cokelat makanan penyebab jerawat

Wajah Berjerawat? Hindari 7 Makanan Berikut Ini!

Jerawat adalah masalah kulit yang banyak terjadi, baik pada wanita maupun pria. Penyebabnya antara lain produksi sebum yang berlebihan, bakteri penyebab jerawat, hormon, maupun pori-pori yang tersumbat.

Makanan juga disebut memiliki peran yang penting dalam mencegah maupun menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, ketahui 7 makanan penyebab jerawat yang patut diwaspadai berikut ini.

Baca juga : Cara Merawat Wajah Berjerawat

7 Makanan Penyebab Jerawat

  1. Gandum Olahan dan Gula

Orang-orang yang memiliki masalah kulit berupa jerawat biasanya mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan. Beberapa di antaranya adalah roti, biskuit, sereal, pasta, nasi putih, soda; serta bahan pemanis, seperti gula, sirup maple, madu, dan sebagainya.

Hasil riset menunjukkan, orang-orang yang sering menambahkan gula pada makanan memiliki risiko mengalami jerawat sekitar 30 persen lebih besar. Demikian pula, orang-orang yang secara rutin mengonsumsi aneka kue memiliki risiko mengalami jerawat sekitar 20 persen lebih besar.

Hal tersebut disebabkan oleh efek karbohidrat olahan terhadap tingkat gula darah dan insulin. Tingkat insulin yang tinggi tidak baik bagi seseorang yang berjerawat.

Baca juga : Kandungan Berbahaya Dalam Produk Kecantikan

  1. Produk Susu

Kelompok makanan lain yang dianggap memengaruhi kondisi jerawat pada wajah adalah produk susu. Berdasarkan riset dari National Center of Biotechnology Information, orang-orang dewasa yang rutin mengonsumsi susu dan es krim memiliki risiko menderita jerawat 4 kali lebih banyak. Meskipun demikian, penelitian ini hanya menunjukkan korelasi antara susu dan jerawat, bukan hubungan sebab akibat di antara keduanya.

  1. Fast Food

Jenis-jenis makanan cepat saji, seperti burger, nugget, kentang goreng, soda, dan sebagainya dipercaya dapat meningkatkan risiko jerawat. Hasil riset terhadap 5.000 anak muda dan orang dewasa di Cina, menunjukkan bahwa makanan tinggi lemak menimbulkan risiko jerawat sebesar 43 persen.

Beberapa pakar mengatakan, konsumsi fast food dapat memengaruhi gen dan mengubah kadar hormon. Meskipun demikian, data ini dianggap hanya merupakan pola dari kebiasaan makan dan belum menjadi bukti kuat jika fast food memang menyebabkan jerawat.

Baca juga : Mengapa Kita Harus Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

  1. Makanan yang Mengandung Lemak Omega-6

Jenis makanan yang mengandung minyak kedelai dan jagung, seperti menu diet Western, biasanya kaya dengan lemak omega-6. Menu diet Western juga biasanya mengandung omega-3, contohnya pada ikan dan kenari. Adanya ketidakseimbangan jumlah omega-3 dan omega-6 pada makanan dapat menyebabkan terjadinya peradangan yang semakin memperparah jerawat.

  1. Cokelat

Cokelat dianggap sebagai makanan penyebab jerawat sejak zaman dahulu. Namun, hingga saat ini, belum ada kesepakatan yang dicapai terkait hal tersebut. Sebagian survei yang dilakukan secara informal mengaitkan konsumsi cokelat dengan meningkatnya risiko seseorang mengalami jerawat.

Sebuah studi terbaru menunjukkan, pria yang mengonsumsi 25 gram dark chocolate setiap hari cenderung memiliki masalah dengan jerawat. Ada juga yang menyebutkan, makan cokelat dapat meningkatkan reaktivitas sistem imun bakteri penyebab jerawat.

Baca juga : Bahan Alami Untuk Mengatasi Jerawat

  1. Whey Protein

Whey protein adalah suplemen yang biasa digunakan sebagai bahan diet tinggi protein yang sangat populer di kalangan olahragawan. Jenis kelompok makanan ini kaya dengan glutamine dan amino acids leucine. Asam amino ini dapat menyebabkan sel kulit berkembang dan terpisah lebih cepat. Hal ini dianggap berpengaruh pada proses terbentuknya jerawat.

Nah, asam amino yang terdapat pada tepung whey protein dapat merangsang tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak. Inilah sebabnya, jerawat tumbuh subur. Hubungan antara jerawat dan konsumsi whey protein telah dibuktikan melalui beberapa studi pada atlet pria.

  1. Makanan yang Menimbulkan Alergi

Makanan dapat menyebabkan peradangan melalui alergi. Hal ini juga dikenal sebagai reaksi hipersensitif yang tertunda. Alergi makanan terjadi karena kesalahpahaman sistem imun yang menganggap makanan tertentu berbahaya sehingga menciptakan imun untuk melawannya.

Untuk mengetahui jenis makanan yang memicu pertumbuhan jerawat, Anda perlu melakukan diet eliminasi, yaitu membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi untuk sementara, supaya mengetahui penyebab atau pemicu alergi.

Nah, demikian 7 jenis makanan penyebab jerawat yang sebaiknya dihindari agar kulit tetap mulus. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi Beauty Golds dari Harvest Supplement untuk membantu mengatasi jerawat maupun bekas jerawat. Selamat mencoba.

Baca juga : Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Back to Articles