Pengaruh Internet Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Teknologi internet ibarat pisau bermata dua bagi para orang tua. Di satu sisi, teknologi ini membawa banyak arus informasi yang sangat bermanfaat dalam mendidik anak. Namun, di sisi lain, internet juga memiliki dampak negatif. Nah, karena itu, Anda harus jeli dalam mengatur penggunaan internet oleh buah hati.

Dampak Positif dan Negatif Internet Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Berikut adalah pengaruh positif dan negatif dari penggunaan internet terhadap tumbuh kembang anak, serta apa yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua.

Pengaruh Positif Internet

Internet memiliki banyak pengaruh positif terhadap perkembangan anak asalkan dimanfaatkan dengan benar. Berikut adalah beberapa manfaat besar internet yang bisa menunjang perkembangan buah hati Anda.

  • Menjadi sarana belajar

    Internet dapat berfungsi sebagai sarana belajar. Penyebabnya, sekarang ini telah ada banyak kelas yang diselenggarakan secara Buah hati Anda dapat mendaftarkan diri ke kelas-kelas online atau MOOC, baik pelajaran yang dibutuhkan di sekolah seperti matematika atau pelajaran lain yang dirasa perlu.

  • Menyediakan informasi bermanfaat

    Bukan hanya belajar melalui kelas-kelas online, buah hati Anda dapat belajar banyak hal dari informasi di internet. Asalkan Anda tahu situs-situs tepercaya yang cocok bagi anak, informasi yang ada memiliki manfaat tinggi untuk perkembangan intelektual anak. Informasi tersebut dapat berupa bacaan, gambar, ataupun video.

  • Meningkatkan kreativitas anak

    Internet menyediakan berbagai konten bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas anak, misalnya musik atau permainan edukasi.

  • Menjadi hiburan untuk anak

    Internet juga bisa menjadi hiburan untuk anak-anak. Mereka dapat mendengarkan musik, menonton film anak, atau membaca cerita anak. Adanya hiburan tersebut sangat penting bagi perkembangan anak karena dapat menyegarkan pikiran mereka.

dampak positif dan negatif internet terhadap anak

Dampak Negatif Internet

Dampak positif dan negatif internet terhadap perkembangan anak sering kali tak bisa dipisahkan. Meskipun ada banyak pengaruh baiknya, ada saja pengaruh buruk internet yang harus diwaspadai, di antaranya sebagai berikut.

  • Dapat menyebarkan informasi buruk

    Tidak semua informasi yang ada di internet berpengaruh baik bagi perkembangan anak. Ada saja informasi yang berakibat buruk, misalnya bahasa yang tidak sopan dan sikap yang tidak patut dicontoh.

  • Adanya konten yang tidak sesuai untuk anak

    Misalnya konten yang khusus untuk orang dewasa atau bahkan pornografi. Konten tersebut berpengaruh buruk terhadap anak-anak.

  • Mengurangi kegiatan sosial anak

    Terlalu lama menggunakan internet dapat membuat anak-anak lupa untuk berinteraksi dan bermain dengan orang-orang di sekitarnya. Kalau terjadi secara terus-menerus, anak-anak dapat berkembang menjadi orang yang antisosial.

  • Membuat anak melupakan waktu

    Konten di internet memang sering kali sangat menarik sehingga buah hati Anda mungkin saja menghabiskan sebagian besar waktunya untuk internetan. Kalau hal ini terjadi, mereka bisa saja lupa akan hal-hal lain yang penting seperti makan, mandi, dan belajar.

  • Terpapar radiasi sinar biru

    Radiasi sinar biru yang dipancarkan oleh layar perangkat seperti telepon pintar, komputer, laptop, atau tablet tidak baik bagi kesehatan. Dampak dari sinar biru ini dikatakan bisa menyebabkan kerusakan mata bahkan kebutaan.

Apa yang Harus Dilakukan Oleh Orang Tua?

Mengingat adanya dampak positif dan negatif internet terhadap perkembangan anak, orang tua perlu berhati-hati dalam memberikan akses internet kepada anak.

Pertama, orang tua perlu untuk memberikan jadwal. Misalnya, dalam sehari, buah hati hanya diperkenakan untuk internetan dua kali, masing-masing setengah jam. Aturan ini sangat penting, terutama kalau tujuan internetan hanya untuk hiburan, bukan sebagai sarana belajar.

Kedua, orang tua perlu menggunakan fitur kebijakan privasi jaringan internetnya. Orang tua dapat mengatur situs mana saja yang dilarang untuk dikunjungi oleh anak-anak. Blok situs-situs tersebut dari jaringan internet Anda sehingga buah hati tidak bisa lagi mengunjunginya.

Ketiga, lakukan pengawasan terhadap aktivitas anak di internet. Anda bisa mengecek riwayat situs yang dikunjungi oleh buah hati dan mencari tahu apakah ada aktivitas yang kurang baik. Terakhir, yang tak boleh Anda lupakan, buatlah si kecil mengerti pentingnya menggunakan internet secara bijak.

Itulah dampak positif dan negatif internet bagi perkembangan anak. Kalau internet berhasil dimanfaatkan dengan baik, buah hati pun dapat menjadi semakin cerdas. Apalagi kalau Anda juga menerapkan kebiasaan baik lain seperti makan dan tidur dengan teratur, membiarkan si kecil aktif secara fisik, dan memberinya asupan suplemen seperti Bio Strath yang bisa mencerdaskan otak.

Artikel terkait : Panduan Lengkap Mendidik dan Membesarkan Anak 

Back to Articles