Diabetes Test

Gymnema Sylvestre, Alternatif Alami dan Manjur Untuk Mengobati Diabetes

Diabetes yang dulu merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia usia menengah saat ini telah merambah menjadi penyakit yang juga diderita oleh generassi muda. Pola makan, faktor luar, gaya hidup, dan faktor lain sangat berpengaruh dalam peningkatan resiko diabetes.

Penyakit ini menyerang pankreas, yaitu organ yang bertanggung jawab untuk produksi hormon insulin. Hormon insulin berperan dalam pengaturan dan pengolahan gula darah. Diabetes dapat merambah ke organ lain dan mengakibatkan terjadinya komplikasi bila tidak ditangani dengan segera, oleh sebab itu banyak kemudian bermunculan berbagai pengobatan untuk menormalkan kembali fungsi tubuh, baik itu secara kimia maupun secara herbal.

Dalam 100 tahun terakhir konsumsi gula oleh masyarakat modern meningkat secara drastis yang kemudian menimbulkan berbagai keluhan yang diakibatkan oleh ketidak seimbangan kadar gula dalam darah, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, hiperaktif pada anak, insomnia, dan bahkan kelelahan.

Gymnema Sylvestre Untuk Mengobati Diabetes Secara Alami

Bagi yang mendambakan kesembuhan tanpa melalui pengobatan kimia yang beresiko terhadap kinerja ginjal, Gymnema sylvestre merupakan salah satu solusi. Banyak orang masih merasa asing dengan nama tersebut dikarenakan kurangnya publikasi mengenai khasiat tumbuhan ini.

Hal tersebut sangat disayangkan mengingat khasiatnya yang langsung bekerja pada pembuluh darah untuk menormalkan kadar gula darah dan membantu mendukung sitem kerja pankreas. Khasiat dari tumbuhan ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu oleh bangsa India dikenal sebagai “Gurmar” atau sugar destroyer. Berawal dari penemuan bahwa mengunyah daun ini dapat menekan kemampuan untuk merasakan rasa manis di mulut.

Gymnema Sylvestre Untuk Mengobat Diabetes Secara Alami
Gymnema Sylvestre

Gymnema sylvestre mengandung asam gymnemic, yang telah terbukti berperan dalam melambatkan transpotasi glukosa dari sistem pencernaan (usus) ke pembuluh darah. Hal tersebut membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar hemoglobin A1c.

Penelitian juga membuktikan bahwa daun Gymnema sylvestre dapat membantu dalam proses perbaikan dan regenerasi sel-sel pankreas. Proses tersebut dapat membantu tubuh untuk memproduksi insulin yang efektif bagi penderita diabetes tipe 1 dan 2.

Gymnema Sylvestre & Diabetes Tipe 2

Dalam sebuah penelitian, 22 orang dengan diabetes tipe 2 setiap harinya diberikan 400 mg ekstrak Gymnema Sylvestre. Hasilnya, partisipan mengalami penurunan kadar gula darah, hemoglobin A1c, dan level glycosolated protein plasma.

Lebih jauh lagi, pada akhir penelitian selama 18 bulan, partisipan dapat mengurangi penggunaan obat-obatan kimia yang diresepkan. 5 dari 22 partisipan dapat secara efektif menjaga kadar gula darah hanya dengan mengkonsumsi ekstrak Gymnema sylvestre saja. Riset menyimpulkan bahwa “sel beta kemungkinan telah beregenerasi pada pasien diabetes tipe 2 dengan mengkonsumsi ekstrak Gymnema sylvestre sebagai tambahan.”

Gymnema Sylvestre & Diabetes Tipe 1

Pada penelitian lain, pasien yang memiliki diabetes tipe 1 yang merupakan insulin-dependent, diberikan ekstrak Gymnema Sylvestre sebanyak 400mg setiap harinya. Setelah 10-12 bulan konsumsi, hasil menunjukkan adanya beberapa peningkatan, diantaranya yaitu; penurunan kadar gula darah puasa, hemoglobin A1c, dan kadar glycosylated plasma protein. Selain itu, konsumsi insulin juga dikurangi.

Mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh dengan mengkonsumsi ekstrak Gymnema sylvestre, sudah saatnya kita beralih ke pengobatan yang lebih ramah dan alami seperti Glucoscare Tea yang merupakan teh herbal untuk diabetes yang terbuat dari ekstrak Gymnema Sylvestre.

Bukan saja memberikan khasiat yang cukup menjanjikan jika dikonsumsi secara rutin, tetapi juga mengurangi resiko terjadinya gagal ginjal dan resiko komplikasi lain yang disebabkan oleh obat-obatan kimia.

Meskipun demikian, dosis yang tepat dan konsumsi yang cukup belum tentu menjanjikan hasil yang baik jika tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat dan olahraga yang akan sangat berpengaruh terhadap percepatan penyembuhan.

Back to Articles