makanan penyebab keputihan

Ladies, Inilah 5 Makanan yang Dapat Sebabkan Keputihan

Keputihan merupakan salah satu gejala kesehatan yang sering dialami para wanita. Sebetulnya, kondisi ini sangat wajar dan alami karena keputihan sendiri punya fungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari berbagai bakteri dan virus penyebab infeksi.

Keputihan ditandai dengan keluarnya lendir atau cairan pekat berwarna keputihan dari dalam vagina. Nah, lendir inilah yang membawa sel-sel yang sudah mati dan bakteri keluar sehingga organ kewanitaan tetap sehat. Meskipun wajar dialami, ada beberapa tanda keputihan tidak normal yang wajib Anda waspadai.

Tanda-Tanda Keputihan yang Tidak Normal

  • Warna yang Berubah

Berhati-hatilah jika keputihan yang Anda alami disertai dengan lendir berwarna kecokelatan dan atau mengandung darah, sebab hal tersebut bisa menjadi gejala awal penyakit kanker serviks.

  • Keputihan Disertai Gatal

Rasa perih dan gatal-gatal pada bibir atau bagian dalam vagina umumnya disebabkan oleh pertumbuhan jamur dan bakteri yang sangat suka tempat lembap. Karenanya, basuhlah bagian organ kewanitaan dengan tisu atau kain khusus segera setelah buang air besar/kecil agar area intim tetap kering.

  • Bau yang Menyengat

Vagina memang memiliki aroma khusus. Namun, Anda patut waspada jika Miss V mulai mengeluarkan bau yang menyengat. Selain keputihan, aroma menyengat ini umumnya disebabkan oleh faktor lain, mulai dari kelembapan organ intim, pertumbuhan jamur dan bakteri, serta konsumsi makanan-makanan tertentu.

Daftar Makanan Penyebab Keputihan

Nah, kira-kira apa saja sih makanan penyebab keputihan pada wanita?

  • Ketimun

Anda mungkin sering mendengar nasihat untuk sebisa mungkin menghindari makan timun, terutama saat sedang datang bulan. Faktanya, timun memang mengandung zat dan senyawa tertentu yang dapat meningkatkan produksi hormon estrogen pada wanita. Makin banyak hormon ini diproduksi, makin banyak pula lendir yang keluar dari vagina.

Baca juga : Keputihan Saat Hamil, Berbahayakah?

  • Tape Singkong

Siapa sangka, ternyata proses fermentasi pada makanan seperti tape singkong dapat menyebabkan makin parahnya keputihan pada wanita. Penganan ini akan memicu produksi lendir berlebihan pada bagian dalam vagina. Namun, hal ini bukan berarti Anda dilarang mengonsumsi tape sama sekali, yang penting tidak berlebihan.

  • Telur

Telur merupakan bahan makanan yang dikenal kaya akan protein dan kalori. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, terutama oleh wanita, kedua zat yang terkandung dalam makanan ini justru akan menyebabkan keputihan, tak terkecuali pada mereka yang tak pernah mengalami keputihan sebelumnya. Para pakar kesehatan menganjurkan batas maksimal konsumsi telur setiap harinya adalah antara 3-4 butir.

  • Soft Drink

Anda yang suka mengonsumsi soft drink, cobalah mulai sekarang menguranginya sedikit demi sedikit, sebab pewarna dan pemanis makanan yang terkandung di dalamnya ternyata mampu membuat virus dan bakteri di dalam vagina berkembang makin pesat.

  • Gula

Gula atau makanan yang terlalu banyak gula sangat berpotensi menyebabkan keputihan pada wanita. Untuk itu, cobalah untuk meminimalisasi asupan gula yang masuk ke tubuh setiap harinya. Selain mampu menghindarkan diri dari keputihan, mengurangi gula juga akan meminimalisasi risiko diabetes.

Bagaimana Jika Keputihan Makin Parah?

Jika keputihan yang Anda alami menunjukkan gejala-gejala yang tak biasa, seperti disertai rasa perih dan gatal pada vagina, bau yang menyengat, lendir yang berubah warna dan keluar dalam jumlah banyak, lebih baik periksakan diri ke dokter spesialis kelamin agar segera dicari penawarnya.

Jika enggan menemui dokter karena alasan tertentu, Anda bisa mengonsumsi suplemen herbal Beauty Golds yang sudah banyak dijual di apotek, toko obat, atau internet. Selain rajin mengonsumsi suplemen, jangan lupa imbangi dengan menerapkan pola hidup sehat dan higienis, seperti: membasuh organ intim setelah buang air, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, rajin berolahraga, merawat kebersihan area vagina dengan membasuhkan air hangat sesekali.

Nah, semoga informasi seputar makanan penyebab keputihan bermanfaat untuk Anda ya, ladies!

Back to Articles