Jika anda ingin memakan daging ini, pastikan Anda memanaskan kembali dagingnya sampai benar-benar matang.

Baca juga : Makanan Berikut Ini Dapat Memperlancar Persalinan Normal

3. Kafein

Kafein adalah zat psikoaktif yang paling umum digunakan di dunia, dan terutama ditemukan pada kopi, teh, minuman ringan dan coklat. Wanita hamil umumnya disarankan untuk membatasi asupan kafein mereka hingga kurang dari 200 mg per hari, atau sekitar 2-3 cangkir kopi.

Kafein diserap dengan sangat cepat, dan mudah masuk ke plasenta dan janin.

Karena bayi yang belum lahir dan plasenta mereka tidak memiliki enzim utama yang diperlukan untuk memetabolisme kafein, kadar tinggi dapat terbentuk. Konsumsi kafein yang tinggi selama kehamilan telah terbukti menghambat pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko berat lahir rendah saat melahirkan.

Berat lahir rendah, yang didefinisikan kurang dari 5 lbs, 8 oz (atau 2,5 kg), dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian bayi dan risiko penyakit kronis yang lebih tinggi di masa dewasa, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

4. Alkohol

Wanita hamil disarankan untuk benar-benar menghindari minum alkohol, karena meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran mati. Bahkan sejumlah kecil dapat berdampak negatif pada perkembangan otak bayi Anda.

Hal ini juga dapat menyebabkan sindrom alkohol janin. Sindrom ini melibatkan kelainan bentuk wajah, cacat jantung dan keterbelakangan mental.

Karena tidak ada tingkat alkohol yang terbukti aman selama kehamilan, dianjurkan untuk menghindarinya sama sekali.

5. Telur mentah

Pantangan makanan ibu hamil yang berikutnya adalah telur mentah. Telur mentah bisa terkontaminasi Salmonella. Gejala infeksi Salmonella biasanya hanya dialami oleh ibu. Gejala yang ditimbulkan seperti demam, mual, muntah, kram perut dan diare. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi dapat menyebabkan kram di rahim, menyebabkan kelahiran prematur atau kelahiran mati.

Sebagian besar produk komersial yang mengandung telur mentah dibuat dengan telur pasteurisasi, dan aman dikonsumsi. Namun, Anda harus selalu membaca label untuk memastikannya.

Baca juga : Mitos Operasi Caesar

6. Ikan Yang Mengandung merkuri

Merkuri adalah unsur yang sangat beracun. Tidak diketahui tingkat paparan yang aman, dan paling sering ditemukan di air yang tercemar. Dalam jumlah yang lebih tinggi, itu bisa menjadi racun bagi sistem saraf, sistem kekebalan tubuh dan ginjal.

Karena ditemukan di lautan yang tercemar, ikan besar yang hidup di lautan ini dapat mengumpulkan merkuri dalam jumlah tinggi.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk membatasi konsumsi ikan merkuri tinggi hingga tidak lebih dari 1-2 porsi per bulan

Berikut adalah ikan yang memiliki merkuri tinggi, seperti yang dilansir Healthyline.com :

  • Hiu
  • Ikan todak
  • Makarel raja
  • Tuna (terutama tuna albacore)

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua ikan mengandung merkuri tinggi – hanya jenis tertentu saja. Mengkonsumsi ikan rendah merkuri selama kehamilan sangat sehat, dan ikan ini bisa dimakan hingga 2 kali per minggu. Ikan berlemak tinggi asam lemak omega-3, yang penting bagi bayi.

Itulah beberapa jenis pantangan makanan ibu hamil, pastikan anda rutin memeriksakan kesehatan anda dan bayi anda ke dokter.

Back to Articles

Share
Published by
Harvest Supplement

Recent Posts

  • Artikel Kesehatan

Pilihan Makanan Untuk Sahur Yang Sehat

Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari. Bagi umat muslim, berpuasa selama satu bulan penuh menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Bunda, Begini Cara Memandikan Bayi yang Perlu Anda Perhatikan

Memandikan bayi yang baru lahir merupakan kegiatan yang mendebarkan bagi kedua orang tua. Karena masih sangat rentan dan peka, Anda…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Rahasia Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tubuh Tetap Fit

Sudah siapkah Anda menyambut Ramadan tahun ini? Tentu banyak yang sudah tidak sabar untuk segera merasakan atmosfer Ramadan yang  khas…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Tips Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma

Jumlah dan kualitas sperma yang rendah dapat menghambat Anda untuk memiliki keturunan. Dalam dunia medis, kondisi tersebut dinamakan oligospermia. Produksi…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Fakta Seputar Pompa ASI, Amankah untuk Sang Bunda?

ASI merupakan makanan pertama yang sekaligus menjadi nutrisi penting bagi bayi yang baru lahir. Pasalnya, cairan ini memiliki banyak kandungan…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Pilihan Menu Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan Anda

‎Berpuasa salama satu bulan penuh di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan setiap umat muslim. Puasa sendiri merupakan…

1 tahun ago