Diabetes Tipe 2

Gejala dan Pengobatan Diabetes Tipe 2 Secara Alami

Diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit yang banyak diderita oleh orang di seluruh dunia. Menurut World Health Organization, ada 422 juta orang yang terkena diabetes di seluruh dunia. Sekitar 90% dari jumlah tersebut merupakan kasus diabetes tipe 2. Sementara berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, di Indonesia pada tahun 2013 terdapat sekitar 12 juta orang yang menderita penyakit ini.

Baca juga: Diabetes Mellitus, Sebuah Trend Masa Kini?

Gejala Diabetes Tipe 2

Jumlah penderita yang cukup banyak menunjukkan bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling harus diwaspadai di Indonesia. Salah satu caranya yakni dengan memahami gejala dan pengobatannya. Berikut adalah gejala diabetes melitus yang perlu Anda ketahui: 

  1. Merasa haus dan lapar secara berlebihan

Hal ini terjadi karena tubuh tidak mendapatkan energi sekalipun penderita diabetes sudah makan.

  1. Sering buang air kecil

Disebabkan oleh ginjal yang berusaha untuk membuang gula berlebihan di dalam darah. Urin penderita diabetes pun bisa terasa manis.

  1. Rasa lelah sepanjang hari, sekalipun telah beristirahat dengan cukup

Tentunya, rasa lelah ini akan berdampak secara langsung pada performa dan aktivitas Anda sehari-hari. Banyak orang yang mengkaitkan hal ini dengan kelebihan berat badan dan obesitas, yang menjadi fenomena psikologis dan fisiologis seseorang.

  1. Penurunan berat badan tanpa sebab yang pasti

Hal ini disebabkan oleh kurangnya kadar Insulin dalam tubuh untuk meregulasikan kadar gula di dalam darah untuk menjadi energi. Saat hal ini terjadi, tubuh akan membakar lemak, sehingga terjadi penurunan berat badan pada penderita Diabetes.

  1. Luka pada tubuh yang tidak kunjung sembuh

Banyak hal yang dalam tubuh yang terpengaruh oleh kadar gula yang terlalu tinggi, seperti sirkulasi darah yang tidak baik, diabetic neuropathy, dan turunnya daya tahan tubuh.

  1. Pandangan mata menjadi kurang jelas atau buram.

Dalam jangka panjang, kadar gula yang berlebihan di dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah di belakang mata Anda! Selain itu, terdapat beberapa kondisi yang berbahaya, seperti diabetic retinopathy, katarak, dan glaucoma.

Baca juga: 10 Gejala Diabetes Tipe 1 yang Harus Anda Sadari!

Apabila Anda mengalami gejala di atas, waspadai gula darah yang terlalu tinggi. Karena gejala di atas memang mirip dengan diabetes tipe 1, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu tipe diabetesnya.

Dalam diabetes tipe 2, pankreas seharusnya masih bisa memproduksi hormon insulin. Artinya, asalkan gula darah dijaga agar tetap berada pada level normal, tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi, yang dimaksud dengan penyembuhan diabetes adalah mengembalikan kadar gula darah ke level normal.

4 Tanaman Herbal Untuk Mengobati Diabetes Tipe 2

Ada beberapa obat yang digunakan untuk penderita diabetes, di antaranya metforminsulfonilureapioglitazone, dan gliptin. Ada juga pengobatan alami yang juga cukup efektif dalam membantu menyembuhkan diabetes. Pengobatan alami tersebut memanfaatkan bahan herbal berikut :

  1. Kayu manis

Kayu manis telah digunakan dalam pengobatan alami sejak ratusan tahun silam. Menurut penelitian ini, kayu manis berperan dalam menurunkan kadar glukosa darah puasa (fasting blood glucose). Anda dapat menggunakan kayu manis sebagai bahan ramuan herbal ataupun memanfaatkannya sebagai bumbu masakan.

Baca juga: Manfaat Kayu Manis untuk Diabetes

  1. Teh hijau

Teh hijau adalah pilihan natural yang baik untuk menjaga kesehatan, termasuk untuk penderita diabetes. Teh tersebut kaya akan polifenol yang berperan aktif sebagai antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan utama dalam teh hijau tergolong ke dalam Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang berperan dalam meningkatkan kemampuan tubuh mengontrol glukosa darah.

Glucoscare Diabetic Tea, produk teh herbal yang mengkombinasikan teh hijau dengan Gymnema Sylvestre, yang berguna untuk mencegah penyerapan gula di dalam tubuh. Sangat baik untuk orang Indonesia yang mengonsumsi nasi setiap hari, yang sebenarnya mengandung gula yang cukup tinggi.

Baca juga: Gymnema Sylvestre, Alternative Alami untuk Cegah dan Obati Dibetes

  1. Mahkota dewa

Mahkota dewa terkenal sebagai bahan herbal dari Asia yang sangat kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Anda dapat merebus lima buah mahkota dewa yang telah dicuci bersih. Gunakan 5 gelas air putih, rebus sampai airnya tinggal setengah. Minum air rebusan tersebut hingga 3 kali sehari.

  1. Daun salam

Sering dipakai sebagai bumbu masakan Indonesia, daun salam ternyata juga bermanfaat besar dalam menurunkan kadar gula darah. Daun tersebut kaya akan flavonoid dan antioksidan. Nutrisi lain yang ada dalam daun tersebut adalah vitamin A, vitamin C, rutin (sejenis senyawa flavonoid), asam salisilat, dan fitonutrien.

Baca juga: Manfaat Pare untuk Diabetes

Sekianlah informasi seputar gejala dan pengobatan diabetes tipe 2 secara alami yang wajib untuk Anda perhatikan. Dengan menyadari bahaya Diabates Tipe 2 sejak usia dini, Anda dan keluarga akan memiliki masa depan yang lebih bahagia.

Back to Articles