Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Waspada, Ini Risiko Anemia Pada Ibu Hamil

Supaya proses kehamilan berjalan dengan lancar, ibu hamil perlu menjaga kesehatan. Pada kasus-kasus tertentu, ada ibu yang mengidap penyakit bawaan. Hal ini berpotensi mengganggu proses kehamilan. Meskipun demikian, dengan perawatan dan pengobatan yang teratur, kehamilan bisa tetap berjalan lancar.

Beberapa penyakit yang berpengaruh terhadap kehamilan adalah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, penyakit paru-paru, beberapa penyakit darah, dan sebagainya. Nah, khusus untuk penyakit darah, ada 3 jenis kondisi yang harus diperhatikan oleh ibu hamil, yaitu anemia, hipo dan afibrinogenemia, dan iso-imunisasi.

Baca juga : Pilihan Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

Risiko Anemia Pada Ibu Hamil

Masalah yang sering dialami ibu hamil adalah anemia. Seseorang disebut mengalami anemia berat jika kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari 10 gr/dL. Sementara itu, kadar hemoglobin yang kurang dari 6 gr/dL disebut anemia gravis. Untuk wanita hamil, jumlah normal hemoglobin adalah 12-15 gr/dL dengan hematokrit 35-54%.

Masa paling penting untuk mengecek kadar hemoglobin pada ibu hamil adalah pada trimester 1 dan trimester 3. Apabila ibu hamil menderita anemia, risiko yang dapat terjadi adalah keguguran (abortus), kelahiran prematur, proses persalinan yang lama, dan tenaga yang berkurang. Setelah kelahiran, ibu pun dapat mengalami perdarahan dan shock karena lemahnya kontraksi rahim.

Baca juga : Mitos Operasi Caesar

Pengaruh anemia terhadap wanita hamil bisa terjadi pada awal kehamilan dan berpengaruh terhadap hasil pembuahan. Untuk membentuk butir-butir darah merah dan pertumbuhan embrio, hasil pembuahan membutuhkan zat besi dalam jumlah yang banyak. Bahkan, pada bulan ke-5 hingga ke-6, kebutuhan zat besi akan semakin banyak. Jika kandungan zat besi (hemoglobin) tidak mencukupi, masalah pun akan terjadi.

Tipe Anemia Pada Ibu Hamil

Tipe Anemia

Penyebab anemia bermacam-macam, antara lain kurang gizi (malnutrisi), kurangnya zat besi pada makanan yang dikonsumsi, penyerapan sari makanan yang kurang baik (malabsorpsi), kehilangan banyak darah, dan penyakit kronis (TBC paru-paru, malaria, dan cacing usus).

Anemia dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis, yaitu:

  • Anemia defisiensi besi, yaitu anemia yang terjadi karena kurangnya konsumsi makanan yang mengandung zat besi.
  • Anemia megaloblastik, yaitu anemia yang terjadi karena kurangnya asupan asam folik.
  • Anemia hipoplastik, yaitu anemia yang terjadi karena menurunnya fungsi sumsum tulang untuk membentuk sel darah merah baru.
  • Anemia hemolitik yaitu anemia yang disebabkan oleh proses pemecahan sel darah merah yang lebih cepat dari pembentukannya.

Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Gejala utama yang biasanya dialami oleh seseorang yang menderita anemia adalah rasa lelah dan lemah. Selain itu, ada pula gejala kelainan pada organ-organ vital. Nah, untuk mengatasi anemia pada ibu hamil, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi penting, seperti zat besi, protein, vitamin, dan mineral.

Baca juga : Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Hamil

Ibu hamil juga dapat mengonsumsi Bio Strath, suplemen premium yang diproduksi di Swiss dan telah diekspor ke lebih dari 60 negara di dunia. Suplemen ini aman dikonsumsi oleh siapa pun, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui karena 100 % komposisi bahannya berasal dari alam. Bio Strath dibuat dari plasmolysed herbal yeast (80%), malt extract (10%), honey (5%), dan orange juice (5%).

Menariknya, suplemen ini mengandung 61 nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh ibu hamil. Nutrisi tersebut terdiri atas 11 vitamin, 19 mineral, 18 amino acids, dan 13 zat pembangun lainnya. Tak mengherankan, kebutuhan ibu hamil akan nutrisi selama kehamilan dapat dipenuhi oleh Bio Strath.

Salah satu manfaat utama Bio Strath yang telah memiliki sertifikat BPOM ini adalah menjaga kadar hemoglobin pada ibu hamil agar tetap stabil. Hal tersebut telah dibuktikan dengan penelitian dan pengamatan terhadap 31 ibu hamil yang mengonsumsi Bio Strath. Selain manfaat tersebut, suplemen Bio Strath juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menambah stamina dan konsentrasi, serta sangat berguna untuk terapi osteoporosis.

Nah, demikian penjelasan singkat mengenai pentingnya menjaga kadar hemoglobin pada ibu hamil serta solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Apakah Anda ingin mencobanya?

Back to Articles