penyakit eksim atau eksem adalah

Mengenal Penyakit Eksim : Penyebab, Gejala, & Cara Mengatasinya

Eczema atau Eksim adalah peradangan pada kulit yang membentuk warna kemerahan, terasa gatal, berupa gelembung cairan, dan terjadi penebalan. Bahkan, kerap memunculkan pigmentasi dan pengerasan kulit. Meski begitu, eksim bukanlah penyakit menular.

Melalui disertasinya, dr. Niken Trisnowati, MSc.Sp.KK memaparkan, angka kejadian dermatitis atopik pada anak-anak mencapai 15-30 persen. Sementara itu, prevalensi orang dewasa sekitar 2-10 persen. Menurutnya, penyakit tersebut kerap kali kambuh dengan indikasi gatal dan ruam di permukaan kulit.

Berdasarkan studi mayoclinic.org, serangan dermatitis atopik bisa disertai demam atau penyakit asma. Jika dibiarkan, eksim tersebut bisa menyebar ke seluruh tubuh. Pun menyebabkan koreng yang sulit dihilangkan.

4 Macam Eksim

Ada empat macam eksim yang biasa menyerang kulit, yaitu dermatitis atopik, dermatitis kontak, stasis, dan numular. Dari keempat jenis tersebut, eksim stasis tergolong paling kronis. Umumnya, menjangkiti pembuluh vena di kaki bagian bawah.

Apa Penyebab Eksim?

Sebagian besar orang mengira, eksim adalah penyakit kulit menular. Padahal, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Para ahli dermatologi meyakini bahwa serangan eksim dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungan.

Menurut studi dr. Niken Trisnowati, MSc.Sp.KK., eksem terjadi akibat dampak genetik respons imunologis. Hal ini meningkatkan sensitisasi yang ditengahi immunoglobulin E. Di sisi lain, doktor dari Universitas Gajah Mada itu mengungkapkan, faktor lingkungan pun berpengaruh terhadap serangan eksem.

Mengenai penyebab eksem secara detail, berikut ini hasil penelitian yang dilansir dari situs nationaleczema.org.

  • Kulit Kering dan Iritasi 

Banyak faktor yang menyebabkan kulit kering, salah satunya penggunaan sabun secara berlebihan. Di satu sisi, sabun memang bisa melembapkan dan menghaluskan kulit. Namun, terlalu sering memakainya, justru mengakibatkan lapisan minyak berkurang.

Baca juga : 5 Cara Alami Mengatasi Kulit Berminyak

Hal itu mengakibatkan permukaan kulit menjadi bersisik, kasar, gatal, dan berwarna kemerahan. Jika tidak diatasi, eksem bisa timbul secara bertahap.

Penyebab eksem lainnya adalah iritasi akibat pemakaian produk tertentu. Semisal, sabun cair untuk badan, detergen, dan sampo. Eksim juga bisa timbul karena makanan seperti sayuran, daging, serta jus buah.

  • Kondisi Emosi Tidak Stabil

Meski hubungan antara eksem dan emosi belum diketahui secara pasti, ini bisa menjadi salah satu pemicunya. Eksem akan bertumbuh seiring dengan gejala stres yang dialami seseorang. Menurut studi Jonathan Silverberg, MD., eksem bisa memicu gaya hidup buruk pada penderita gangguan emosional.

  • Perubahan Cuaca dan Kelembapan Yang Ekstrem

Suhu lingkungan sangat berpengaruh terhadap serangan eksem. Mungkin, kulit Anda baik-baik saja ketika berada di kawasan tropis. Namun, berpindah ke daerah subtropis bisa membuat tekstur kulit menjadi kering, kemerahan, dan terasa gatal.

  • Alergi dan Infeksi

Paparan debu, makanan, serta serangan bakteri Staphylococcus aureus bisa menyebabkan eksem atopik. Penggunaan kosmetik yang tidak tepat pun dapat mengakibatkan alergi di kulit. Karena itu, Anda harus waspada dalam memakai sebuah produk.

Baca juga : Daftar Kandungan Berbahaya Dalam Produk Kecantikan

  • Perubahan Hormon

Ketika Anda terserang stres, otak akan memproduksi hormon kortisol. Hormon inilah yang menyebabkan kulit tidak bisa menahan air. Akibatnya, muncul kulit kering, peradangan, dan berujung pada gejala eksem.

Bagaimana Gejala Awal Penyakit Eksem?

Eksem biasanya menyerang bagian lengan, lutut, tangan, kaki, dan wajah. Bisa juga menjangkiti leher hingga dada. Gejalanya ditandai dengan gatal-gatal pada anggota tubuh tertentu dan beberapa indikasi berikut ini.

  • Kulit mulai terlihat kering, kasar, dan bersisik.
  • Lambat laun, muncul ruam kemerahan atau kecokelatan.
  • Pada gejala eksem basah, terdapat gelembung yang mengeluarkan cairan bening saat pecah. Bekasnya bisa menjadi koreng atau melepuh.
  • Permukaan kulit menebal dan cenderung retak.
  • Terlihat perbedaan warna siginifikan antara kulit sehat dan terkena eksem.

Baca juga : Tips Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Cara Mengobati Eksim secara Alami

Eksim adalah penyakit ringan yang bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dan sederhana. Meski begitu, serangan eksem dapat terjadi kapan pun tanpa Anda harapkan. Sebagai referensi pengobatan, berikut ini ada 3 tips mengatasi eksem secara alami.

  • Oleskan Minyak Kelapa Organik pada Eksem

Minyak kelapa mengandung vitamin E dan asam laurat. Kedua zat tersebut bisa mengurangi gatal akibat eksem sekaligus menyembuhkan secara bertahap. Cukup dengan mengoleskan 2-4 sendok makan, gejala eksem dapat diredakan.

  • Menggunakan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya mengandung zat antiinflamasi dan antimikroba yang bisa meredakan sensasi gatal di permukaan kulit. Jika dioleskan secara teratur, dapat menyembuhkan eksem.

Baca juga : Mengatasi Jerawat Secara Alami

  • Minyak Almond

Minyak almond kaya akan vitamin E sehingga mampu menyembuhkan eksem. Zat ini pun bisa mengembalikan bentuk permukaan kulit seperti semula.

Demikian penjelasan mengenai penyebab, gejala, dan cara mengobati eksem. Jagalah kebersihan, kesehatan psikis, maupun fisik untuk mencegah serangan eksem pada kulit.

Back to Articles