cara merawat wajah berjerawat

Ikuti Tips Ini Untuk Merawat Wajah Kamu Yang Jerawatan

Anda kurang percaya diri karena memiliki wajah berjerawat? Ingin masalah kulit tersebut segera tuntas?

Sebagian orang sering kali menganggap jerawat sebagai masalah besar. Fakta ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas Bath Washington Amerika Serikat. Melalui Jurnal Health Psychology, mereka menyampaikan bahwa pengidap jerawat enggan mengikuti berbagai aktivitas fisik.

Hasil riset Jerry Tan MD, pakar dermatologi University of Western Ontario Kanada, pun mengungkapkan adanya penurunan kepercayaan diri pada penderita jerawat. Penelitian Jerry Tan MD membuktikan; sekitar 25 persen dari 4.000 responden remaja menyatakan ingin bunuh diri karena masalah jerawat.

Baca juga : Bagaimana Cara Menghilangkan Mata Panda Dengan Cepat?

5 Cara Merawat Wajah Berjerawat

Terlepas dari riset tersebut, banyak cara merawat wajah berjerawat agar tetap terlihat bersih dan segar. Tak perlu ke salon atau melakukan perawatan mahal. Tips-tips berikut ini pun bisa menuntaskan masalah jerawat secara cepat.

  1. Merawat Wajah Berjerawat dengan Produk Khusus

Kulit wajah berjerawat tergolong sensitif. Keliru dalam memakai produk kecantikan, bisa membuat kondisinya semakin parah. Karena itu, pastikan memilih rangkaian acne series untuk perawatan harian.

Apa pun merek produk yang Anda pilih, prinsipnya bisa membersihkan hingga menyembuhkan jerawat. Semisal, untuk cuci muka, menggunakan scrub dan sabun wajah free oil. Kemudian, sebagai penyembuh radang akibat jerawat, memakai krim gel salicylic acid.

Untuk mengurangi minyak di wajah berjerawat, Anda bisa memakai produk dengan kandungan mentimun. Sebagai pelembap, gunakan skin care yang mengandung teh hijau atau lidah buaya.

Baca juga : Cara Alami Mengatasi Kulit Berminyak

  1. Hindari Kosmetik Berikut Ini

Sebenarnya, Anda harus menghindari pemakaian riasan saat wajah berjerawat. Menurut dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK., penggunaan make up mesti menunggu hingga jerawat hilang. Namun, Beliau menambahkan; ada kosmetik tertentu yang tidak boleh diaplikasikan pada wajah berjerawat.

Nah, sebagai rambu-rambu, berikut ini ada lima jenis kosmetik yang harus dihindari saat wajah berjerawat.

  • Bedak Padat

Salah satu keuntungan memakai bedak padat, yaitu kulit wajah terlihat sempurna. Tekstur bedak yang sangat rapat, halus, dan padat mampu menutupi apa pun bentuk kekurangan di wajah Anda.

Namun, hindari bedak padat saat wajah penuh jerawat. Pasalnya, bedak semacam ini bisa menyumbat pori-pori. Sebaiknya, gunakan bedak tabur dengan kandungan asam salisil atau sulfur.

Baca juga : Penyebab Timbulnya Komedo Pada Wajah

  • Pemutih Wajah

Menggunakan produk pemutih wajah saat berjerawat justru menimbulkan peradangan. Hal itu karena kulit yang ditumbuhi jerawat cenderung sensitif. Jadi, Anda harus berhati-hati dalam memilih kosmetik untuk wajah.

  • Pelembap yang Mengandung Alkohol

Saat diterapkan ke wajah, pelembap yang beralkohol memang terasa dingin dan segar. Namun, tindakan itu bisa memperparah kondisi jerawat. Menurut studi dr. James E. Fulton, pakar dermatologi asal Amerika Serikat, kosmetik berbahan alkohol dan wewangian harus dihindari ketika wajah berjerawat.

  • Produk dengan Kandungan Benzoyl Peroxide

Zat Benzoyl Peroxide bisa Anda temukan dalam produk acne series. Secara ilmiah memang terbukti mampu mengecilkan jerawat. Namun, penggunaan yang tidak sesuai dosis dapat menyebabkan iritasi, radang, serta pengelupasan kulit.

Baca juga : Kandungan Berbahaya Dalam Berbagai Jenis Produk Kecantikan

  1. Menjaga Kebersihan Wajah dan Tangan

Cara merawat wajah berjerawat harus dimulai dari kebiasaan sepele. Salah satunya adalah menjaga kebersihan wajah. Pastikan, Anda mencuci wajah secara rutin agar kotoran yang menempel bisa dibersihkan.

Hal yang tidak kalah penting, yaitu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. Meski terlihat bersih, debu dan kotoran pasti melekat di tangan. Karena itu, bersihkan dengan menggunakan sabun antiseptik setelah beraktivitas.

  1. Jangan Memijit Jerawat

Jerawat di wajah Anda terasa gatal? Apalagi, bintik merah tersebut baru muncul. Sensasi gatalnya pasti semakin parah.

Namun, jangan pernah menekan atau menggaruk jerawat yang gatal. Tindakan tersebut bisa membuat jerawat memerah dan meradang. Untuk meredakan gejalanya, minumlah obat jerawat tradisional.

Salah satu obat tradisional yang bisa Anda konsumsi adalah Beauty Golds. Produk ini merupakan pengobatan alami dari dalam tubuh untuk mengatasi masalah jerawat.

Baca juga : Tips Menghilangkan Bekas Jerawat

  1. Mengurangi Konsumsi Susu

Susu merupakan minuman bernutrisi tinggi yang menjadi pelengkap dalam menu 4 sehat 5 sempurna. Kandungan lemak, protein, dan kalorinya sangat dominan sehingga bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Namun, sebuah penelitian dalam British Medical Journal mengemukakan fakta; susu bisa memperparah kondisi jerawat. Pasalnya, di dalam susu terkandung hormon androgen. Inilah hormon yang memproduksi kelenjar minyak.

Semakin sering mengonsumsi susu, produksi sebum pasti bertambah. Sebum tersebut akan menumpuk pada folikel rambut dibawah kulit. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan jerawat kian meradang.

Itulah 5 cara merawat wajah berjerawat yang bisa Anda terapkan. Supaya jerawat cepat sembuh, lakukan juga  perawatan dari dalam. Misalnya dengan mengonsumsi obat jerawat tradisional. Semoga bermanfaat!

Back to Articles