cara menghilangkan mata panda secara alami

Tips Menghilangkan Mata Panda Dengan Cepat

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting dan berperan menunjang penampilan. Mata yang jernih akan membuat penampilan secara keseluruhan terlihat lebih sempurna. Nah, salah satu masalah yang biasa terjadi pada mata adalah kantong mata atau dikenal dengan istilah “mata panda”. Kantong mata membuat tampilan wajah terlihat loyo, tidak segar, dan tampak lebih tua.

Baca juga: Ingin Tampil Awet Muda? Simak Tips Berikut Ini!

Biasanya, lingkaran hitam di bawah mata disebabkan oleh kondisi tubuh yang terlalu lelah. Lingkaran yang semakin lama semakin tampak seperti kantong ini sebenarnya bisa dipulihkan dengan beristirahat yang cukup. Namun, untuk semakin mempercepat prosesnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan mata panda tanpa menggunakan obat-obatan.

7 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

1. Lakukan Pemijatan

Salah satu cara untuk menghilangkan kantong mata adalah dengan melakukan pemijatan. Penata rias sekaligus Youtuber, Lisa Eldrige, menyarankan cara alami yaitu dengan menggunakan teh hijau. Caranya, buatlah secangkir teh hijau yang kental. Lalu, bekukan cairan itu dalam bentuk balok es kecil. Untuk menggunakannya, bungkus balok es teh hijau dengan kain, lalu lakukan pemijatan pada area kantong mata secara perlahan.

2. Gunakan Trik Khusus pada Saat Berdandan

Kantong mata juga sangat mengganggu pada saat hendak berdandan. Nah, cara paling mudah menyamarkannya adalah dengan menggunakan trik khusus ketika mengaplikasikan make up.

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membubuhkan make up pada wajah adalah dengan menutup lingkaran tersebut dengan concealer. Gunakanlah warna concealer yang senada dengan warna wajah. Jika masih terlihat, gunakan warna peach atau sedikit oranye. Jika kulit lebih gelap, sapuan yang dibutuhkan juga biasanya semakin tebal.

Selain itu, cara lainnya adalah dengan menggunakan brush untuk mengaplikasikan concealer matte yang lebih terang ke area yang terlihat menonjol. Jangan lupa, lakukan hal ini dengan penerangan yang cukup serta jari yang tegas.

Baca juga: Produk Kecantikan Jaman Now, Amankah?

3. Manfaatkan Bahan-Bahan Alami

Selain dengan ramuan teh, cara menghilangkan mata panda lainnya adalah dengan menggunakan alpukat. Anda juga bisa menggunakan almond atau susu untuk mencerahkan bayangan gelap pada mata. Bukan hanya itu, bahan makanan seperti timun pun bermanfaat untuk menghilangkan kantong mata.

Caranya, berbaringlah dan letakkan seiris timun dingin pada bagian mata selama 30 menit. Setelah itu, mata akan terlihat lebih bercahaya dan tubuh juga akan terasa lebih segar.

Selain itu, mengkonsumsi Vitamin E 400 IU dapat melindungi kesehatan kulit dari radikal bebas yang kita temui setiap harinya, seperti dari asap kendaraan bermotor dan sinar UV.

Baca juga: Manfaat Vitamin E 400 IU untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

4. Hindari Konsumsi Banyak Garam

Menurut Dr. Axe, salah seorang pakar nutrisi yang memprioritaskan makanan untuk terapi penyembuhan, salah satu penyebab munculnya kantong mata adalah konsumsi garam yang berlebihan. Selain membuat tekanan darah menjadi tinggi, sodium yang terkandung di garam juga bisa menyebabkan water retention. Inilah penyebab timbulnya bengkak di sekitar mata.

Jadi, batasi konsumsi garam atau gunakan jenis garam dengan tingkat sodium yang lebih rendah. Jika memilih makanan, hindari jenis menu yang mengandung banyak garam atau terasa asin. Untuk mengekang rasa ingin makan sesuatu yang asin, pilihlah sayur-sayuran segar.

5. Perhatikan Posisi Tidur

Sebagai bentuk pencegahan, Anda juga perlu memperhatikan posisi tidur. Ternyata, tidur dengan posisi berbaring dapat mencegah gravitasi menyebabkan adanya cairan terbentuk di sekitar mata. Pertimbangkanlah menggunakan bantal tambahan pada bagian kepala. Namun, pastikan bantal tersebut tetap nyaman membuat Anda tidur dengan baik karena tidur yang kurang juga bisa menimbulkan kantung mata.

Baca juga: Ingin Wajah Bebas Jerawat? Simak Tips-Tips Berikut Ini!

6. Bersihkan Make Up Sebelum Tidur

Cara ini sangat sederhana dan mudah dilakukan asal Anda telaten. Setelah bepergian atau mengenakan make up, segera bersihkan sebelum tidur. Make up bisa menjadi salah satu penyebab iritasi yang membuat mata berair dan terasa sembap.

7. Hindari Alkohol dan Rokok

Alkohol akan membuat tubuh dehidrasi sehingga kulit terasa kering. Dehidrasi akan menyebabkan adanya area halus di sekitar mata terlihat gelap dan tenggelam. Daripada alkohol, minumlah lebih banyak air tiap hari. Selain membuat kulit lebih segar, mata akan terlihat lebih jernih.

Anda juga sebaiknya menghindari rokok karena dapat membuat kulit kering dan terjadi penuaan dini di sekitar mata. Bahan-bahan kimia yang terdapat pada rokok adalah racun dan menjadi sumber iritasi yang menimbulkan kantong mata dan kerutan.

Nah, demikian beberapa cara menghilangkan mata panda dengan mudah dan sederhana. Selamat mencoba.

Baca juga: Cara Merawat Wajah Yang Paling Efektif

Back to Articles