cara meningkatkan daya tahan tubuh

Tips Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Pernahkah Anda mengalami penurunan daya tahan tubuh? Saat kekebalan tersebut melemah, pastinya badan mudah terjangkit gangguan kesehatan. Dari mulai insomnia, terserang flu, gampang lelah, hingga muncul herpes.

Dilansir dari situs ncbi.nlm.nih.gov, ada tujuh organ yang membentuk sistem kekebalan tubuh. Organ tersebut meliputi, selaput lendir di hidung dan tenggorokan, amandel, kelenjar limpa, getah bening, timus, sumsum tulang belakang, usus, selaput di alat vital dan kandung kemih, serta kulit.

Baca juga : Susah BAB? Inilah Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dari hal tersebut, bisa disimpulkan; sebagian besar imun berada di sistem pencernaan. Itulah sebabnya, meningkatkan daya tahan tubuh secara alami harus dimulai dengan menerapkan tips-tips berikut ini.

  1. Tidur Berkualitas

Apakah Anda sering merasa lemas dan kurang bergairah? Kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab utamanya. Hal itu menandakan sistem kekebalan tubuh sedang melemah.

Ketika tidur, sel T yang ada di dalam tubuh bekerja untuk memperbaiki sistem imun. Sel ini melawan berbagai virus dan patogen. Sebaliknya, jika Anda tidak istirahat selama 24 jam, kinerja sel T menjadi terhambat.

Fakta tersebut diungkapkan melalui penelitian di American Journal of Physiology-Regulatory, Integrative and Comparative Physiology. Mereka membuktikan bahwa, tidur nyenyak membantu tubuh dalam membentuk kekebalan tubuh secara natural.

Baca juga : 7 Langkah Menurunkan Diabetes Tanpa Obat Obatan

  1. Mendapat Cukup Sinar Matahari

Anda merasa takut terkena paparan sinar matahari? Mulai sekarang, abaikan rasa itu. Pasalnya, cahaya matahari di jam tertentu sangat bagus untuk mempertahankan kekebalan tubuh.

Pertama, sinar matahari mengandung vitamin D yang bisa mencegah penyakit autoimun dan kanker. Kedua, cahaya ultravioletnya mampu meningkatkan kinerja sel T di dalam tubuh manusia. Penelitian tim Georgetown University Medical Center mengungkapkan bahwa, butuh waktu sekitar 5-10 menit agar sinar tersebut bisa memperkuat imun.

Baca juga : Gejala Asam Urat

  1. Konsumsi Yoghurt

Salah satu organ yang membentuk kekebalan tubuh adalah usus. Untuk meningkatkan imun tersebut, usus membutuhkan probiotik. Umumnya, probiotik berasal dari bakteri Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Yoghurt merupakan minuman berbahan dasar susu yang mengandung Lactobacillus bulgaricus. Karena itu, mengonsumsinya secara rutin bisa mencegah berbagai macam penyakit berbahaya, semisal gagal jantung. Pun mampu meningkatkan kinerja sel NK (Natural Killer); sistem imun terkuat di dalam tubuh.

Baca juga : Tips Merawat Wajah Secara Alami

  1. Mengendalikan Pikiran agar Tidak Stres

Saat Anda stres, tubuh melepaskan hormon glukokortikoid. Pelepasan tersebut bisa terjadi dalam jangka waktu lama. Jika diabaikan, pengeluaran hormon dapat mengganggu kinerja timus sebagai organ yang memproduksi imun.

Selain itu, pun bisa menghambat aktivitas sel T. Menurut riset tim dari Ohio State University, jumlah sel T pada penderita depresi cenderung menurun. Hal itu karena produksi interleukin dan sitokin di dalam tubuh terganggu oleh hormon stres.

Baca juga : Waspada Anemia Pada Ibu Hamil

  1. Hindari Rokok dan Alkohol

Merokok tidak hanya mengganggu kesehatan, tetapi juga bisa menurunkan kekebalan tubuh. Bagaimana hal itu terjadi? Hal ini disebabkan oleh zat nikotin dengan jumlah tinggi yang dikandung rokok.

Beberapa efek negatif nikotin, yaitu meningkatkan detak jantung, menaikkan tekanan darah, serta menyebabkan insomnia. Ketika seseorang terkena insomnia, secara otomatis gelombang otak terus terjaga. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak tidur semalaman bisa melemahkan fungsi sel T.

Akibatnya bisa ditebak; kekebalan tubuh menurun secara signifikan jika kebiasaan merokok diteruskan. Hal itu juga berlaku pada konsumsi alkohol. Senyawa ini mampu menghancurkan sel imun dalam sekejap. Menghindari rokok dan alkohol merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang sangat efektif dan bisa mulai Anda terapkan sekarang juga!

  1. Mengonsumsi Buah yang Mengandung Vitamin C

Anda suka makan jeruk? Buah ini mengandung banyak vitamin C yang bisa meningkatkan aktivitas sel NK. Salah satu fungsi sel NK adalah mencegah serangan penyakit kanker.

Selain sel NK, kinerja neutrofil juga lebih optimal. Sel ini merupakan bagian dari darah putih yang dapat memulihkan dan mencegah infeksi. Vitamin C juga memperkuat limfosit sehingga tubuh mampu mendeteksi keberadaan virus dan bakteri berbahaya.

Lalu, buah apa yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi? Satu buah jambu biji mengandung 200-an mg vitamin C, sedangkan jeruk hanya 59-83 mg. Artinya, Anda bisa mengonsumsi jambu biji sebagai pengganti jeruk.

Baca juga : Cara Membesarkan dan Mendidik Anak

  1. Minum Cukup Air Putih

Anda pernah merasakan letih meski tidak beraktivitas? Salah satu penyebabnya adalah kurang minum air putih. Dilansir dari situs health.harvard.edu, kekurangan cairan bisa mengakibatkan tubuh lemah.

Karena itu, cobalah minum air putih minimal 8 gelas sehari. Kebiasaan ini efektif membentuk sistem imun di dalam tubuh.

  1. Konsumsi Multivitamin Seperti Bio Strath

Mengonsumsi suplemen tambahan seperti Bio Strath yang mengandung 61 nutrisi dan vitamin berbeda juga dapat Anda lakukan jika Anda kurang mendapatkan nutrisi dan vitamin yang cukup setiap harinya. Bio Strath merupakan suplemen berbahan dasar 100% alami yang aman dikonsumsi dalam jangka panjang sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

Baca juga : Pentingnya Peran Vitamin Otak Untuk Anak

Nah, itulah cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Yuk, rajin olahraga dan banyak mengonsumsi buah supaya badan sehat dan kuat!

Back to Articles