Merusak kesuburan pria

6 Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Merusak Kesuburan Pria

Anda telah melewati waktu bertahun-tahun mencoba untuk memiliki sang buah hati, jadi ketika Anda akhirnya menjadi seorang ayah atau suami, Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa memiliki anak tidaklah semudah yang Anda bayangkan sebelumnya.

1 dari 8 pasangan mengalami kesulitan hamil. Dan 1 dari setiap 3 kasus, masalahnya adalah pada pria, menurut organisasi kesuburan nasional Resolve.

“Jumlah sperma normal telah menurun dalam beberapa dekade terakhir,” kata Ajay Nangia, M.B.B.S., seorang profesor urologi di University of Kansas Medical Center yang mengkhususkan diri pada infertilitas pria.

Baca juga : Susah Punya Anak? Inilah Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Kurangnya kesuburan pada pria bisa disebabkan oleh hal-hal yang tampaknya tidak berbahaya yang menjadi kebiasaan sehari-hari.

6 Kebiasaan Buruk yang dapat Merusak Kesuburan Pria :

  1. Permasalahan Waktu Tidur

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, pria yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam memiliki 31% lebih kecil kemungkinan mendapatkan bayi daripada pria yang tidur selama 7 sampai 8 jam.

Kurang tidur dapat menurunkan produksi hormon testosteron Anda, yang sangat penting untuk produksi sperma.

Akan tetapi, tidur lebih dari 9 Jam setiap malamnya juga menunjukkan tingkat keseburan yang lebih rendah. Jadi usahkan untuk tidur 7 sampai 8 jam setiap malanya untuk menjaga kesuburan pria.

Jika tuntutan kerja mengambil paksa waktu tidur Anda tanpa bisa dihindari, Anda tetap bisa mempertahankan kesuburan dengan mengonsumsi suplemen herbal Harvest Valeo yang berasal dari ekstrak Purwoceng, pasak bumi dan Gingseng Korea secara rutin dan teratur.

merusak kesuburan pria

  1. Membawa Smartphone Pada Saku Celana

Siapa sangka bahwa smartphone dapat merusak kesuburan pria? Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini membuktikan bahwa, paparan ponsel berpengaruh langsung pada sedikitnya jumlah sperma dan kemampuannya untuk bergerak. Radiasi yang dipancarkan dari telepon bisa menyebabkan kerusakan DNA pada sperma. Panas dari telepon genggam bisa menaikkan suhu di dalam skrotum Anda dan menghambat produksi sperma, kata periset.

  1. Menggunakan Pelumas Yang Salah

Merk populer seperti K-Y dan Astroglide ternyata dapat menghambat motilitas sperma Anda, atau kemampuan sperma untuk berenang secara efisien ke arah telur untuk pembuahan, berdasarkan sebuah studi tahun 2014 tentang Fertility & Sterility.

Pelumas memang tetap aman digunakan selama Anda tidak program untuk hamil, pelumas bisa bertindak sebagai penghalang spermisida. Tapi tetap saja, Anda seharusnya tidak menggunakan pelumas sebagai alat kontrasepsi.

Pelumas juga mengandung asam klorida, pengawet yang bisa membunuh sperma.

  1. Kurang Mengonsumsi Ikan

Peneliti dari Harvard mempelajari diet dan kualitas semen (air mani) dari 155 pria, mereka menemukan bahwa orang yang makan ikan lebih banyak, terutama ikan kaya omega-3 seperti salmon dan tuna, memiliki jumlah sperma lebih tinggi dan sehat, daripada mereka yang mengonsumsi ikan lebih sedikit.

Di sisi lain, pria yang makan daging olahan, seperti bacon, hotdog, dan salami, memiliki jumlah sperma terendah dan tidak normal, dibandingkan dengan pria yang kurang mengonsumsi daging olahan.

Daging olahan bisa menurunkan hormon reproduksi seperti testosteron, sedangkan asam lemak omega-3 dalam ikan mendorong terbentuknya sperma sehat, kata periset.

Kebiasaan buruk yang merusak kesuburan pria - Alkohol

  1. Minuman Beralkohol

Penelitian terbaru juga membuktikan, terlalu banyak minuman beralkohol akan menurunkan kadar testosteron, menurunkan jumlah sperma, dan sedikitnya jumlah sperma yang sehat.

Minum 25 gelas (sloki) atau lebih minuman per minggu dikaitkan dengan penurunan kualitas sperma yang signifikan. Diungkapkan dalam suatu studi di Denmark, pria yang menenggak 40 gelas per minggu memiliki jumlah sperma 33 persen lebih rendah dan terdapat 51 persen sel sperma yang kurang sehat dibandingkan mereka yang hanya minum 1 sampai 5 gelas seminggu.

“Alkohol adalah toksin,” kata para ahli. Dan otak Anda bukanlah satu-satunya bagian tubuh yang akan merasakan dampak buruknya, alkohol juga dapat menurunkan kadar testosteron Anda, yang dapat melukai produksi sperma Anda.

  1. Konsumsi Minuman Soda

Orang yang minum lebih dari satu gelas soda manis sehari memiliki motilitas (kemampuan bergerak) sperma yang lebih rendah daripada mereka yang jarang atau tidak pernah meminumnya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Human Reproduction.

Makan atau minum terlalu banyak gula dapat menyebabkan resistensi insulin, suatu kondisi dimana sel Anda tidak dapat mengambil glukosa dari darah Anda dan menggunakannya untuk energi. Hal ini dapat menyebabkan peradangan, yang bisa menghambat bagaimana sperma Anda bergerak, kata periset.

Kebiasaan minum soda membuat Anda gemuk, yang juga menimbulkan masalah tersendiri bagi keseburan. Terlalu banyak lemak mendorong tubuh Anda untuk memproduksi lebih sedikit testosteron dan lebih banyak estrogen, yang buruk untuk kesuburan Anda.

Jaringan lemak ekstra di sekitar paha dan selangkangan juga bisa menaikkan suhu di dalam skrotum Anda. Itu bisa menciptakan lingkungan yang terlalu hangat yang juga bisa merusak kesuburan pria.

Memiliki seorang anak merupakan dambaan bagi kebanyakan orang tua, namun kebiasaan buruk seperti hal diatas yang dapat merusak kesuburan pria harus dihindari agar tidak menghambat proses untuk mendapatkan anak.

Back to Articles