makanan sehat untuk ibu hamil

Bunda, Ini 6 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi saat Hamil

Hamil merupakan salah satu momen paling dinantikan oleh sebagian besar perempuan setelah menikah. Umumnya saat usia kehamilan baru menginjak bulan-bulan awal (trimester pertama), calon ibu akan mengalami berbagai perubahan fisik, psikis, dan hormonal yang cukup drastis.

Baca juga : Tahapan Perkembangan Janin

Menjadi lebih emosional, fisik yang gampang lelah, serta pola makan yang berubah total adalah beberapa contoh lazim yang sering dialami para calon ibu. Nah, kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai pola makan dan daftar makanan sehat untuk ibu hamil.

Ngidam, Apakah Itu?

Biasanya saat hamil seorang perempuan memiliki keinginan yang sangat kuat akan sesuatu (lebih sering makanan). Banyak yang menyebutkan kalau hal tersebut adalah “bawaan bayi”, yang artinya jika tidak dituruti si bayi akan ileran kalau sudah lahir nanti.

Baca juga : Fakta Tentang Operasi Caesar

Tentu saja hal ini cuma mitos yang tidak ada dasarnya. Adapun keinginan tertentu (ngidam) yang dirasakan seorang calon ibu pada saat hamil lebih dikarenakan faktor hormonal dan emosi. Saat mengandung umumnya wanita akan lebih manja kepada pasangannya. Perasaan “bergantung” inilah yang akhirnya memicu munculnya keinginan ini itu, padahal jika sudah dituruti belum tentu akan dimakan atau dipakai.

daftar makanan sehat untuk ibu yang sedang mengandung

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Anda pun tentu sering mendengar kalau saat hamil porsi makan wajib ditambah karena Anda makan untuk 2 orang. Nyatanya, hal tersebut tidak benar. Ketimbang makan dalam porsi besar yang berakibat pada perut begah akibat kekenyangan, lebih baik penuhi kebutuhan gizi selama mengandung dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut:

  • Sayur dan Buah

Sayur dan buah adalah jenis makanan pertama yang wajib masuk daftar menu sehari-hari seorang calon ibu. Tidak hanya mengandung serat yang baik untuk pencernaan, kedua sumber makanan tersebut juga sangat kaya akan mineral, vitamin, serta asam folat yang sangat bagus untuk membantu perkembangan janin dalam rahim.

Baca juga : Pantangan Ibu Hamil

  • Daging, Ikan, dan Telur

Saat sudah memasuki trimester kedua dan ketiga, ibu hamil sangat disarankan untuk menambah asupan protein yang bisa diperoleh dari daging, ikan, serta telur. Telur merupakan sumber makanan kaya zat kolin yang sangat baik untuk membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi.

Ikan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat mengandung adalah ikan salmon karena mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan tubuh janin dan memperbaiki mood ibu. Namun, Anda perlu membatasi konsumsi ikan jenis ini karena isu paparan merkuri yang menyeratinya.

  • Kacang-Kacangan

Saat mengandung, beberapa perempuan umumnya mengalami masalah pencernaan seperti wasir atau konstipasi (susah BAB). Untuk itu, Anda disarankan banyak-banyak mengonsumsi kacang-kacangan. Selain mengandung serat yang baik untuk pencernaan, makanan ini juga diperkaya dengan zat kalsium, folat, zat besi, dan seng.

Baca juga : Bolehkah Berhubungan Saat Hamil Muda?

  • Gandum atau Nasi Merah

Jangan lupa melengkapi asupan karbohidrat yang masuk ke tubuh dengan gandum. Gandum merupakan sumber makanan yang mengandung serat, vitamin E, serta selenium yang sangat bagus untuk membantu perkembangan janin di perut. Jika tidak suka gandum, Anda bisa menggantinya dengan nasi merah.

  • Air Putih

Ibu hamil sangat disarankan untuk banyak-banyak meminum air putih. Selain dapat mencegah bayi lahir prematur, air putih juga sangat bermanfaat untuk mencegah datangnya konstipasi (susah BAB) atau infeksi saluran kemih.

Baca juga : Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Namun, jika Bunda tidak begitu menyukai air putih karena rasanya (beberapa orang tidak suka air putih), gantilah dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, jeruk, dan sebagainya.

Bio-Strath Untuk Menjaga Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil

  • Bio Strath

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, Bunda juga bisa mengonsumsi Bio Strath yang berguna untuk menjaga kadar hemoglobin pada masa kehamilan. Bio Strath mengandung 61 nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh setiap harinya, tersedia dalam bentuk cair dan tablet. Suplemen yang berasal dari negara Swiss ini juga telah diekspor ke lebih dari 80 negara bagian lainnya. Diproduksi sejak tahun 1961, Bio Strath sendiri sudah banyak sekali dipercaya kegunaannya oleh masyarakat luas.

Baca juga :  Risiko Anemia Pada Ibu Hamil

Nah, itu dia 6 macam makanan sehat untuk ibu hamil yang wajib dimasukkan ke daftar menu selama periode mengandung berlangsung. Selamat menantikan kehadiran si buah hati, ya!

Back to Articles