cara mengobati eksim secara alami

Cara Mengobati Penyakit Eksim Tanpa Obat Obatan

Lebih dari 17 persen penduduk dunia terserang penyakit eksim. Menurut dr. Rachel Djuanda, spesialis kulit di Rumah Sakit Bunda Menteng, prevalensi eksim pada anak-anak mencapai 9-21 persen. Indikasinya berupa ruam berwarna putih, tipis, dan bulat.

Eksim juga bisa menyerang seseorang yang berusia 17 tahun ke atas. Sebuah penelitian yang dirangkum dalam jurnal Fitzpatrick’s Dermatology in General Medicine, mengungkapkan prevalensinya hanya 1-3 persen. Jumlah ini mengindikasikan; orang dewasa lebih kebal terhadap serangan eksim ketimbang anak-anak.

7 Cara Mengobati Eksim Secara Alami

Lantas, bagaimana cara mengobati eksim secara alami? Sebenarnya, di pasaran banyak salep atau obat kimia yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa bahan berikut ini untuk mengatasi eksim

  1. Ramuan Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang identik dengan warna kuning atau putih. Setiap butirnya mengandung kurkumin sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Karena itu, kunyit mampu menyembuhkan infeksi dan peradangan akibat eksim.

Ramuan kunyit bisa dikombinasikan dengan lengkuas dan kapur sirih. Anda harus menyiapkan lengkuas 10 gram, kapur sirih 3 gram, serta kunyit 10 gram. Selanjutnya, parut lengkuas dan kunyit sampai halus.

Setelah itu, bahan tersebut dicampurkan dengan kapur sirih. Kalau sudah menyatu, tempelkan ramuan ke kulit yang terkena eksim. Terakhir, balut bagian tersebut menggunakan perban.

Baca juga : Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Kulit

  1. Kombinasi Belerang dan Bengkuang

Belerang merupakan unsur nonlogam yang bisa mengelupaskan kulit mati secara cepat. Sejak dulu, belerang digunakan sebagai obat berbagai penyakit kulit akibat infeksi bakteri, jamur, dan tungau. Pun bisa menjadi antiinflamasi untuk mengatasi eksim.

Pemakaian belerang dapat dikombinasikan dengan bengkuang. Kandungan vitamin C dan E di dalamnya mampu mengembalikan warna kulit yang terkelupas. Buah ini juga bisa menghilangkan bekas eksim.

Untuk membuat obat eksim alami, siapkan 4 sendok makan (sdm) bengkuang, 3 sdm tepung belerang, serta 2 sdm minyak kelapa. Langkah selanjutnya, Anda harus menumbuk biji bengkuang dan tepung belerang sampai halus. Lalu, tuangkan minyak kelapa sambil mengaduk-aduknya.

Kalau ketiga bahan sudah menyatu, oleskan ke kulit yang terserang eksim. Ulangi pengobatan ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

  1. Campuran Kapur Sirih dan Wortel

Wortel merupakan sayuran akar yang mengandung vitamin E. Zat ini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit eksim. Supaya manfaatnya bertambah, campurkan wortel dengan kapur sirih.

Cara membuat ramuannya sangat mudah; cukup siapkan kapur sirih 1 sdm dan satu buah wortel. Setelah wortel dicuci, parutlah sampai halus. Kemudian, kombinasikan dengan kapur sirih sambil diaduk hingga rata.

  1. Daun Bayam

Anda menyukai daun bayam? Kali ini, daun bayam bukan untuk dikonsumsi, melainkan sebagai obat kompres. Kandungan vitamin E dalam tanaman ini sangat tinggi sehingga mampu menyembuhkan eksim.

Membuat ramuan daun bayam sangat praktis. Anda hanya perlu merebus daun tersebut sampai layu, lalu menyaringnya. Setelah itu, tempelkan pada kulit yang terinfeksi selama kurang lebih setengah jam.

  1. Daun Meniran

Daun meniran tumbuh liar di antara semak belukar. Banyak orang yang menganggap tumbuhan tersebut sebagai gulma. Padahal, meniran bisa menyembuhkan penyakit eksim.

Obat tradisional dari daun meniran bisa dikombinasikan dengan 1 rimpang temulawak dan 15 lembar remujung. Setelah semua bahan dicuci, rebus di dalam air sampai mendidih. Kemudian, minum ramuan tersebut secara teratur setiap hari.

  1. Daun Ketepeng Cina

Meski bernama ketepeng cina, tumbuhan ini berasal dari daratan Amerika. Bentuk daunnya bulat dengan bunga berwarna kuning cerah. Tergolong tanaman perdu, ketepeng cina tumbuh hingga 5 meter.

Daun ketepeng cina kerap digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Salah satunya adalah gejala eksim. Kandungan kimia di dalamnya bisa memberikan efek farmakologis.

Untuk obat eksim, daun ketepeng cina bisa dicampurkan dengan asam muda dan kunyit. Ketiga bahan tersebut harus ditumbuk sampai halus. Setelah itu, tempelkan pada eksim yang meradang selama beberapa menit.

  1. Sayuran Kangkung

Siapa sangka, sayuran yang berasal dari India ini ternyata bisa mengobati eksim. Pasalnya, kangkung bersifat antioksidan dan antiradang. Daun tersebut juga mengandung 6.300 IU vitamin A sehingga mampu mengembalikan warna kulit seperti semula.

Cara membuat ramuan kangkung, yaitu dengan merebusnya dalam air sampai mendidih. Kemudian, ambil air rebusan kangkung untuk mengompres kulit yang terkena eksim. Pengobatan ini harus dilakukan secara rutin supaya mendapatkan hasil optimal.

Demikian tujuh cara mengobati eksim secara alami. Semoga bisa dijadikan sebagai referensi obat tradisional eksim.

Back to Articles