MPASI untuk bayi usia 6-12 bulan

8 Bahan MPASI untuk Bayi Usia 6-12 Bulan

Horeee, si kecil sudah lulus ASI ekslusif selama 6 bulan. Selanjutnya apa lagi? Tentu saja memberikan makanan pendamping ASI atau biasa disingkat MPASI untuknya. Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri menerapkan standar MPASI untuk bayi, yaitu harus mengandung protein, energi, dan nutrisi yang cukup.

Di media sosial banyak dibagikan postingan mengenai daftar MPASI untuk bayi 6 bulan sampai satu tahun. Ibu-ibu zaman sekarang ternyata cukup kreatif ya, begitu pun dalam hal pemberian makanan tambahan untuk sang buah hati yang tak biasa dan beragam.

Nah, bagi Bunda yang sedang mempersiapkan makanan tambahan untuk sang buah hati, daftar MPASI sesuai tahapan usia berikut mungkin bisa dijadikan referensi.

Baca juga : Rahasia Bayi Sehat dan Cerdas

MPASI untuk Bayi Usia 6-12 Bulan

Usia 6 Bulan

  1. Labu Kuning

Saat sudah memasuki usia 6 bulan, makanan pendamping ASI yang sangat direkomendasikan adalah bubur labu kuning. Cara mengolahnya bisa dengan dikukus, direbus, atau dipanggang basah.

Segera setelah labu matang, haluskan sampai benar-benar lembut dan tambahkan sedikit air rebusan. Karena masih tahap perkenalan, lebih baik jangan tambahkan campuran apa pun pada makanan, kecuali air susu.

Makin bertambahnya hari, makin beragam pula menu MPASI-nya. Agar si kecil tak bosan, berikan aneka buah dan sayuran lain seperti alpukat, pisang, dan zukini dalam bentuk puree.

  1. Ubi Talas

Selain labu kuning, ubi talas juga bisa digunakan sebagai makanan pendamping untuk bayi. Cara mengolahnya pun sama dengan labu kuning, yaitu bisa dikukus atau direbus, dan dilumatkan menjadi puree.

  1. Puree Wortel dan Tofu

Wortel merupakan jenis sayuran yang paling sering diberikan kepada bayi. Penyajiannya sama seperti menu pertama, yaitu dilumatkan dalam bentuk puree (rebus terlebih dahulu). Bunda pun bisa mengombinasikannya dengan bahan makanan lunak lain seperti bubur beras atau tofu.

Baca juga : Peran Vitamin Otak Untuk Anak Sekolah

Usia 7 Bulan

  1. Apel Kukus

Bunda suka makan apel? Kenapa tak mencobakannya juga sebagai MPASI untuk Ananda? Namun, tentu saja cara penyajian apel untuk bayi berbeda dengan orang dewasa. Agar tidak tersedak, apel harus dikukus terlebih dulu, lalu dilumatkan dengan tambahan sedikit air hangat atau susu sampai menjadi puree. Makanan ini bisa diberikan pada bayi yang berusia 7 bulan.

  1. Ayam

Bayi memerlukan asupan protein yang cukup, salah satunya bisa diperoleh dari daging ayam. Jika sudah mulai terbiasa dengan menu sayur dan buah, jangan lupa untuk mulai memperkenalkan bayi pada daging atau hati ayam.

Ayam yang dimaksud bukanlah ayam goreng apalagi ayam sambal ya, Bunda. Untuk pengolahannya, Bunda bisa merebusnya sampai keluar air kaldunya. Agar rasanya makin sedap, Bunda bisa menambahkan sedikit bawang putih.

Usia 8 Bulan

MPASI Untuk bayi - Oatmeal

  1. Oatmeal

Bayi membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup agar tetap sehat. Selain bubur beras, makanan alternatif yang cocok diberikan bayi pada tahap usia ini adalah oatmeal.

  1. Tahu Putih

Jika pada usia 6 bulan tofu atau tahu putih hanya dipakai sebagai menu perkenalan, pada saat bayi memasuki umur 8 bulan, tahu putih boleh diberikan setiap hari. Ingat, wajib tahu putih ya, Bunda. Hal ini penting untuk menjauhkan si kecil dari risiko kesehatan akibat masuknya pewarna makanan ke tubuh.

Baca juga : Panduan Lengkap Membesarkan dan Mendidik Anak yang Baik

Usia 9-12 Bulan

  1. Makaroni, Pasta, dan Spageti

Lepas dari usia 8 bulan, bayi sudah mulai bisa dikenalkan pada makanan-makanan orang dewasa, seperti jagung, makaroni, nasi, pasta, atau spageti. Namun, pemberiannya tetap wajib diperhatikan baik-baik, ya. Selain itu, khusus makanan berat atau bertekstur sedikit kasar, jangan biarkan bayi makan sendiri agar terhindar dari risiko tersedak.

Tips Pemberian MPASI

Saat memberikan MPASI untuk bayi 6 bulan ke atas, hal pertama yang wajib diingat orang tua adalah sabar, sebab bayi masih dalam masa transisi dari ASI ekslusif ke makanan-makanan baru. Jangan langsung menyerah jika bayi tidak suka dengan makanan yang disuapkan kepadanya. Teruslah mencoba atau variasikan menu karena bisa jadi dia punya alergi terhadap makanan tertentu.

Nah, itu dia daftar menu MPASI untuk bayi 6 bulan ke atas yang bisa Bunda coba di rumah. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan memberi vitamin herbal Bio Strath untuk mencukupi nutrisi sang ibu dan bayi, ya. Semoga bermanfaat!

Back to Articles