Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ingin Tambah Cerdas? Yuk Simak Tips Berikut Ini

Diet sehat dan seimbang tidak hanya bagus untuk tubuh, tapi juga bagus untuk perkembangan otak kita. Makanan yang tepat bisa memperbaiki fungsi otak, daya ingat, dan konsentrasi.

Seperti tubuh, otak menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan, dan 10 “makanan super” berikut ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anda dan anak.

10 Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak & Anda

  1. Ikan Salmon

Makanan untuk kecerdasan otak yang pertama adalah ikan salmon. Ikan yang berlemak, seperti salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Mendapatkan nutrisi yang cukup dari asam lemak ini dapat membantu anak-anak memperbaiki keterampilan mental mereka.

Buatlah sandwich (roti gandum) menggunakan salmon, menggantikan tuna sebagai alternatif makanan yang sehat.

Telur merupakan makanan untuk kecerdasan otak

  1. Telur

Telur adalah sumber protein yang hebat, dan bagian kuning telur memiliki kolin, nutrisi penting untuk pengembangan memori. Meskipun begitu, konsumsi kuning telur perlu dibatasi karena kuning telur memiliki tingkat kolesterol yang cukup tinggi.

Buatkanlah sarapan dari kombinasi telur dan sayuran, supaya anak anda mendapatkan nutrisi yang cukup untuk membantu aktivitas otak anak selama disekolah.

  1. Selai kacang

Anak-anak biasanya menyukai selai kacang, dan itu bagus karena camilan sehat ini dikemas dengan vitamin E, antioksidan yang berfungsi melindungi selaput saraf. Makanan enak ini, juga memiliki thiamin, yang bagus untuk otak, dan glukosa untuk mencukupi kebutuhan energi.

  1. Biji-bijian utuh (Whole Grain)

Biji-bijian utuh seperti barley, quinoa, beras, rye, havermut, sorgum, jagung, millet, dan gandum , merupakan sumber energi yang dibutuhkan otak. Biji-bijian utuh juga mengandung vitamin B, yang bagus untuk sistem saraf.

  1. Oat/Oatmeal

Oat dan oatmeal adalah sumber energi dan “bahan bakar” untuk otak yang sangat baik. Oat dikemas dengan serat yang tinggi untuk membantu menjaga agar anak merasa tetap kenyang. Makanan ini juga merupakan sumber Vitamin E, B kompleks, dan zinc yang sangat baik untuk membantu otak anak bekerja dengan sebaik-baiknya.

Buah Berry Merupakan Makanan Untuk Kecerdasan Otak

  1. Buah Berri

Makanan untuk kecerdasan otak berikutnya adalah buah Berri. Buah Berri dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kaya dengan vitamin C dan antioksidan lainnya. Biji dari buah Berri juga mengandung lemak omega-3 yang membantu meningkatkan fungsi otak. Carilah stroberi, ceri, blueberry, dan blackberry, semakin intens warna berry, semakin banyak nutrisi yang dimilikinya.

  1. Kacang polong

Selain bagus untuk kesehatan jantung, kacang-kacangan juga baik untuk otak anak-anak karena memiliki energi dari protein, karbohidrat kompleks, serat, dan vitamin serta mineral. Kacang-kacangan bisa menjaga tingkat energi tetap tinggi. Kacang polong dan kacang pinto adalah pilihan yang baik karena mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dari varietas kacang lainnya, yang penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

Baca juga : Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak

  1. Sayuran berwarna

Sayuran yang kaya warna adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk menjaga agar sel otak tetap sehat. Beberapa sayuran yang patut dimasukkan ke dalam diet anak Anda adalah tomat, kentang manis, labu, wortel, atau bayam. Sangat mudah menyertakan jenis sayuran ini ke dalam saus spaghetti maupun sup.

Ganti kentang atau keripik jagung dalam makanan siang anak Anda dengan irisan ubi jalar panggang atau sayuran yang mudah dikunyah seperti kacang polong atau wortel.

Susu merupakan makanan untuk kecerdasan otak

  1. Susu & Yogurt

Seperti yang sudah banyak diketahui orang, susu dan yogurt merupakan salah satu makanan untuk kecerdasan otak. Vitamin B diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim, dan produk susu merupakan sumber nutrisi yang baik. Susu rendah lemak atau yogurt adalah sumber protein dan karbohidrat yang hebat untuk otak. Susu juga merupakan sumber vitamin D yang sangat baik, yang dibutuhkan anak-anak dan remaja dalam jumlah yang lebih banyak daripada orang dewasa.

  1. Apel dan Plum

Anak-anak sering menginginkan permen, terutama saat mereka merasa ingin makan sesuatu. Apel dan plum adalah makanan lezat pengganti permen yang disukai anak-anak dan mengandung kuersetin, antioksidan yang bisa melawan penurunan kemampuan mental.

Back to Articles