cara mengatasi jerawat

Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami sebagian orang. Jerawat timbul saat kelenjar minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit. Meskipun bukan merupakan masalah kulit yang serius, kehadiran bintik merah yang satu ini tetap saja dikhawatirkan oleh banyak orang karena dapat merusak penampilan wajah. Karenanya, tidak heran jika banyak obat-obatan atau krim perawatan wajah yang memberikan iming-iming membasmi jerawat secara tuntas dan cepat.

Namun, sebenarnya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat jerawat yang mahal. Ada beragam cara alami yang dapat membantu menghilangkan dan mengatasi masalah jerawat. Apa saja? Dilansir dari situs ini, berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat tanpa obat yang dapat kamu coba!

Baca juga : Pentingnya Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

9 Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

  1. Kurangi Konsumsi Gula

Gula merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan masalah jerawat. Saat Anda mengonsumsi makan-makanan yang banyak mengandung gula, hormon insulin pada tubuh akan meningkat dan tubuh Anda akan mengalami inflamasi atau peradangan.

Akibatnya, sistem imun tubuh juga ikut menurun sehingga lebih rentan terhadap infeksi bakteri—termasuk bakteri yang menyebabkan jerawat.

Untuk itu, kurangi konsumsi makanan-makanan berkadar gula tinggi seperti permen, cokelat, ataupun kue-kue manis. Sebagai ganti cemilan Anda, perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayur.

Baca juga : Tips Merawat Wajah Berjerawat

  1. Kurangi Makanan Pedas dan Berlemak

Cara mengatasi jerawat yang berikutnya adalah dengan menghindari makanan pedas dan berlemak. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tidak hanya dapat menyebabkan berat badan tubuh naik, tetapi juga memicu timbulnya jerawat.

Hal ini disebabkan karena pada saat Anda makan makanan pedas, pori-pori wajah akan terbuka lebar bersamaan dengan keluarnya keringat dan minyak. Jika masih ada sisa-sisa keringat dan minyak yang mengendap dan menyumbat pori-pori wajah, hal itu akan menjadi penyebab munculnya jerawat.

Baca juga : Daftar Makanan Penyebab Jerawat Yang Wajib Kamu Tahu

  1. Perbanyak Makanan yang Mengandung Protein

Seperti yang dilansir dari situs ini, mengatasi masalah jerawat juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan protein. Sebab, makanan yang banyak mengandung protein seperti daging, telur, atau ikan dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah kemunculan jerawat.

  1. Makan Makanan Berserat

Di samping makanan yang tinggi protein, makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayur juga sangat baik untuk menghindarkan kulit dari berbagai masalah kesehatan, termasuk jerawat.

Sebab, selain kaya akan kandungan vitamin dan mineral, beberapa buah dan sayur seperti wortel, bayam, pepaya, manga atau melon juga banyak mengandung kareotenoid, obat antiinflamasi yang terbukti ampuh menghilangkan jerawat.

Baca juga : Bahan Alami Yang Ternyata Dapat Menghilangkan Jerawat

  1. Banyak Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih secara teratur sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Dengan rajin minum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari, kelembapan kulit dapat selalu terjaga dan kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah akan hilang. Hasilnya, Anda pun akan terhindar dari kemunculan bintik merah yang mengganggu.

  1. Menggunakan Khasiat Alami Teh Hijau

Untuk mengatasi masalah jerawat, Anda sebenarnya bisa menyeduh teh hijau untuk diminum atau mengoleskannya langsung pada kulit. Jika dikonsumsi, teh hijau dapat membantu mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh dan membantu kulit wajah agar tetap bersih. Sementara jika langsung dioleskan pada wajah, bahan alami yang kaya akan antioksidan ini dapat mencegah kemunculan jerawat.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

  1. Menggunakan Lemon untuk Membersihkan Kulit

Lemon memiliki khasiat yang dapat membantu mengendalikan minyak dan mencegah kemunculan jerawat. Untuk membersihkan wajah menggunakan lemon, Anda bisa mengoleskan jus lemon atau perasan lemon pada bagian kulit yang terkena jerawat di malam hari sebelum tidur dan membiarkannya semalaman. Kemudian, Anda tinggal mencuci wajah dengan air bersih di pagi harinya.

  1. Gunakan Masker Alami dari Kayu Manis dan Madu

Selain menggunakan teh hijau dan lemon, Anda juga bisa menggunakan campuran kayu manis dan madu sebagai masker alami untuk menghindarkan kulit dari jerawat. Caranya, campurkan 5 sampai 6 jumput bubuk kayu manis dengan satu sendok teh madu dan oleskan pada wajah. Setelah beberapa menit, cuci bersih wajah Anda dan keringkan dengan handuk yang bersih.

Baca juga : Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

  1. Mengonsumsi Harvest Beauty Golds

Selain menggunakan bahan bahan diatas, Anda juga bisa mencoba mengonsumsi Harvest Beauty Golds yang mengandung bahan herbal seperti kulit manggis dan kunyit sebagai cara mengatasi jerawat secara alami dari dalam tubuh. Bahan alami seperti kulit manggis sudah terbukti ampuh dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Cukup minum 1 kapsul 2 kali sehari setelah makan, Anda dapat mendapatkan hasil yang diinginkan dalam 2 minggu.

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi jerawat secara alami yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Back to Articles