cara mengatasi sembelit secara alami

Susah BAB? Inilah Cara Mengatasinya!

Sembelit atau susah buang air besar (BAB) merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada sistem pencernaan. Keadaan yang di dalam dunia medis disebut konstipasi ini sudah sangat umum dialami banyak orang. Bahkan, menurut penelitian dari American Society of Colon and Rectal Surgeons, buang air besar menjadi gangguan kesehatan umum yang memengaruhi hampir 80 persen warga dunia.

Sulit buang air besar tentu sangat menganggu. Pasalnya, perut akan selalu terasa penuh dan tidak nyaman. Bahkan, tak jarang disertai rasa mulas. Apabila Anda mengalami masalah ini, sebaiknya jangan buru-buru mengonsumsi obat pencahar sebagai langkah penyembuhan. Ada baiknya jika Anda mengetahui penyebab-penyebab yang membuat Anda susah buang air besar beserta solusi penyembuhannya secara alami.

Baca juga : Makanan dan Kebiasaan Penyebab Susah Buang Air besar

6 Penyebab Utama Susah Buang Air Besar

Penyebab sulit buang air besar bisa bermacam-macam. Berikut adalah enam penyebab utama yang membuat Anda mengalami susah buang air besar.

  1. Kurang Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Bahan makanan yang mengandung serat memegang peranan penting untuk melancarkan proses pencernaan. Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp. GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan bahwa sembelit adalah tanda kurangnya konsumsi serat seperti buah dan sayur. Akibat kurangnya asupan serat, tekstur feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

  1. Mengonsumsi Makanan Tertentu

Makanan tertentu yang dikonsumsi secara berlebihan ternyata dapat menyebabkan susah buang air besar. Makanan tersebut antara lain daging olahan, daging merah, makanan instan, serta produk susu. Di samping itu, terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh ternyata juga dapat menyebabkan susah BAB dan masalah kesehatan lainnya.

  1. Stres

Kondisi stres juga bisa menjadi salah satu penyebab susah BAB. Jordan Karlitz, seorang ahli pencernaan yang juga anggota dari American College of Gastroenterology menjelaskan bahwa saat seseorang sedang stres atau mengalami gangguan tidur, salah satu saraf yang berkontribusi dalam sistem pencernaan juga ikut menjadi kacau sehingga menyebabkan proses pembuangan terganggu.

  1. Kurang Minum Air

Air dan serat merupakan dua hal yang berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan. Apabila tubuh mengalami dehidrasi karena kurang asupan air, akibatnya sistem pencernaan menjadi tidak bisa bekerja secara optimal.

  1. Memiliki Kondisi Kesehatan Tertentu

Susah buang air besar dapat menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan kesehatan di dalam tubuh. Salah satu contohnya adalah jika Anda memiliki masalah tiroid. Anda akan merasakan gejala susah BAB karena kelenjar tiroid tidak dapat bekerja dengan baik untuk melepas hormon-hormon yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk hormon yang berperan untuk mengatur sistem pencernaan.

  1. Mengalami Gangguan Pencernaan Kronis

Jika Anda terus-menerus susah buang air besar dan disertai rasa sakit, bisa jadi Anda mengalami gangguan pencernaan kronis seperti iritasi usus atau Irritable Bowel Sysdrom (IBS). Jika Anda mencurigai kondisi tersebut, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga : Seputar Gangguan Pencernaan Yang Perlu Anda Ketahui

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

Mengatasi sembelit sebenarnya cukup mudah. Berikut adalah beberapa cara praktis dan alami yang bisa Anda tempuh untuk melancarkan BAB.

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah dua jenis bahan makanan yang banyak mengandung serat. Serat berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan karena berfungsi untuk membantu pergerakan usus, sehingga proses pembuangan menjadi lebih mudah.

  1. Minum Air Secukupnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air dan serat sama-sama berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan. Karenanya, usahakan untuk mengonsumsi air sebanyak 8-10 gelas per hari agar Anda tidak mengalami masalah sembelit.

  1. Olahraga Secara Teratur

Sembelit sering kali dialami oleh orang-orang yang jarang berolahraga.  Olahraga ringan seperti berjalan santai selama 20-30 menit setiap harinya merupakan cara mengatasi sembelit secara alami yang mudah Anda terapkan setiap harinya. Cobalah untuk melakukan olahraga secara teratur agar BAB Anda menjadi lebih lancar.

  1. Gunakan Bahan-Bahan Alami

Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi atau melancarkan BAB, misalnya dengan mengonsumsi kacang-kacangan, air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan minyak zaitun, atau campuran gel lidah buaya dan jus lemon. Selain itu, salah satu cara mengatasi sembelit secara alami dan cepat juga dapat menggunakan teh herbal seperti Oyama Slim Tea yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai penyebab susah BAB dan cara mengatasi sembelit secara alami. Semoga bermanfaat!

Back to Articles