Categories: Artikel Kesehatan

Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cara Alami

Darah tinggi atau yang dikenal juga dengan hipertensi merupakan penyakit yang banyak ditemui di kalangan masyarakat Indonesia, ditandai dengan tekanan darah di arteri meningkat.

Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Mungkin anda tertarik membaca : Mengenal Hipertensi

Darah tinggi biasanya diwariskan secara genetika. Namun gaya hidup juga merupakan faktor utama yang bisa memicu penyakit ini. Hipertensi pada kalanngan kesehatan barat dikenal dengan istilah “silent killer” karena jarang memiliki gejala yang jelas, satu-satunya cara untuk mengetahui tekanan darah adalah dengan melakukan pengukuran tekanan darah.

Hipertensi terbagi menjadi hipertensi primer (esensial) atau hipertensi sekunder. Sekitar 90–95% kasus tergolong “hipertensi primer“, yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas. Kondisi lain yang mempengaruhi ginjal, arteri, jantung, atau sistem endokrin menyebabkan 5-10% kasus lainnya (hipertensi sekunder).

Penyebab darah Tinggi

Selain karena faktor genetik seperti yang disebutkan diatas, terdapat juga faktor lain yang bisa menjadi penyebab tekanan darah tinggi. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan hipertensi.

Faktor Usia

Seiring pertambahan usia, metabolisme dan daya tahan tubuh juga menjadi semakin berkurang. Elastisitas pembuluh darah juga mengalami penurunan, sehingga akan cenderung mengalami penyempitan pembuluh darah, akibatnya tekanan darahpun ikut meningkat.

Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi pemicu gejala hipertensi. Fakta menyebutkan bahwa beberapa orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas memiliki resiko hipertensi lebih besar daripada yang lainnya. (R. Brian Hayens, Frans H. H. Leenen, dan Eddy Soetrisno, 2000). Orang yang gemuk, jantungnya bekerja lebih keras dalam memompa darah. Hal ini dapat dipahami karena biasanya pembuluh darah orang-orang yang gemuk terjepit kulit yang berlemak. Keadaan ini diduga dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah.

Faktor Makanan

Jenis makanan yang dikonsumsi juga menjadi faktor utama yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Makanan dengan kadar garam yang tinggi, makanan berlemak, makanan yang diawetkan seperti sarden,  kornet, ikan asin dan lain sebagainya, benar-benar harus dihindari, terutama bagi yang memiliki riwayat hipertensi.

Faktor Stres

Tubuh akan memproduksi hormon adrenalin berlebih waktu kita stress, dan ini menyebabkan jantung akan memompa darah lebih cepat sehingga tekanan darah pun ikut meningkat.

Mungkin anda tertarik membaca : 5 Tips Menurunkan Kolesterol

Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Jika Anda adalah seorang penderita darah tinggi, mulailah dari sekarang untuk memperhatikan pola hidup sehat dan menjaga makanan yang Anda konsumsi. Berikut adalah tips dari Harvestsupplement.com, cara menurunkan darah tinggi secara alami

  1. Olahraga secara teratur

Berolah raga secara rutin bisa memperkecil resiko hipertensi. Luangkan waktu 30-60 menit tiap harinya, dalam waktu satu minggu Anda bisa melihat penurunan tekanan darah. Lakukan olah raga ringan sampai sedang secara rutin, hindari olah raga berlebihan karna malah akan memperburuk kesehatan Anda, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit hipertensi.

  1. Menurunkan Berat Bada Berlebih

Kelebihan berat badan merupakan faktor utama yang menyebabkan teknanan darah tinggi. Sehingga bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan, menurunkan berat badan merupakan cara cepat menurunkan darah tinggi. Kehilangan berat badan 4.5 kg bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan signifikan. Secara umum, semakin banyak anda kehilangan berat badan, semakin efektif juga anda menurunkan hipertensi.

  1. Berhenti Merokok

Zat Nikotin dalam rokok ternyata bisa meningkatkan tekanan darah sebesar 10 mm Hg bahkan lebih, tepat satu jam setelah merokok. Sehingga merokok sepanjang hari akan mengakibatkan tekanan darah tetap tinggi.

Menghirup asap rokok dari orang lain juga memiliki resiko yang sama terkena hipertensi. Hidup sehat dan terhindar dari  hipertensi, bisa dimulai dengan berhenti merokok.

  1. Makanan Sehat

Untuk mencegah dan mengurangi gejala tekanan darah tinggi, disarankan untuk mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi. Makan yang kaya biji-bijian, susu rendah lamak, sayur dan buah-buahan merupakan cara menurunkan darah tinggi secara alami.

  1. Menggunakan Herbal Alami

Menggunakan obat herbal untuk darah tinggi bisa menjadi cara menurunkan darah tinggi secara alami dan aman. Tapi dalam memilih obat herbal tidak boleh sembarangan, sebaiknya pilih produk yang telah terbukti berkhasiat dan memiliki sertifikasi dari BPOM.

Back to Articles

Share
Published by
Harvest Supplement

Recent Posts

  • Artikel Kesehatan

Pilihan Makanan Untuk Sahur Yang Sehat

Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari. Bagi umat muslim, berpuasa selama satu bulan penuh menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Bunda, Begini Cara Memandikan Bayi yang Perlu Anda Perhatikan

Memandikan bayi yang baru lahir merupakan kegiatan yang mendebarkan bagi kedua orang tua. Karena masih sangat rentan dan peka, Anda…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Rahasia Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tubuh Tetap Fit

Sudah siapkah Anda menyambut Ramadan tahun ini? Tentu banyak yang sudah tidak sabar untuk segera merasakan atmosfer Ramadan yang  khas…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Tips Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma

Jumlah dan kualitas sperma yang rendah dapat menghambat Anda untuk memiliki keturunan. Dalam dunia medis, kondisi tersebut dinamakan oligospermia. Produksi…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

‎Fakta Seputar Pompa ASI, Amankah untuk Sang Bunda?

ASI merupakan makanan pertama yang sekaligus menjadi nutrisi penting bagi bayi yang baru lahir. Pasalnya, cairan ini memiliki banyak kandungan…

1 tahun ago
  • Artikel Kesehatan

Pilihan Menu Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan Anda

‎Berpuasa salama satu bulan penuh di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan setiap umat muslim. Puasa sendiri merupakan…

1 tahun ago