cara mengatasi susah buang air besar secara alami

Tips Ampuh Mengobati Susah Buang Air Besar

Anda sering mengalami susah buang air besar atau sembelit? Hati-hati, gangguan pencernaan tersebut bisa menjadi indikasi munculnya penyakit lain. Karena itu, jangan pernah menganggap remeh serangan konstipasi.

Banyak cara untuk mengatasi susah buang air besar, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat. Nah, terkait hal tersebut, berikut ini ada 9 tips yang bisa membantu Anda mengatasi susah buang air besar secara alami. Yuk, simak penjelasannya!

Baca juga : 15 Gejala Sembelit Kronis

9 Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Alami

  1. Jangan Menunda BAB

Buang air besar merupakan proses pembuangan sisa metabolisme dari dalam tubuh. Jika menunda defekasi, tinja akan mengendap di saluran pencernaan. Lambat laun, teksturnya berubah menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Lantas, bagaimana jika telanjur menahan BAB saat acara penting? Setelah selesai acara, cobalah duduk di toilet untuk defekasi. Beberapa orang juga menunda BAB karena tidak nyaman jika mereka tidak melakukannya di tempat tertentu, seperti rumah. Hal seperti ini biasa terjadi tanpa disadari oleh penderita sembelit. Untuk mengubah hal ini, Anda harus mau untuk membiasakan diri agar bisa buang air besar di tempat lain.

  1. Mengonsumsi Makanan Berserat

Serat adalah salah satu zat yang ada di dalam makanan sumber nabati, semisal buah dan sayuran. Senyawa ini bersifat mengikat air dan tidak mudah dicerna. Jika mengonsumsi makanan berserat secara teratur, proses pencernaan menjadi lancar.

Sifat serat yang menyerap air mampu melunakkan tinja. Saat keluar dari pelepasan, feses tersebut tidak terasa keras. Dengan demikian, sembelit bisa diatasi secara cepat.

Beberapa contoh makanan berserat alami, antara lain pepaya, bayam, kangkung, dan kembang kol. Sebisa mungkin, hindari terlalu banyak mengonsumsi pisang, apel, serta pir. Pasalnya, ketiga buah tersebut memiliki serat yang mudah larut dalam air.

Baca juga : Makanan dan Kebiasaan Penyebab Konstipasi

  1. Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Setiap Hari

Minum air putih sebanyak 8 gelas per hari adalah kebiasaan sepele. Namun, sedikit orang yang mau melakukannya. Padahal, zat tersebut memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, semisal melancarkan pencernaan.

Hasil riset dalam Jurnal Frontiers in Human Neuroscience mengungkapkan, delapan gelas air putih yang diminum setiap hari bisa menambah kekebalan tubuh. Zat ini pun mampu menetralkan racun dan membuang sisa metabolisme secara cepat.

Namun, minum air putih pun tidak boleh melebihi batas maksimal yang ditetapkan oleh ahli kesehatan. Tamara Hew-Butler dari Oakland University menulis dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise: kelebihan air putih bisa menyebabkan disfungsi ekskresi. Karena itu, cukup minum delapan gelas per hari untuk mengatasi sembelit.

  1. Minum Oyama Slim Tea

Seperti dilansir dari Livestrong, penggunaan daun senna untuk mengatasi susah buang air besar secara alami sudah diterapkan turun temurun oleh nenek moyang. Oyama Slim Tea dengan kandungan daun senna sebagai pelancar BAB dan jati belanda untuk melapisi usus dan menurunkan kolesterol dapat menjadi salah satu solusi alami untuk mengatasi masalah konstipasi. Selain itu, Oyama Slim Tea juga sangat cocok untuk Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Baca juga : 10 Bahan Alami Untuk Memperlancar BAB

  1. Banyak Bergerak

Orang yang banyak melakukan aktivitas fisik cenderung lebih sehat ketimbang berdiam diri. Hasil riset di Universitas Tufts mengungkapkan, olahraga 48 menit setiap seminggu sekali bisa menghindarkan Anda dari kecacatan di usia senja.

Untuk mengatasi sembelit, tidak harus melakukan latihan berat. Anda bisa berlari kecil atau senam aerobik di sekitar rumah. Saat terjadi pergerakan, secara otomatis otot akan menstimulus kontraksi usus. Dengan demikian, tinja bisa cepat dikeluarkan.

Baca juga : 6 Buah Penyebab Sembelit

  1. Kurangi Mengonsumsi Fast Food

Anda suka mengonsumsi nugget, kentang goreng, atau burger? Jika hanya sesekali memakannya, dampak negatif bisa diminimalkan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi santapan cepat saji dapat mengakibatkan konstipasi.

Hal itu karena junk food mengandung banyak lemak dan rendah serat. Bahaya kuliner tersebut sudah diperingatkan oleh beberapa lembaga kesehatan. Semisal, Food and Drug Administration yang melarang keberadaan restoran cepat saji.

  1. Membatasi Konsumsi Susu Murni

Anda pernah mengonsumsi susu sapi? Susu murni mengandung sekitar 3 persen lemak, 2,8 persen protein, dan 11,2 persen bahan kering. Selain itu, pun terdapat berbagai macam vitamin, kalsium, serta mineral.

Meski nutrisi dalam susu tergolong lengkap, Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Sebuah studi di negara Iran membuktikan, sekitar 80 persen anak-anak bisa buang air besar setelah mengurangi konsumsi susu. Hal itu mengindikasikan, terlalu banyak minum susu dapat mengakibatkan sembelit ringan.

Bac juga : Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak

  1. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara untuk menghadirkan ketenangan dan kenyamanan dalam diri seseorang. Manakala Anda sedang menjalani pengobatan konstipasi, tidak ada salahnya melakukan metode ini. Tujuannya agar tubuh lebih relaks dan mengeluarkan energi positif.

Energi positif itu akan dialirkan ke seluruh tubuh, termasuk ke saluran metabolisme. Karena aliran energinya kuat, secara otomatis mendorong kinerja sel. Dengan demikian, semua organ bisa bekerja sesuai fungsi masing-masing.

  1. Memilih Posisi Buang Air Besar yang Tepat

Percaya atau tidak, posisi saat defekasi memengaruhi kinerja usus dalam mengeluarkan tinja. Journal of Medicine Science menemukan fakta: kasus penyakit usus besar di negara barat mengalami peningkatan. Hal itu karena banyak orang yang menggunakan kloset duduk.

Jadi, pilihlah kloset jongkok jika Anda terserang konstipasi. Pasalnya, posisi jongkok mampu menggerakkan usus untuk mengeluarkan tinja secara maksimal. Rektum menjadi lebih lentur karena tidak tertahan oleh otot purborectalis.

Demikian ulasan tentang 9 cara mengatasi susah buang air besar secara alami dengan cepat. Semoga artikel ini bisa dijadikan rujukan dan bermanfaat.

Back to Articles