cara menurunkan diabetes secara alami

7 Langkah Menurunkan Diabetes Tanpa Obat Obatan

Anda buang air kecil dengan frekuensi yang lebih sering, kerap merasa lapar, sakit kepala, hingga pandangan memudar? Itulah beberapa gejala diabetes yang acapkali tidak disadari. Kekurangan hormon insulin dan ketidakmampuan tubuh dalam mengendalikannya adalah penyebab utama diabetes. Simak beberapa cara menurunkan diabetes secara alami yang dapat Anda terapkan sendiri dirumah berikut ini.

Menurut studi International Diabetes Federation (IDF), jumlah pengidap diabetes di Indonesia tergolong tinggi, kurang lebih 8,5 juta orang. Penyakit ini menyerang seseorang yang berusia 20-79 tahun. Berdasarkan riset mereka, sebagian besar penderitanya tidak menyadari kehadiran gejala diabetes.

Baca juga : Apakah Keturunan Diabetes Lebih Berisiko Terkena Diabetes?

Cara Menurunkan Diabetes Secara Alami

Lantas, bagaimana tips mengatasi diabetes? Anda dapat menggunakan beberapa jenis tumbuhan untuk menyembuhkan penyakit ini. Namun, semua itu perlu didukung dengan metode lain. Sebagai rekomendasi, berikut ini ada 7 tips menurunkan kadar gula darah secara alami yang mudah diterapkan.

  1. Mengonsumsi Bawang Putih untuk Menurunkan Gula Darah

Bawang putih tumbuh subur di kawasan Asia Tengah selama kurang lebih 7.000 tahun. Bangsa Mesir kuno kerap menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan atau pengobatan.

Jika dikonsumsi secara rutin, bawang putih mampu menurunkan kadar gula darah. Pasalnya, umbi ini mengandung zat sulfoxide. Kandungan tersebut bisa meningkatkan sensitivitas insulin serta membantu penyembuhan infeksi.

Selain itu, bawang putih juga mengandung allicin dan allyl propyl disulfide. Kedua zat tersebut bisa menghambat penghentian insulin di hati. Supaya kadar gula darah cepat menurun, bawang putih harus dikonsumsi secara langsung. Minimal, Anda mampu mengonsumsi tiga siung bawang putih sekali makan.

Baca juga : Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Diabetes

  1. Mengendalikan Asupan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa organik yang menjadi sumber kalori bagi tubuh. Dalam kondisi normal, karbohidrat berfungsi sebagai penambah energi, materi pembangun, serta menjaga keseimbangan asam basa.

Sebaliknya, jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa memperparah penyakit diabetes. Menurut Prof. Dr. dr. I Made Djaja, SKM, Msc dari Universitas Indonesia, karbohidrat menjadi penyebab utama diabetes. Mengurangi asupan karbohidrat dapat menjadi salah satu cara menurunkan diabetes yang ampuh.

Studi ilmuwan dari Columbia University dan Boston Children’s Hospital mengungkapkan, untuk menurunkan kadar gula darah, karbohidrat harus disantap saat akhir sesi makan. Semisal, diawali makan sayuran dan telur, selang 10 menit diikuti konsumsi kentang.

Baca juga : Benarkah Memanaskan Nasi di Rice Cooker dapat Memicu Diabetes?

  1. Minum Ramuan Daun Kemangi secara Rutin

Anda pernah melihat tumbuhan dengan bunga di tandan tegak, berdaun hijau, dan beraroma wangi? Itulah ciri-ciri tanaman kemangi yang berasal dari India. Daunnya tidak hanya dijadikan bumbu dapur, tetapi juga obat diabetes alami.

Laura Shane-Mcwhorter, penulis buku The American Diabetes Association: Guide to Herbs and Nutritional Supplements, mengungkapkan bahwa daun kemangi mampu meningkatkan sekresi insulin. Jika minum air rebusan daun tersebut secara teratur, kadar gula darah akan menurun secara cepat.

  1. Lakukan Olahraga secara Teratur

Olahraga membantu sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin. Karena sensitivitas meningkat, kadar gula darah cenderung menurun. Secara bertahap, gejala diabetes pun bisa dikendalikan.

Olahraga paling ringan yang bisa dilakukan adalah joging. Dengan gerakan kaki dan tangan secara menyeluruh, kalori dalam tubuh terbakar. Michelle May MD, penulis buku Eat What You Love, olahraga selama 45 menit bisa menurunkan gula darah hingga 155 mg/dl.

Baca juga : Gejala Diabetes pada Wanita

  1. Turunkan Kadar Gula Darah dengan Obat Herbal

Salah satu solusi terampuh untuk menurunkan kadar gula darah adalah dengan mengonsumsi ramuan tradisional. Semisal, Sanodia; obat herbal diabetes yang diramu secara khusus. Dengan komposisi ekstrak kayu manis, pare, dan biji mahoni; Sanodia mampu meningkatkan kinerja insulin. Sementara itu, kandungan parenya membantu menyeimbangkan gula darah di dalam tubuh.

Baca juga : Manfaat Kayu Manis untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

  1. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Makan buah dan sayur lebih banyak bisa membantu pencegahan diabetes. Pun mampu meningkatkan insulin di dalam tubuh. Beberapa sayuran yang dapat Anda konsumsi, antara lain kol, brokoli, kacang-kacangan, serta bayam.

Buah-buahan juga bisa mengatasi diabetes secara alami. Semisal, buah naga; kandungan vitamin C di dalamnya sangat tinggi. Karena itu, mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan kadar glukosa.

  1. Atur Pola Istirahat Anda

Cobalah menghitung, berapa jam Anda tidur dalam sehari? Untuk ukuran orang dewasa, minimal harus istirahat selama 8 jam per hari. Meski begitu, kualitas tidurlah yang menentukan kesehatan tubuh.

Jadi, saat tubuh terasa sangat lelah, pejamkan mata dan istirahatkan otak. Berdasarkan riset peneliti dari University of Chicago, sebagian besar penderita diabetes memiliki pola tidur yang buruk. Mereka cenderung kesulitan dalam mengendalikan penyakitnya.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa kadar gula bisa meningkat hingga 23 persen jika kurang tidur. Menurut mereka, salah satu cara tidur nyenyak adalah dengan mengurangi stres.

Itulah beberapa cara menurunkan diabetes secara alami yang bisa diterapkan di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Gejala dan Pengobatan Diabetes Tipe 2

Back to Articles