penyebab susah buang air besar

Makanan dan Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Susah BAB

Anda sering mengalami susah buang air besar? Waspadalah; gangguan pencernaan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Awalnya, hanya menimbulkan rasa tidak nyaman di area perut. Jika dibiarkan, dapat memicu beragam penyakit berbahaya.

Menurut Kepala Nephrology Memphis VA Medical Centre Amerika Serika, Csaba Pal Kovesdy, seseorang yang susah buang air besar berisiko terkena penyakit ginjal. Ia pun menemukan fakta, serangan konstipasi bisa menimbulkan peradangan di saluran cerna.

Hasil studi Harvard Medical School memperlihatkan, sebagian pasien konstipasi meninggal dunia saat menjalani perawatan di rumah sakit. Bahkan, menurut American Gastroenterological Associatio, sekitar 16 persen orang Amerika menderita sembelit kronis.

Baca juga : 15 Tanda Penyakit Sembelit Kronis 

Lantas, apa saja sebenarnya penyebab susah buang air besar? Berikut ini penjelasannya.

7 Penyebab Susah Buang Air Besar Pada Orang Dewasa

  1. Sedikit Minum Air Putih

Air memiliki peranan penting dalam melancarkan metabolisme di dalam tubuh. Pasalnya, zat ini mengandung mineral yang berfungsi sebagai katalisator penyeimbang. Pun mampu menyokong kinerja enzim agar lebih maksimal.

Tubuh membutuhkan sekitar 5 persen mineral setiap hari. Jika jumlahnya kurang dari itu, Anda bisa terserang berbagai macam penyakit, termasuk konstipasi (susah buang air besar). Dilansir dari webmd.com, The Institute of Medicine’s Food and Nutrition menganjurkan konsumsi air putih 8 gelas sehari untuk mencegah konstipasi.

Mengapa harus 8 gelas? Karena salah satu kandungan mineral di dalam air putih adalah seng. Senyawa tersebut mampu melembutkan feses dan melancarkan pencernaan.

  1. Sering Menahan Buang Air Besar

Anda sering menunda BAB? Hati-hati; kebiasaan ini bisa menjadi salah satu penyebab susah buang air besar. Seperti kisah yang dituturkan dalam WomensHealthMag.com, seorang remaja berumur 16 tahun, Emily Titterington, meninggal karena kerap menahan BAB.

Akibatnya, Emily tidak bisa buang air besar selama seminggu. Kondisi ini membuat ususnya membesar. Lambat laun, pembesaran organ itu menekan bagian jantung yang berujung pada kematian.

Kebenaran peristiwa tersebut diungkapkan oleh Ahli patologi Amanda Jeffery. Ia mengatakan, usus Emily terlihat membesar dan padat. Tentu Anda tidak ingin tertimpa hal serupa, bukan? Mulai sekarang, jangan pernah menunda BAB, ya.

  1. Kelebihan Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Senyawa ini bisa didapatkan dari beberapa makanan, semisal nasi, kentang, dan ubi. Namun, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dapat menyebabkan susah BAB.

Hal itu karena karbohidrat mengandung pati atau amilum. Zat tersebut tidak dapat larut di dalam air. Jika mengonsumsinya tanpa diimbangi makanan berserat, bisa membuat feses bertekstur padat. Dampak yang terjadi; Anda menjadi sulit BAB.

  1. Duduk Terlalu Lama

Saat Anda duduk, terjadi penekanan di bagian rektum oleh otot puborectalis. Akibatnya, antara rektum dan anorektal membentuk sudut 90o. Inilah yang bisa menyebabkan feses tertahan atau tersumbat.

Coba bayangkan, berapa banyak feses yang tersumbat ketika Anda duduk terlalu lama? Dilansir dari cnnindonesia.com, sebuah penelitian menunjukkan adanya korelasi antara duduk dan penyakit kardiovaskular. Untuk mencegah gangguan kesehatan tersebut, seimbangkan antara aktivitas di balik meja dengan gerak aktif di lapangan.

  1. Sering Mengonsumsi Daging

Anda gemar mengonsumsi daging? Makanan ini mengandung protein yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh. Pun bisa menjadi sumber energi utama.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi protein bisa menimbulkan dampak negatif. Salah satunya menyebabkan penyakit susah buang air besar atau sembelit. Hal ini karena tidak ada kandungan serat alami di dalam daging.

Akibatnya, daging lebih sulit dicerna oleh usus. Sisa-sisa pencernaan tersebut berubah menjadi tinja. Jika konsumsinya berlebihan, tinja menumpuk di ujung saluran metabolisme. Inilah yang menyebabkan Anda terserang konstipasi.

  1. Kelebihan Makanan Berlemak

Siapa sih yang tidak suka makanan berlemak? Santapan tersebut memiliki cita rasa enak dan lezat. Meski begitu, Anda harus membatasi konsumsinya.

Makanan berlemak hanya sedikit mengandung serat. Tanpa serat, proses metabolisme di dalam tubuh tidak bisa berjalan lancar. Terlalu banyak konsumsi makanan berlemak diketahui dapat menjadi salah satu penyebab susah buang air besar pada orang dewasa.

  1. Jarang Olahraga

Kapan terakhir kali Anda berolahraga? Orang yang melakukan aktivitas gerak tubuh secara rutin cenderung lebih kebal terhadap penyakit. Sebaliknya, jika jarang olahraga, bisa terserang berbagai jenis gangguan kesehatan.

Salah satu gangguan kesehatan akibat kurang olahraga adalah buang air besar tidak lancar. Ahli saluran pencernaan University of New South Wales, Profesor Terry Bolin mengungkapkan, konstipasi dipengaruhi kinerja saraf dan otot di organ metabolisme. Karena itu, hal ini harus diatasi dengan rajin berolahraga.

Demikian ulasan mengenai makanan dan kebiasaan yang kerap menjadi penyebab utama susah buang air besar. Mulai sekarang, Anda harus belajar menerapkan pola hidup sehat. Selain memperbanyak konsumsi buah dan sayuran berserat, Anda dapat juga meminum Oyama Slim Tea yang berguna untuk melancarkan pencernaan secara alami. Semoga bermanfaat!

Back to Articles