cara mengentalkan air mani

Tips Alami Mengentalkan Air Mani Yang Mudah Anda Terapkan

Kualitas sperma dan organ reproduksi pria berperan penting dalam persiapan Anda memiliki keturunan. Salah satu masalah organ reproduksi yang sering dihadapi pria adalah air mani yang encer dan tidak berkualitas. Gejala penurunan kualitas sperma ini ditandai dengan tekstur air mani yang cair dan berwarna bening. Sementara itu, sperma normal biasanya berwarna kelabu pucat, kental, memiliki aroma khas seperti bunga akasia, serta bervolume 2-4 ml.

Baca juga: 10 Pola Hidup Sehat yang Wajib Anda Lakukan dari Sekarang!

Faktor Penyebab Air Mani yang Encer

Tak hanya berpengaruh bagi kesehatan organ reproduksi, air mani yang encer pun sering kali menjadi sumber kekhawatiran dan perasaan kurang percaya diri pada pria. Apalagi, hal ini sering dikaitkan dengan ejakulasi dini dan bahkan potensi infertilitas. Inilah beberapa faktor utama penyebab air mani encer:

  • Kurangnya Asupan Zinc 

Hasil studi yang dimuat Middle East Fertility Society Journal memaparkan, kekurangan zat Zinc pada pria berpengaruh langsung pada penurunan kualitas sperma. Pria yang memiliki asupan Zinc dalam jumlah proporsional dinilai memiliki performa lebih baik dalam melawan efek negatif antibodi sperma.

  • Masturbasi

Frekuensi ejakulasi yang terlalu sering, terutama akibat kebiasaan masturbasi, dapat berpengaruh pada produksi mani encer. Jika Anda melakukan onani beberapa kali dalam sehari, kualitas sperma setelah ejakulasi pertama biasanya akan semakin cair. Tubuh memerlukan waktu beberapa jam untuk dapat memproduksi jumlah sperma yang sehat dan normal.

Air mani  yang encer sebenarnya merupakan permasalahan umum dan dapat diatasi dengan mudah bahkan melalui perawatan alami. Ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan klinis terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas sperma atau adanya kelainan dalam organ reproduksi. Setelah dokter merekomendasikan metode pengobatan yang sesuai, Anda dapat mendampinginya dengan melakukan teknik pengobatan alami.

Lima Cara Mengentalkan Air Mani Secara Alami

1. Memperbaiki Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Penurunan kualitas sperma banyak dipengaruhi kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, serta makanan cepat saji yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal.

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi makanan berlemak tinggi setiap harinya memproduksi jumlah sperma lebih sedikit dibanding mereka yang menjalankan pola makan yang sehat. Oleh karena itu, terapkanlah pola makan rendah lemak dan tinggi protein demi memperbaiki kualitas sperma.

Kurangnya aktivitas fisik juga dapat meningkatkan risiko obesitas, yang dinilai memengaruhi kualitas sperma. Jurnal penelitian yang diterbitkan Harvard School of Public Health memaparkan, pria yang duduk terlalu lama atau menonton TV 20 jam tiap minggu memiliki jumlah sperma 44 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang berolahraga secara rutin. Jadi, usahakan juga untuk rutin melakukan latihan fisik, ya.

Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Merusak Kesuburan Pria

2. Mengonsumsi Susu dan Kurma 

Siapa sangka jika kombinasi susu dan kurma juga dapat membantu meningkatkan kebugaran dan kualitas sperma? Masyarakat yang tinggal di kawasan Mediterania sering mengonsumsi kombinasi makanan ini setiap hari untuk menjaga vitalitasnya. Anda dapat merendam 5-7 kurma kering ke dalam semangkuk susu dan diamkan 2-3 jam hingga kurma terasa lembut.

Kandungan karbohidrat, serat, vitamin B1, B2, B3, dan B5 dalam kurma dinilai efektif dalam meningkatkan stamina sekaligus memperbaiki air mani yang encer.

3. Konsumsi Suplemen Herbal

Pola makan sehat yang didampingi konsumsi suplemen herbal berkhasiat dapat membantu memperbaiki kualitas sperma. Tanaman obat berkhasiat seperti pimpinella alpina (purwoceng), dan panax ginseng (ginseng korea) dikenal secara turun-temurun sebagai bahan pembuatan jamu kebugaran.

Manfaat dua tanaman obat berkhasiat tersebut dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi suplemen Harvest Valeo. Suplemen herbal satu ini memiliki khasiat untuk meningkatkan kualitas sperma, melancarkan aliran darah, meningkatkan kadar hormon testosteron dan kesuburan pria. Konsumsi Harvest Valeo secara rutin dalam jangka panjang dapat membantu Anda tetap bugar dan bergairah.

4. Tingkatkan Asupan Makanan Mengandung Zinc

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kekurangan asupan zinc berpengaruh langsung terhadap kualitas sperma. Nah, mulai sekarang, cobalah untuk meningkatkan asupan makanan yang mengandung zinc seperti kerang, kacang almond, biji bunga matahari, dan daging domba. Selain kaya akan zinc, beberapa contoh makanan di atas juga dikenal memiliki kandungan selenium yang tinggi dan efektif dalam mengentalkan air mani.

5. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Akan Vitamin E

Selain vitamin B dan zinc, vitamin E pun turut berperan dalam menyeimbangkan hormon sekaligus memperbaiki kualitas sperma. Kandungan vitamin E tinggi dapat ditemukan pada kacang-kacangan, telur, sereal, alpukat, dan umbi-umbian.

Baca juga: Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Itulah beberapa cara mengentalkan air mani secara alami yang dapat Anda coba. Konsumsi makanan bervitamin, pola hidup sehat, serta tidur yang cukup dapat menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kesehatan organ reproduksi.

Back to Articles