Cara Mengatasi Kulit Berminyak

5 Cara Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang mulus, bercahaya, dan cerah? Setiap orang, khususnya wanita, selalu mendambakan hal ini. Namun, pada sebagian orang, bagian wajah kerap mengalami masalah, seperti kulit berminyak. Hal ini menyebabkan tampilan kulit menjadi kusam, mengkilat, dan aplikasi make up menjadi tidak maksimal.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Menurut Heidi Waldorf, MD, seorang dermatologist di Waldorf Dermatology Aesthetics, New York, perbedaan tipe kulit biasanya disebabkan oleh pengaruh genetik. Namun, ada faktor lain yang mendukung, seperti aktivitas sehar-hari, lingkungan sekitar, serta hormon yang bisa memperburuk kondisi kulit.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah seperti itu, jangan khawatir! Ayo disimak!

Inilah 5 Cara Mengatasi Kulit Berminyak Secara Alami

  1. Perhatikan Pola Makan Anda

Makanan pedas memang membangkitkan selera makan, tetapi juga dapat berdampak pada kulit. Makanan pedas dapat melebarkan pembuluh darah dan membuat Anda berkeringat lebih banyak. Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan pedas setidaknya sekali dalam seminggu. Ini merupakan cara mengatasi kulit berminyak yang bahkan gratis!

Sebaliknya, makanlah jenis sayuran seperti wortel, blewah, atau bayam. Jenis makanan ini memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan dapat memperlambat produksi minyak, khususnya pada wajah.

Baca juga: Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

  1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Salah satu cara mengatasi kulit berminyak adalah membersihkan wajah dengan teratur. Triknya adalah dengan menggunakan air hangat untuk membersihkannya. Daripada air dingin, air hangat lebih efektif melarutkan minyak. Sebaiknya, gunakan sabun pembersih yang sesuai dengan kulit wajah dan hindari produk pembersih wajah yang mengandung moisturizer.

  1. Buat Toner Sendiri di Rumah

Ternyata, tidak susah membuat toner yang sesuai dengan kondisi kulit. Toner bisa digunakan setelah membersihkan wajah dan biasanya diaplikasikan dengan kapas yang lembut.

Bahan yang bisa digunakan adalah Witch Hazel, yaitu sejenis tanaman yang bernama ilmiah Hamamelis virginiana. Bagian yang digunakan adalah daun, kulit pohon, maupun ranting yang diolah sehingga menghasilkan air dengan cara destilasi.

Aplikasikan air ini pada wajah sebanyak 2 kali selama 2 hingga 3 minggu. Setelah minggu ketiga, gunakan sekali dalam sehari. Witch hazel mengandung tannin, yaitu zat yang memiliki efek astringent dan membuat pori-pori lebih kencang pada saat kering.

Tanaman herbal lainnya yang bisa digunakan adalah yarrow, sage, dan pepermint. Bahan-bahan ini juga menimbulkan efek astringent. Untuk membuat toner kulit, ambilah satu sendok makan seluruh bahan herbal ini, lalu tambahkan air mendidih. Biarkan selama 30 menit. Kemudian, saringlah cairan tersebut dan biarkan dingin sebelum diaplikasikan pada wajah.

Baca juga: Tips Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan hyssop, yaitu salah satu tanaman keluarga mint. Pada prinsip pengobatan kuno, hyssop sangat bagus untuk kulit. Masukkan satu sendok teh hyssop pada secangkir air, didihkan selama 10 menit, kemudian saring. Biarkan pada kondisi dingin. Setelah membersihkan kulit, aplikasikan toner herbal ini dengan kapas pada kulit berminyak.

Kombinasi lavender dan minyak esensial neroli yang berasal dari orange blossoms juga dapat menjadi pembersih dan penyegar wajah. Tuangkan sedikit air bunga lavender dan tambahkan sedikit minyak neroli. Gunakan dengan cara menyemprotkannya pada wajah selama beberapa kali dalam sehari.

  1. Lakukan Pemijatan

Sedikit serbuk halus bisa digunakan untuk menyerap minyak dan menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Caranya, giling dan saring 2 sendok teh gandum kering dan tambahkan Witch Hazel untuk melembutkan sehingga berbentuk seperti pasta. Dengan menggunakan ujung jari, lakukan pemijatan lembut pada kulit, kemudian basuhlah wajah dengan air hangat.

Setelah dibersihkan, lakukan juga pemijatan pada wajah dengan buttermilk. Kandungan aktif dalam buttermilk dapat membersihkan kotoran dan sumbatan pada pori-pori. Biarkan sejenak kemudian basuh.

  1. Gunakan Masker Alami

Masker lumpur dapat membuat kulit terasa lebih kencang. Buatlah sendiri dengan Witch Hazel dan bahan lainnya seperti cypress oil dan minyak lemon. Aplikasikan pada wajah dan tunggu selama 10 menit.

Anda juga bisa menggunakan masker yang terbuat dari putih telur karena bahan ini dapat mencerahkan kulit. Tambahkan madu supaya khasiatnya lebih terasa. Selain itu, ada pula ramuan yang terbuat dari apel dan sage, lavender, atau peppermint.

Jika cara-cara ini dilakukan secara rutin, hasilnya pasti akan semakin optimal. Jadi, segera atasi dengan 5 cara mengatasi kulit berminyak diatas ya!

Baca juga: Cara Alami Merawat Wajah Agar Terlihat Awet Muda

Back to Articles