manfaat kunyit untuk kesehatan kulit

4 Manfaat Luar Biasa Kunyit Bagi Kesehatan Kulit Anda

Kunyit adalah bumbu kuno yang populer digunakan sebagai zat penyedap dan pewarna alami pada makanan, serta sebagai ramuan obat untuk mengobati beberapa kelainan.

Kunyit telah digunakan dalam masakan dan pengobatan Asia selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi.

Penelitian terbaru berfokus pada manfaat yang ditawarkan kunyit untuk melawan infeksi, mengurangi peradangan, dan mengobati beberapa jenis kanker, masalah pencernaan, masalah hati dan berbagai masalah sejenis lainnya.

Penggunaan Kunyit Sejak Jaman Dahulu

Karena memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan, kunyit juga telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati berbagai masalah pada kulit dan menyembuhkan luka, seperti bekas jerawat.

Kulit adalah bagian organ tubuh terbesar dan merupakan garis pertahanan pertama untuk sistem internal kita. Melindungi tubuh dari kehilangan air atau dehidrasi, panas, alergen, mikroba dan semua senyawa lingkungan dan kimia lainnya yang dapat membahayakan kita.

Baca juga : 7 Cara Merawat Wajah Paling Efektif

Kulit yang sehat, tidak hanya menjamin perlindungan tubuh, tapi juga berperan penting pada penampilan kita.

Gangguan seperti gatal-gatal, jerawat, ruam, eksim, psoriasis, ketombe, selulit, dermatitis dan banyak lagi ditemukan di seluruh dunia dan prevalensi mereka biasanya didasarkan pada kondisi lingkungan eksternal dan genetika pada area tertentu.

Seperti disebutkan, kunyit memiliki khasiat antioksidan, penyembuhan yang hebat dan sangat efisien dalam mengobati sejumlah kelainan kulit, dari masalah sepele seperti kemerahan sampai yang paling buruk seperti  kanker kulit.

manfaat kunyit untuk kesehatan kulit - menyembuhkan luka

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Kulit

  • Membantu penyembuhan luka

Salep kunyit topikal, lotion, krim, dan masker dapat membantu mengurangi peradangan lokal yang disebabkan oleh jerawat, psoriasis, eksim, dan luka bakar. Sifat anti-bakteri pada kunyit membantu mengobati luka dan mempercepat penyembuhan, sehingga mencegah penyebaran infeksi.

Manfaat kunyit juga dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi obat herbal yang mengandung kunyit seperti Beauty Golds yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat, dan manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : Tips Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

  • Mengatasi Kanker kulit

Manfaat kunyit berikutnya adalah mengatasi kanker kulit. Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling umum. Beberapa faktor seperti sinar UV, bahan kimia, dan genetika mempengaruhi terjadinya kelainan ini yang dimulai di lapisan epidermis atas kulit dan menyebar sampai lapisan dasar kulit. (sumber : Cancer Research UK)

Kanker kulit tidak hanya mempengaruhi susunan kulit bagian dalam tapi juga memperburuk penampilan.  Kunyit telah terbukti membantu mengurangi gejala-gejala tersebut, tidak hanya di bagian luar kulit yang terkena infeksi, tetapi juga membantu mengurangi tumor di bagian dalam.

Kunyit memiliki aktivitas antioksidan kuat yang membantu mengurangi pertumbuhan sel tumor kulit. Semua khasiat kunyit ini dikombinasikan dan digunakan bersamaan dalam bentuk salep, masker, maupun dikonsumsi secara langsung, terbukti membantumelawan kanker kulit secara efektif.

  • Membantu Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah salah satu kondisi kulit yang paling umum yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Peradangan jerawat dapat merusak penampilan seseorang dan dapat mempengaruhi kerja dan kehidupan sosial. Pengobatan alami menggunakan kunyit bisa bermanfaat bagi jerawat.

Kunyit memiliki potensi untuk membunuh bakteri P.acnes yang menyebabkan jerawat dan mengurangi jumlah minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous.

Secara khusus, kunyit dicampur dengan gliserin atau vitamin E dan dioleskan semalam pada jerawat telah terbukti secara dramatis mengurangi ukuran jerawat.

Bila dikombinasikan dengan telur, yogurt, madu dan beberapa zat lainnya yang sehat untuk kulit, dan dioleskan secara teratur, ini mencegah munculnya jerawat dan juga memperbaiki tekstur kulit.

Beauty Golds dengan kandungan ekstrak kunyit dan ekstrak kulit manggis telah terbukti efektif dalam mencerahkan kulit dan menuntaskan masalah jerawat dari dalam tubuh.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

  • Mengatasi Masalah Kulit lainnya (kulit kering, radang, dll)

Kerusakan kulit kering disebabkan karena penggunaan obat-obatan dan kosmetik yang berlebihan, sinar matahari, dan angin. Saat kulit menjadi kering, terasa kasar dan bahkan bisa mengalami retakan.

Retakan ini akan mulai gatal. Rasa gatal bisa menyebabkan luka dan pendarahan. Reaksi alergi kulit bisa disebabkan oleh alergen pada tanaman atau zat kimia, makanan atau obat tertentu.

Baca juga : Kandungan Berbahaya dalam Produk Kecantikan

Alergi yang parah harus segera dirujuk ke dokter. Untuk alergi kulit ringan dan kulit kering, dokter Anda bisa merekomendasikan salep kunyit untuk dioleskan pada kulit yang retak.

Kunyit memiliki khasiat antiinflamasi yang meredakan pembengkakan, pembengkakan, dan kemerahan. Luka akan sembuh lebih cepat dan gatal berkurang dengan rutin menggunakan kunyit topikal.

Manfaat kunyit untuk kesehatan kulit bisa didapat dengan mengkonsumsinya bersamaan dengan makanan, atau dengan menggunakan suplemen yang mengandung ekstrak kunyit untuk membantu membersihkan tubuh secara internal dan mencegah timbulnya masalah pada permukaan kulit.

Back to Articles