Gejala Diabetes Pada Wanita

Gejala Diabetes Pada Wanita yang Perlu Anda Ketahui!

Diabetes, baik tipe 1 ataupun tipe 2 dapat dialami oleh pria dan wanita. Namun, ternyata wanita cendrung lebih beresiko menderita penyakit ini. Menurut Kementerian Kesehatan, resiko diabetes pada wanita yang berlebihan berat badan adalah 12,9%, sedangkan pria 10%. Terlebih lagi, level obesitas sentral pada wanita adalah 42,1%, jauh diatas pria yang hanya 11,3% saja. Tentunya, obesitas dan diabetes memiliki interelasi yang cukup kuat dan berpengaruh pada kesehatan.

Faktor Penyebab Diabetes pada Wanita

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan resiko seorang wanita terkena diabetes. Bukan hanya dari satu faktor saja, namun dari kombinasi pola makan yang buruk dan gaya hidup yang tidak sehat, yang mungkin anda alami! Nah, berikut ini adalah beberapa faktor penyebab diabetes pada wanita yang perlu Anda ketahui

  • Berusia 45 tahun ke atas
  • Memiliki berat badan yang berlebihan—menurut kategori Body Mass Index (BMI)
  • Riwayat diabetes oleh orang tua
  • Pernah melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg
  • Pernah mengalami gula darah tinggi (gestational diabetes)
  • Memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Kadar kolesterol dalam tubuh yang terlalu tinggi
  • Kurang berolahraga
  • Mengalami masalah kesehatan yang terkait dengan kurangnya hormon
  • Pernah mengalami penyakit jantung

Semakin banyak faktor-faktor yang dimiliki, semakin besar pula resiko seseorang terkena diabetes.  Tentunya ada faktor yang tidak dapat Anda dihindari, seperti riwayat diabetes dalam keluarga dan penyakit turunan lainnya, tetapi sebagian besar adalah faktor-faktor yang disebabkan oleh gaya hidup Anda sendiri!

Baca juga : Gejala dan Penyebab Penyakit Jantung

Mengatur pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur merupakan cara alami untuk menjaga kadar gula di dalam darah yang dapat anda lakukan sehari-hari. Anda juga dapat mengkonsumsi Glucoscare Diabetic Tea, teh herbal yang bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

Baca juga: Alternative Alami untuk Diabetes

Gejala Diabetes pada Wanita

Gejala diabetes yang umum dialami adalah rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, dan luka yang tidak kunjung sembuh. Selain gejala umum tersebut, ternyata ada juga gejala diabetes pada wanita yang perlu Anda ketahui!

  • Sariawan dan Infeksi Ragi

Penderita diabetes mengalami penurunan kekebalan tubuh sehingga dapat menyebabkan sariawan dan infeksi jamur ragi (yeast) pada organ kewanitaan. Sariawan terjadi karena cairan ludah penderita diabetes mengandung gula, yang menyebabkan berkembangnya jamur.

Baca juga: Penyebab Keputihan Tidak Normal yang Perlu Anda Ketahui

  • Infeksi Saluran Kemih

Karena adanya penurunan daya tahan tubuh, infeksi saluran kemih (ISK) bisa saja terjadi. Diabetes menyebabkan tubuh kekurangan sel darah putih dan sel T yang berfungsi untuk melawan infeksi bakteri, virus, dan jamur.

ISK/Urinary Tract Infection (UTI) terjadi saat bakteri  masuk ke dalam saluran urin. Infeksi tersebut dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil. Jika tidak ditindak lanjutki, ISK dapat berakibat buruk pada kesehatan ginjal Anda.

  • Disfungsi Kemampuan Seksual

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan neuropati diabetik, yaitu kerusakan pada sistem saraf. Kerusakan tersebut menyebabkan rasa gatal atau kehilangan rasa di beberapa bagian tubuh, misalnya tangan, kaki, dan kemaluan. Sebagai akibatnya, area kewanitaan menjadi kurang peka sehingga menurunkan keinginan orang bersangkutan untuk berhubungan seksual.

  • Sindrom Ovarium Polikistik

Gejala diabetes lain yang hanya muncul pada wanita adalah sindrom ovarium polikistik. Sindrom ini terjadi ketika kelenjar adrenal memproduksi lebih banyak hormon laki-laki. Gejala dari sindrom ini adalah siklus menstruasi yang tidak teratur, depresi, berat badan bertambah, dan berjerawat.

Sindrom ini juga dapat menyebabkan resistensi insulin, suatu kondisi ketika pankreas mampu memproduksi hormon insulin secara normal, tetapi sel-sel tubuh tidak bisa menyerap gula secara normal.

Sekian faktor penyebab dan gejala diabetes pada wanita yang perlu Anda waspadai. Jagalah pola makan dan gaya hidup yang sehat, serta hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan jika Anda mengalami banyak faktor penyebab diabetes di atas.

Back to Articles