gejala penyakit jantung

Penyebab & Gejala Penyakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui

Dalam dunia kesehatan, penyakit jantung (umum disebut jantung koroner) merupakan penyakit yang disebut-sebut sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Bahkan statistik dari Federasi Jantung Dunia menyebut sebanyak 1,8 juta jiwa di Asia Tenggara melayang akibat serangan jantung.

Jantung koroner terjadi akibat kerusakan pada pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung. Lama kelamaan, kolesterol yang menumpuk pada pembuluh darah ditambah peradangan akan memicu keluhan kesehatan ini.

Pada umumnya, gejala penyakit jantung cukup mudah dikenali. Kolesterol yang menumpuk akan membuat pembuluh darah menyempit, akibatnya suplai oksigen dan aliran darah yang menuju jantung menjadi terhambat. Nah, kurangnya pasokan darah ini akan berujung pada rasa nyeri dan sesak pada dada. Jika aliran oksigen dan darah ke jantung terblokir total, maka akan terjadi serangan jantung.

Berdasarkan tingkat penghambatan aliran darah dan oksigen, penyakit jantung koroner sendiri ternyata terbagi menjadi dua jenis, yaitu angin duduk (angina) dan serangan jantung.

Gagal Jantung

Anda tentu sering mendengar istilah di atas, bukan? Gagal jantung merupakan suatu kondisi medis yang diakibatkan oleh minimnya suplai darah dan oksigen ke jantung, sehingga organ vital tersebut tidak mampu memompa darah secara maksimal. Jika terjadi dalam jangka waktu lama, cairan akan terkumpul di paru-paru dan menyebabkan penderitanya mengalami sesak napas. Nah, hal inilah yang dinamakan dengan gagal jantung.

gejala penyakit jantung yang harus kamu ketahui

Gejala Penyakit Jantung

Pada beberapa kondisi, penyakit jantung tidak bisa dikenali secara instan, bahkan orang yang terlihat segar bugar pun berpotensi mengalami serangan jantung. Namun, Anda patut waspada jika mulai sering merasakan nyeri pada dada atau sesak napas.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, angin duduk pun harus diwaspadai. Ciri-cirinya adalah dada terasa berat, nyeri seperti diremas, atau pada beberapa hal bahkan penderita sampai mengalami efek terbakar pada dada bagian dalam.

Baca juga : 8 Tanda Peredaran Darah Anda Tidak Lancar

Penyebab Penyakit Jantung

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya serangan jantung, selain kurangnya penerapan pola hidup sehat, beberapa faktor bawaan lain berikut juga cukup ikut berpengaruh:

  • Keturunan

Studi menunjukkan mereka yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit jantung terbukti berisiko mengalami hal serupa di kemudian hari.

  • Usia

Makin bertambah usia seseorang, makin rentanlah ia terhadap penyakit jantung koroner. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa 4 dari 5 lansia di atas 65 tahun meninggal akibat jantung koroner.

  • Jenis Kelamin

Siapa sangka, jenis kelamin juga sangat berpengaruh terhadap rentan tidaknya seseorang akan penyakit jantung. Disebutkan bahwa pria lebih berisiko mengalami gagal jantung ketimbang wanita.

lari pagi untuk mencegah gejala penyakit jantung

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Setiap orang punya potensi yang sama untuk terkena penyakit jantung. Meski demikian, Anda tetap bisa meminimalisasinya dengan menerapkan pola hidup sehat seperti:

  • Berhenti merokok
  • Rajin berolahraga, terutama jalan pagi
  • Pertahankan berat badan ideal (tidak terlalu gemuk atau kurus)
  • Rutin melakukan cek tekanan darah
  • Mengonsumsi makanan sehat, terutama sayur dan buah-buahan yang bagus untuk kesehatan jantung
  • Hindari makanan asin dan berlemak
  • Konsultasi dengan dokter secara berkala, terlebih jika Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat sakit jantung
  • Konsumsi suplemen tambahan untuk kesehatan jantung jika diperlukan
  • Hindari alkohol dan minuman keras lainnya

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Jantung?

Penyakit jantung secara umum tidak bisa disembuhkan, tapi Anda tetap bisa meringankan gejala dan rasa nyerinya dengan mengubah pola hidup sehat, rutin memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung, serta minum obat sesuai anjuran tenaga medis.

Baca juga : Pola Makan Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung

Jika tidak bisa disembuhkan, apa gunanya berobat? Jangan pesimis dulu, pengobatan penyakit jantung berfungsi untuk mencegah terjadinya serangan jantung yang sering datang tiba-tiba. Setidaknya dengan berobat Anda bisa menikmati waktu lebih lama bersama orang tercinta.

Nah, itu dia seputar gejala penyakit jantung, penyebab, serta pencegahannya. Semoga bermanfaat!

Back to Articles