Categories: Artikel Kesehatan

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun, Apa Yang Salah?

Memiliki berat badan ideal tentu menjadi dambaan setiap orang, baik perempuan maupun laki-laki. Selain alasan kesehatan, berat badan yang ideal juga akan sangat menunjang penampilan kita. Karenanya, banyak orang rela melakukan program penurunan berat badan dengan berbagai cara, dari yang alami sampai operasi. Tak jarang beberapa dari kita bahkan sampai melakukan diet ekstrim demi memiliki tubuh proporsional.

Sayangnya, masih banyak orang yang menjalani program diet secara sembarangan. Hal inilah yang sering menjadi penyebab berat badan yang tak kunjung turun.

Nah, kira-kira apa saja sih kesalahan diet yang paling sering dilakukan?

  1. Mengurangi Asupan Nutrisi Mikro

Karena fokus ingin menurunkan berat badan secepat mungkin, kebanyakan orang malah melakukan kesalahan diet dengan mengurangi asupan nutrisi mikro seperti vitamin, dan mineral. Padahal kedua komponen tersebut justru sangat berguna dalam menjaga tubuh tetap fit selama diet berlangsung.

Contoh makanan yang paling banyak dihindari saat diet adalah telur, susu, dan keju. Padahal semua tak jadi masalah selama makanan tersebut memiliki kandungan lemak yang rendah. Jika masih ragu-ragu, konsultasikan saja dengan dokter atau ahli gizi kepercayaan Anda.

  1. Melewatkan Sarapan

Kesalahan umum diet yang sering dilakukan orang-orang adalah melewatkan sarapan. Ingat, diet bukan berarti tidak boleh makan. Melewatkan sarapan justru akan membuat metabolisme tubuh melambat dan terjadinya perubahan hormon tertentu yang akan makin memperlambat proses penurunan berat badan.

Sarapan juga akan sangat membantu Anda dalam berkonsentrasi. Penuhi asupan gizi Anda dengan mengonsumsi kacang-kacangan, gandum, sereal, susu, atau buah-buahan saat pagi. Makanan tersebut diketahui mengandung nutrisi yang cukup untuk membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh.

  1. Salah Mengonsumsi Suplemen

Ada banyak sekali suplemen tambahan untuk diet yang bisa dibeli di pasaran, dari yang berbentuk kapsul sampai teh diet, baik herbal maupun kimia. Salah mengonsumsi suplemen dapat mengganggu proses diet, bahkan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Lebih baik, pilihlah yang aman, bersertifikasi BPOM, dan tidak menimbulkan efek samping pada tubuh; karena jika Anda memiliki tubuh yang ideal namun terkena banyak penyakit dari suplemen diet yang Anda konsumsi, semua usaha anda akan sia-sia bukan?

  1. Terlalu Fokus pada Angka

Tentu salah satu tujuan Anda berdiet adalah menurunkan/menaikkan berat badan agar tercapai tubuh ideal. Namun, terlalu fokus pada angka di timbangan merupakan salah satu kesalahan diet yang paling banyak dilakukan, yang justru akan membuat program diet berantakan.

Tahukah Anda bahwa untuk mendapatkan badan yang ideal, komposisi tubuh Anda sangatlah berperan. Contohnya, seseorang dengan berat badan 50kg dan 20% body fat akan jauh terlihat lebih gemuk dibandingkan dengan seseorang yang memiliki berat badan 50kg dengan 15% body fat.

Selain asupan nutrisi, ada banyak faktor lain yang ikut menentukan kelancaran diet, seperti perubahan hormon dalam tubuh dan stres, terutama pada wanita. Akan lebih baik jika Anda juga belajar mengelola stres agar perubahan hormonal yang terjadi tidak mengganggu diet.

  1. Tidur Telat

Siapa sangka, tidur juga punya pengaruh besar terhadap sukses tidaknya program diet kita? Tidur larut dipercaya dapat menyebabkan rasa lapar pada tengah malam. Nah, keinginan makan yang tak bisa ditahan ini tentu akan merusak diet yang sedang dijalani. Oleh karenanya, usahakan untuk tidak tidur terlalu larut, ya!

  1. Kesalahan dalam Berolahraga

Olahraga sangat diperlukan selama diet berlangsung. Namun, terlalu banyak berolahraga juga berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah menyebabkan stres. Solusinya, berolahragalah secara rutin, misalnya 3-4 kali dalam seminggu. Sejauh ini, cardio masih dianggap sebagai olah tubuh paling bagus untuk siapa saja yang sedang berdiet.

Baca juga : Diet Sehat Bukan Berarti Menyiksa Tubuh!

  1. Menghindari Karbohidrat Sepenuhnya

Selain lemak, zat lain yang paling sering dituduh sebagai pemicu naiknya berat badan adalah karbohidrat. Tak heran kalau banyak orang rela menyingkirkan asupan karbohidrat dari daftar menu makannya.

Nah, tahukah Anda kalau sebenarnya hal tersebut justru keliru? Tubuh memerlukan diet dengan porsi seimbang, dan tidak memberi asupan karbohidrat yang cukup pada tubuh hanya akan memperlambat proses metabolisme yang akhirnya berujung pada berat badan yang tak kunjung turun.

Mengurangi porsi karbohidrat tentu dapat membantu proses penurunan berat badan, namun perlu diingat bahwa tubuh tetap memerlukan karbohidrat untuk menjalani aktifitas sehari-hari, terlebih untuk Anda yang melakukan banyak aktifitas fisik.

Nah, itu dia daftar kesalahan diet yang umum dilakukan oleh banyak orang. Jangan lupa menerapkan ketujuh tips di atas agar mendapat berat badan ideal, ya!

Back to Articles

Share
Published by
Harvest Supplement

Recent Posts

  • Artikel Kesehatan

Pilihan Makanan Untuk Sahur Yang Sehat

Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari. Bagi umat muslim, berpuasa selama satu bulan penuh menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Bunda, Begini Cara Memandikan Bayi yang Perlu Anda Perhatikan

Memandikan bayi yang baru lahir merupakan kegiatan yang mendebarkan bagi kedua orang tua. Karena masih sangat rentan dan peka, Anda…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Rahasia Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tubuh Tetap Fit

Sudah siapkah Anda menyambut Ramadan tahun ini? Tentu banyak yang sudah tidak sabar untuk segera merasakan atmosfer Ramadan yang  khas…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Tips Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma

Jumlah dan kualitas sperma yang rendah dapat menghambat Anda untuk memiliki keturunan. Dalam dunia medis, kondisi tersebut dinamakan oligospermia. Produksi…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Fakta Seputar Pompa ASI, Amankah untuk Sang Bunda?

ASI merupakan makanan pertama yang sekaligus menjadi nutrisi penting bagi bayi yang baru lahir. Pasalnya, cairan ini memiliki banyak kandungan…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Pilihan Menu Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan Anda

‎Berpuasa salama satu bulan penuh di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan setiap umat muslim. Puasa sendiri merupakan…

1 tahun ago