cara menghilangkan bekas jerawat

Cara Mudah, Murah, dan Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat

Punya wajah yang bersih, segar, dan bebas jerawat tentu merupakan impian semua orang. Nah, salah satu masalah kulit yang dianggap cukup mengganggu penampilan adalah jerawat dan flek hitam. Karena itu, banyak dari kita yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk ke dokter atau klinik estetika demi bisa terhindar dari keluhan kulit tersebut.

Sebetulnya kita tidak perlu, kok, menghabiskan banyak dana hanya untuk mengusir jerawat dan bekasnya, sebab masih banyak cara yang lebih alami dan murah untuk dilakukan. Apa saja itu?

Baca juga : Tips Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah

6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon

  1. Masker Lemon

Selain segar dibuat minuman, buah lemon ternyata bisa dipakai untuk mengobati jerawat dan bekasnya, lho. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah berkulit kuning ini terbukti mampu merangsang produksi kolagen dan memperbarui sel-sel kulit mati sehingga wajah akan terasa segar, cerah, dan bersih.

Cara pakainya pun mudah, Anda cukup mengoleskan air perasan lemon ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Selain mencerahkan wajah dan menghilangkan jerawat, masker lemon juga bermanfaat untuk mengusir lingkar hitam pada mata, lho.

  1. Kulit Jeruk

Siapa bilang kulit jeruk tak punya manfaat? Justru kandungan vitamin C dan asam alfa-hidroksi yang terdapat di dalamnya terbukti sangat ampuh untuk membersihkan pori-pori secara menyeluruh. Pori yang kotor akan memicu timbulnya komedo yang akhirnya berujung pada jerawat.

Nah, lalu bagaimana cara pengaplikasiannya? Keringkan kulit jeruk sampai benar-benar kering, tumbuk sampai halus dan menjadi serbuk, kemudian beri sedikit air sampai menjadi pasta. Aplikasikan pasta kulit jeruk sebagai masker wajah. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal, ya!

Baca juga : 7 Cara Efektif Merawat Wajah

cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu

  1. Masker Madu

Karena kaya akan manfaat, madu merupakan bahan alam yang banyak dipakai di dunia kosmetik dan kecantikan. Selain memberi efek lembut pada kulit, madu juga mengandung zat antiseptic yang sangat baik untuk kulit berjerawat.

Cara pakainya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengoles madu secara rata ke wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat sebelumnya. Campur dengan perasan lemon untuk mendapatkan kulit cerah, lembut, dan bebas jerawat.

Baca juga : Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Kulit

  1. Cuka Apel

Sebelum menghabiskan gaji untuk berobat ke dokter kulit, coba tengok kembali dapur Anda, apakah ada sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat beserta bekas-bekasnya? Ya, memang ada banyak bahan alami yang bisa dipakai untuk mengusir jerawat, salah satunya adalah cuka apel.

Menggunakan cuka apel merupakan salah satu cara menghilangkan bekas jerawat yang efektif, karena cuka apel mengandung zat tertentu yang berperan dalam mengatur tingkat keasaman atau pH kulit serta mengurangi ruam kemerahan pada kulit akibat jerawat.

Cara pakainya: basahi kapas dengan cuka apel dan tepuk-tepuk pada wajah yang berjerawat. Agar hasilnya maksimal, lakukan sebelum tidur malam, ya.

  1. Putih Telur

Khasiat putih telur untuk perawatan kulit ternyata tidak diragukan lagi. Selain efektif menghilangkan noda hitam, bahan makanan ini juga sangat ampuh untuk meredakan peradangan dan kulit kemerahan akibat jerawat. Pun asam amino dan protein yang terkandung di dalamnya terbukti efektif mengecilkan pori-pori dan mempercepat proses regenerasi kulit.

Baca juga : Daftar Kandungan Berbahaya dalam Produk Kecantikan

  1. Pepaya

Selain mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk kulit berjerawat, pepaya juga kaya akan enzim papain yang sangat efektif untuk mengikis sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Cara pakainya juga mudah. Pada bagian wajah, aplikasikan saja pepaya yang sudah dibuat masker dengan cara diblender. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersuhu suam-suam kuku.

Nah, itu dia cara menghilangkan bekas jerawat dengan mudah, murah, dan efektif. Selain perawatan dari luar, Anda juga bisa menggunakan herbal yang dapat menghilangkan bekas jerawat dari dalam tubuh seperti Beauty Golds. Selebihnya, jangan lupa terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga. Gerak tubuh akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar sehingga kulit akan terlihat lebih segar.

Back to Articles