Orang Terkenal yang mengidap ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) bisa dialami oleh anak-anak dan remaja dan dapat terus diderita sampai dewasa. ADHD adalah gangguan mental anak berupa kondisi biologis yang membuat sulit bagi banyak anak untuk duduk diam dan berkonsentrasi.

ADHD lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada pada anak perempuan. Gejala ini biasanya ditemukan pada masa awal sekolah, atau prasekolah, ketika seorang anak mulai memiliki masalah dalam memperhatikan.

Orang dewasa dengan ADHD mungkin mengalami kesulitan dalam mengatur waktu, menetapkan tujuan, dan memiliki masalah pada pekerjaan. Mereka mungkin juga memiliki masalah dengan hubungan, harga diri, dan kecanduan.

Ciri-Ciri Anak ADHD

Anda mungkin khawatir dengan beberapa perilaku anak Anda. mengamati dan mencatat berbagai tanda-tanda ADHD pada anak dan berkonsultasi dengan dokter dan guru anak Anda, merupakan langkah awal yang penting untuk menemukan perawatan, strategi dan dukungan terbaik.

Gejala ADHD terbagi dalam tiga kategori: Kurang perhatian, impulsif dan Hiperaktif.  Anak penderita ADHD memiliki tanda-tanda tersebut, setidaknya selama enam bulan.

Tanda-tanda kurang perhatian

  1. Bingung dan sepertinya tidak bisa mendengarkan, dan sulit berkonsentrasi
  2. Mudah bosan dengan aktivitas (bermain, belajar, dan lain sebagainya)
  3. Kesulitan dalam mengatur dan menyelesaikan tugas
  4. Kesulitan belajar hal baru dan mengikuti arahan

Tanda-tanda Impulsif

  1. Tidak sabaran
  2. Bereaksi berlebihan terhadap perasaan dan situasi emosional
  3. Tidak mengerti konsekuensi dari tindakannya

Tanda-tanda Hiperaktif

  1. Pembicaraan hampir terus-menerus
  2. Bergerak tanpa henti bahkan saat duduk
  3. Bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain dengan cepat dan sering
  4. Memiliki masalah duduk diam saat makan dan aktivitas lainnya

Orang Terkenal yang mengidap ADHD

Selama masa kanak-kanak, seringkali anak dengan ADHD merasa sulit untuk sukses di sekolah, menyelesaikan tugas di rumah atau bahkan bergaul dengan baik dengan anak-anak lain. Namun, jika penderita ADHD mendapatkan penanganan yang baik, tidak sedikit dari mereka, bahkan memiliki karir yang luar biasa, seperti menjadi selebriti, atlet, musisi, aktor dan lain sebagainya.

Berikut adalah Orang-orang terkenal yang pernah menderita ADHD sejak kecil dan bagaimana mereka mengatasi kondisi tersebut.

Michael Phelps

Michael Phelps
Source : Wikipedia

Mantan atlit Olimpiade terkenal dengan fokusnya yang luar biasa sebagai perenang, di mana ia memenangkan 71 medali (57 di antaranya adalah emas). Gurunya sering mengeluhkan ketidakmampuan Phelps untuk duduk diam. Dia didiagnosis menderita ADHD di kelas lima sekolah dasar. Pada usia 9 tahun, dia melanjutkan menggunakan Ritalin, sesuatu yang ibunya, Debbie, mengatakan bahwa hal itu membantu hiperaktifnya. Setelah menghabiskan dua tahun untuk pengobatan, Phelps mengaku bahwa dia merasa sulit fokus, dan terpaksa mengunjungi perawat sekolah setiap makan siang untuk mendapatkan obatnya.

Phelps kemudian minum obat setelah ibunya berkonsultasi dengan dokternya. Untuk membantunya menemukan fokus, Phelps terlibat dalam kegiatan berenang. Phelps mengakui bahwa setiap kali ia berada di dalam air, ia merasa berbeda dan di rumah.

 Will Smith

Will Smith
Source : Wikipedia

Willard Christopher Smith adalah salah satu aktor Amerika paling terkenal. Dia telah tampil di film-film seperti seri MIB, Im Legend, Hancock dan lain sebagainya. Smith berhasil menjadi seorang aktor dan musisi dan memiliki berbagai penghargaan. Will Smith adalah satu-satunya aktor Hollywood dengan delapan hits berturut-turut yang telah meraup lebih dari $ 100 juta di pasar domestik.

Smith mengaku bahwa dorongan untuk mencapai karirnya bukan duduk diam dan menyerah karena ADHD. Dia kesulitan memperhatikan, sesuatu yang membuatnya lucu kapan pun dia berada dalam suatu kelompok. Dia memgatakan, bahwa dia tidak bisa mendapatkan A di kelas dan tidak dapat membaca keseluruhan buku meskipun dia diberi waktu dua minggu untuk melakukannya.

Namun, Will Smith mengaku bahwa pada tahap tertentu, ia harus menjalani konseling untuk membantu dalam mengelola kondisi tersebut.

Michael Jordan

Michael Jordan
Source : Wikipedia

Dianggap oleh banyak orang sebagai pemain basket terbaik sepanjang masa, Michael Jordan juga ternyata memiliki ADHD. Selain menjadi pemain basket yang sangat luar biasa, MJ adalah seorang pengusaha sukses yang telah mencoba menggunakan ADHD-nya untuk keuntungannya. Para ahli mengatakan bahwa, satu alasan mengapa begitu banyak atlet dengan ADHD mencapai kesuksesan monumental adalah karena mereka mampu menempatkan dirinya di zona dengan cara yang berbeda dengan pemain lain.

Justin Timberlake

Justin Timberlake
Source : Wikipedia

Justin Timberlake adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan pengusaha di Amerika. Selain dunia musik, Timberlake tampil di acara TV seperti Star Search. Dia adalah salah satu musisi paling sukses secara komersial dan telah memainkan beberapa peran dalam berbagai film seperti The Social Network.

Paris Hilton

Paris Hilton
Source : Wikipedia

Paris Hilton adalah aktris terkenal dan seorang sosialita terkemuka yang menderita ADHD. Hilton adalah cucu buyut pendiri Hilton chain hotels, Conrad Hilton. Meski lahir dari keluarga kaya, Paris Hilton telah menciptakan bisnis sendiri yang telah menjadi sangat sukses. Paris Hilton suka bermeditasi, berpesta dan menghabiskan waktu yang menyenangkan dengan teman-teman untuk mengatasi kondisi ADHD tersebut. Selain itu, dia suka terlibat dalam aktivitas yang membuatnya terus sibuk.

Emma Watson

Emma Watson
Source : Wikipedia

Emma Charlotte Duerre Watson lahir dari orang tua Inggris yang tinggal di Perancis dan bekerja sebagai pengacara. Selama masa awal sekolah, dia didiagnosis menderita ADHD dan meminum obat untuk mengatasi penyakit tersebut. Namun, dia telah mencapai kesuksesan luar biasa sebagai salah satu karakter pemeran dalam film Harry Potter, dan banyak film lainnya.

Adam Levine

Adam Levine & Benhati Prinsloo
Source : Billboard

Sebagai pentolan grup pemenang penghargaan Grammy Maroon 5, Adam Levine telah melewati perjuangan yang luar biasa dalam hidupnya untuk karinya tersebut. Tapi salah satu yang paling sulit adalah perjuangannya mengatasi ADHD. Setelah didiagnosis menderita ADHD, dia tidak lantas putus asa, dan terus berjuang bersama penyakitnya tersebut.

Back to Articles

Cart Item Removed. Undo
  • No products in the cart.