bahaya memanaskan nasi

Memanaskan Nasi di Rice Cooker Picu Diabetes Hingga Kanker. Mitos atau Fakta?

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan memanaskan nasi menggunakan rice cooker. Selain dianggap tidak perlu repot-repot menghangatkan kembali nasi setiap ingin makan, perkakas dapur yang satu ini juga bisa terbilang praktis dalam pemakaian.

Namun, belum lama ini beredar pesan berantai yang menyatakan bahwa terlalu sering memanaskan nasi dengan rice cooker dapat menyebabkan diabetes, bahkan kanker. Hal ini tentu sangat meresahkan, bukan?

Ini Kata Pakar Soal Kebiasaan Memanaskan Nasi di Rice Cooker

Menanggapi berita ini, Dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, yang merupakan pakar kesehatan gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menjelaskan ada korelasi yang dekat antara diabetes dengan nasi yang terus-menerus dipanaskan.

Menurut beliau, nasi termasuk dalam jenis makanan yang memiliki kadar indeks glikemik yang cukup tinggi. Indeks glikemik inilah yang berperan dalam menurunkan atau menaikkan kadar gula dalam darah secara cepat. Makin tinggi kadar glikemik dalam suatu makanan, makin tinggilah risiko penyebab diabetes.

Sama halnya dengan nasi. Makanan ini akan mengalami proses gelatinase (peningkatan nilai indeks glikemik) dengan cepat jika terlalu lama atau terus menerus dipanaskan. Tidak hanya itu, kandungan serat di dalamnya juga akan ikut menurun.

Sebagai tambahan, kebiasaan menghangatkan nasi di rice cooker akan memicu munculnya masalah-masalah kesehatan lainnya, mulai dari penyakit jantung, obesitas, sampai kanker. Jadi, fakta atau mitos? Sekarang kita sudah tahu jawabannya, ya.

Boleh Pakai Rice Cooker, Asal…

Tingginya risiko berbagai penyakit serius jika terlalu sering memanaskan nasi jangan lantas membuat Anda buru-buru menggantung rice cooker di dapur. Kan sayang sudah dibeli mahal-mahal, apalagi kalau masih baru. Lalu, adakah solusinya?

Untuk menghindari nasi terlalu lama disimpan di rice cooker, lebih baik masaklah nasi sedikit demi sedikit, sesuai dengan kebutuhan konsumsi kita pada hari itu. Jika memungkinkan, masaklah nasi 2 kali dalam sehari; pagi dan sore, agar kualitas nasi tetap baik dan gizinya tidak hilang.

Mengenali Penyebab Diabetes

Selain nasi, ada banyak faktor lain yang ikut menjadi penyebab diabetes, seperti gaya hidup dan keturunan. Agar lebih jelas, yuk simak pembahasan lebih lengkapnya berikut.

  • Faktor Keturunan

Betul sekali, diabetes juga bisa terjadi karena faktor genetik. Jika Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat diabetes, bisa jadi Anda pun memiliki risiko yang sama. Namun, jangan khawatir. Asal tetap menjaga kesehatan, menerapkan pola hidup sehat, serta rutin melakukan pemeriksaan gula darah, gejala penyakit ini bisa dideteksi sedini mungkin untuk dicarikan obatnya.

minum air putih agar tidak terkena diabetes

  • Pola Hidup

Pola hidup sehari-hari juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan seseorang, lho. Tak punya keluarga yang menderita diabetes bukan berarti Anda bebas dari risiko penyakit ini, sebab pada dasarnya semua orang punya risiko yang sama. Menerapkan pola hidup sehat atau tidak, itulah yang membedakannya.

Contoh perilaku hidup sehat yang bisa Anda terapkan jika ingin terhindar dari penyakit gula adalah tidak merokok, menjauhi alkohol, rajin berolahraga, serta mengonsumsi makanan/minuman yang tidak mengandung gula.

  • Menjaga Berat Badan

Obesitas atau berat badan berlebih juga bisa memicu datangnya penyakit diabetes. Untuk itu, usahakan untuk selalu menjaga berat badan agar tetap dalam kondisi ideal. Selain menghindarkan diri dari diabetes, berat badan ideal juga akan membuat kita lebih leluasa dalam beraktivitas.

  • Hindari Stres

Siapa sangka stres juga dapat memicu datangnya diabetes? Saat pikiran sedang tertekan, produksi produksi hormon epinephrine dan cortisol yang berperan menaikkan kadar gula dalam darah dan menyediakan cadangan energi akan naik. Jadi jangan biarkan stres terjadi berlarut-larut. Jika ada masalah, ceritakan saja pada orang yang Anda percayai agar segera ditemukan jalan keluarnya.

Jika Diabetes Telanjur Datang

Terkena diabetes tak berarti kiamat. Tetaplah kuat. Selain belajar mengendalikan kondisi pikiran, mengatur pola hidup lebih sehat lagi, Anda juga bisa mengonsumsi herbal untuk diabetes dalam bentuk kapsul seperti Harvest Sanodia dan teh seperti Glucoscare.

Nah, itu dia sedikit pemaparan mengenai diabetes dan nasi yang dipanaskan dengan rice cooker. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Back to Articles