Categories: Artikel Kesehatan

Pilihan Makanan Untuk Memperlancar Persalinan Normal

Trisemester ketiga merupakan fase penting bagi ibu hamil untuk memastikan kebugaran tubuh tetap terjaga sampai masa persalinan tiba. Kebugaran ini bisa diperoleh melalui pilihan makanan untuk memperlancar persalinan normal. Selain pilihan makanan, persiapannya juga harus didukung latihan fisik dan pernapasan.

Baca juga : 7 Keluhan Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Pelaksanaan pemilihan makanan dan latihan fisik yang tepat akan sangat membantu ibu hamil menjalani kontraksi yang lancar saat persalinan normal. Akan tetapi, terdapat pula hal-hal yang harus dihindari menjelang persalinan normal. Simak uraiannya berikut ini.

Hal Yang Harus Dihindari Menjelang Persalinan Normal

  1. Stres yang Berlebihan

Dalam kondisi tidak hamil saja stres yang berlebihan akan berdampak negatif pada psikologis diri. Apabila stres ini dialami ibu hamil, dampaknya bisa jauh lebih buruk. Salah satunya menyebabkan kelahiran berisiko hingga mengalami keguguran. Hindari stres dengan latihan relaksasi yang cukup demi menyempurnakan tubuh dan pikiran.

  1. Porsi Olahraga yang Tidak Sesuai

Berolahraga secara rutin jelas sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh ibu hamil dan menunjang perkembangan janin. Tapi porsi olahraga yang terlalu ketat dan berlebihan justru membahayakan. Ingatlah untuk melakukan kombinasi dan variasi pada tahapan usia kehamian tertentu.

Baca juga : Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

  1. Mengerjakan Tugas yang Berlebihan

Tubuh yang lelah karena menopang kandungan sebaiknya tidak lagi dibebani dengan aktivitas yang menguras pikiran. Menjelang perkiraan waktu persalinan, cuti melahirkan bisa sangat berguna untuk menenangkan pikiran dan menyiapkan persalinan normal secara maksimal. Ibu hamil sebaiknya juga berbagi beban tugas-tugas di rumah dengan anggota keluarga yang lain.

  1. Komunikasi Tidak Lancar dengan Dokter

Proses persalinan normal sering kali menimbulkan kecemasan berlebihan yang mendorong tingginya risiko stres. Terlebih kalau ibu hamil terlalu banyak bertukar informasi tentang proses persalinan. Masalahnya tidak informasi bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Oleh karena itu, optimalkan komunikasi dan konsultasi dengan dokter sebagai sumber terpercaya agar solusi kecemasan yang diperoleh lebih akurat.

  1. Melupakan Peran Suami

Perasaan bersemangat bisa terwujud dalam berbagai cara. Tidak ada salahnya jika ibu hamil sangat antusias mengikuti kelas-kelas senam atau yoga sesuai anjuran dokter. Aktivitas berkumpul dan bertukar informasi dengan teman-teman yang lebih berpengalaman pun bukan ide buruk untuk dijalani. Akan tetapi, mengingat kestabilan mood dan risiko keletihan, ibu hamil sebaiknya tidak melupakan peran suami. Justru dukungan dari suamilah yang akan sangat dibutuhkan ketika mereka mendampingi ibu melakukan persalinan normal.

Makanan yang Baik untuk Persalinan Normal

Sangat jelas bahwa hal-hal yang harus dihindari menjelang persalinan normal berhubungan dengan kesiapan mental dan fisik. Terlebih bagi ibu hamil yang akan melahirkan anak pertama. Kestabilan mental mutlak diperlukan agar tidak mudah terjebak dalam kecemasan yang berlebihan.

Dari segi fisik, ibu hamil juga harus didukung oleh asupan makanan yang dapat memperlancar proses persalinan normal. Sesegera mungkin setelah ibu mendapatkan kepastian waktu persalinan, susunlah program menu makanan yang bisa memberikan lebih banyak tenaga ketika persalinan tiba.

Baca juga : Vitamin yang Wajib Dikonsumsi di Masa Kehamilan

Beberapa pilihan makanan yang dapat memperlancar persalinan normal, antara lain:

  1. Sup

Dengan kandungan nutrisi yang kaya, sup bening dari kaldu ayam atau daging bisa menjadi pilihan terbaik. Ibu bisa menambahkan sayuran dan tahu untuk memperkaya rasa. Sup bisa disimpan di kulkas untuk dihangatkan kembali menjelang proses persalinan.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung omega-3 yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh ibu dan perkembangan janin. Variasikan kandungan omega-3 dengan pilihan menu lain seperti bayam, kedelai, dan telur. Untuk pilihan ikan, ibu juga bisa menggantinya dengan ikan lele.

  1. Roti

Selain nasi, menu kaya karbohidrat juga bisa diperoleh dari roti tawar. Oleskan dengan selai buah untuk memperkaya rasa dan mencukupi kebutuhan energi.

Baca juga : Posisi Tidur Terbaik Untuk Ibu Hamil Muda

  1. Olahan Serealia (Cereals)

Cereals merupakan salah satu sumber kalori yang mudah dikonsumsi. Tenaga ibu akan tercukupi dengan pilihan rasa cereals yang cukup beragam.

  1. Buah-Buahan

Buah-buahan memiliki banyak kandungan yang cocok dikonsumsi menjelang proses persalinan normal. Tenaga yang ibu butuhkan bisa diperoleh dari kandungan karbohidrat, mineral, dan vitamin. Pilihan buahnya juga cukup beragam, yakni alpukat, apel, dan pisang. Sebaliknya, hindari konsumsi buah bercita rasa asam seperti jeruk dan anggur.

Baca juga : Rahasia Bayi Sehat & Cerdas

  1. Yoghurt

Dengan kandungan karbohidrat dan protein, yoghurt bisa menjadi pilihan lain untuk menambah energi. Camilan ini juga praktis dan mudah diselipkan dalam tas ketika waktu persalinan sudah dekat. Untuk memperkaya rasa, sajikanlah yogurt dengan buah-buahan segar atau kacang-kacangan.

  1. Biskuit

Sama seperti yoghurt, camilan biskuti merupakan penyelamat yang praktis dan mengandung kebutuhan energi ibu hamil. Usahakan memilih biskuit tanpa rasa, seperti biskuit susu atau biskuit gandum. Biskuit yang asin atau terlalu banyak krim justru bisa menimbulkan rasa mual yang mengganggu, bahkan bisa pula memicu hipertensi sementara.

Dengan memperhatikan berbagai persiapan di atas, persalinan normal tentunya akan lebih nyaman dijalani. Untuk mencukupi nutrisi ibu hamil dan janin yang sedang dalam kandungan, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin tambahan seperti Bio Strath. Bio Strath dilengkapi dengan 61 nutrisi yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya, serta membantu menjaga kadar hemoglobin pada ibu hamil. Selain siap secara mental, pilihan makanan untuk memperlancar persalinan normal juga akan memastikan kebutuhan energi tetap tercukupi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

Baca juga : Waspada Resiko Anemia Pada Ibu Hamil

Back to Articles

Share
Published by
Harvest Supplement

Recent Posts

  • Artikel Kesehatan

Pilihan Makanan Untuk Sahur Yang Sehat

Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari. Bagi umat muslim, berpuasa selama satu bulan penuh menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan…

2 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Bunda, Begini Cara Memandikan Bayi yang Perlu Anda Perhatikan

Memandikan bayi yang baru lahir merupakan kegiatan yang mendebarkan bagi kedua orang tua. Karena masih sangat rentan dan peka, Anda…

2 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Rahasia Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tubuh Tetap Fit

Sudah siapkah Anda menyambut Ramadan tahun ini? Tentu banyak yang sudah tidak sabar untuk segera merasakan atmosfer Ramadan yang  khas…

2 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Tips Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma

Jumlah dan kualitas sperma yang rendah dapat menghambat Anda untuk memiliki keturunan. Dalam dunia medis, kondisi tersebut dinamakan oligospermia. Produksi…

2 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Fakta Seputar Pompa ASI, Amankah untuk Sang Bunda?

ASI merupakan makanan pertama yang sekaligus menjadi nutrisi penting bagi bayi yang baru lahir. Pasalnya, cairan ini memiliki banyak kandungan…

2 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Pilihan Menu Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan Anda

‎Berpuasa salama satu bulan penuh di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan setiap umat muslim. Puasa sendiri merupakan…

2 tahun ago