bayi susah makan

Apakah Bayi Anda Kesulitan Makan? Inilah Tips Mengatasinya

Selama enam bulan pertama kehidupannya, bayi mendapatkan nutrisi langsung dari Ibu melalui ASI (air susu Ibu). Namun, setelah masa tersebut, bayi harus mulai diperkenalkan dengan makanan padat karena kebutuhan akan nutrisi semakin  banyak dan kompleks.

Faktanya, bayi kerap mengalami masalah susah makan selama masa pengenalan tersebut. Akibatnya, asupan nutrisi yang didapatkan tidak sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dapat memengaruhi tumbuh kembang bayi. Oleh karena itu, cobalah menerapkan tips mengatasi bayi susah makan berikut yang disarikan dari Better Health, situs Department of Health and Human Services, Victoria, Australia.

Baca juga : 8 Bahan MPASI Untuk Bayi Usia 6-12 bulan

10 Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

  1. Tenang dan Jangan Panik

Ketika bayi menolak untuk makan, Ibu kerap menjadi panik dan khawatir. Ini adalah reaksi yang spontan dan wajar. Namun, Ibu tidak perlu panik berlebihan karena hal tersebut justru dapat menimbulkan suasana yang tidak kondusif sehingga membuat bayi susah makan.

  1. Carilah Posisi yang Nyaman

Posisi juga menentukan mood bayi untuk makan dengan lahap. Tempatkan bayi dalam posisi duduk yang nyaman dengan kepala yang tegak. Sebaliknya, hindari memberi makan bayi dalam kondisi berbaring.

Baca juga : Pentingnya Peran Ayah Dalam Membesarkan Anak

  1. Sabar

Menghadapi bayi yang susah makan memang kerap menguji kesabaran ibu. Namun, hindari keinginan untuk marah jika bayi menolak untuk makan makanan yang disajikan tersebut. Selain karena tidak ada gunanya, bayi justru dapat menjadi trauma. Dampaknya, keengganan yang sama akan berulang terjadi pada kesempatan makan berikutnya.

Oleh karena itu, persiapkan diri menghadapi segala macam kemungkinan, termasuk melihat kondisi meja dan lantai yang berantakan karena ulah si kecil. Bagaimanapun, ini adalah masa-masa belajar yang penuh konsekuensi dan harus dilewati bersama oleh ibu dan bayi.

  1. Coba Lagi Lain Waktu

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan prinsip coba lagi lain kali. Jangan memaksa bayi untuk makan hanya karena merasa tidak rela jika  makanan tersebut dibuang. Sebaiknya, berhenti menawarkan makan jika anak cenderung menolak. Namun, Anda bisa kembali mencobanya beberapa saat atau beberapa hari kemudian.

Baca juga : Pentingnya Memberikan Vitamin Anak Pada Masa Golden Age

  1. Tawarkan Menu Makan Yang Variatif

Salah satu penyebab hilangnya selera makan adalah menu makanan yang kurang variatif. Untuk itu, cobalah untuk memperkenalkan bayi dengan beragam jenis makanan yang bisa dikonsumsi. Dengan demikian, bayi tidak bosan oleh karena menu yang disajikan sama setiap hari.

  1. Berikan dalam Porsi Sedikit dan Sering

Apakah bayi hanya makan dalam porsi sedikit? Ibu tidak perlu resah. Gunakan metode sedikit tetapi sering supaya nutrisi yang dibutuhkan bayi tetap tercukupi. Tanpa disadari, bayi bisa saja merasa lelah karena harus melakukan aktivitas makan yang monoton. Oleh karena itu, ambil jeda sebentar dan suapi bayi kembali dengan telaten saat ia terlihat sudah tenang.

Baca juga : Rahasia Bayi Sehat dan Cerdas

  1. Perhatikan Tekstur Makanan yang Diberikan

Salah satu kesalahan ibu saat menyiapkan makanan bagi bayi yang baru saja belajar makan adalah tidak mengetahui tekstur yang tepat. Sebaiknya, pada awal perkenalan dengan makanan padat, buatlah makanan dengan tekstur yang lebih encer atau berbentuk puree.

Seiring bertambahnya usia anak, tekstur makanan pun harus mengikuti. Nah, jika bayi susah makan secara tiba-tiba, bisa jadi tekstur yang diberikan sudah tidak sesuai sehingga harus dibuat lebih padat.

  1. Biarkan Bayi Memutuskan

Sesekali, ibu perlu memberikan kesempatan kepada bayi untuk memutuskan jenis makanan yang dipilihnya.  Jangan terlalu memaksakan keinginan karena hal ini justru akan membuat bayi semakin enggan untuk membuka mulut.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara

  1. Biarkan Bayi Melakukan Eksplorasi

Bayi senang mengeksplorasi sekelilingnya, termasuk ketika sedang makan. Jadi, berikan kesempatan pada bayi untuk melakukannya dengan membiarkannya menyentuh dan memegang sendiri makanan tersebut.

  1. Hindari Distraksi yang Terlalu Banyak

Untuk menjaga agar suasana makan tetap kondusif, hindari distraksi yang terlalu banyak. Salah satu contohnya, makan sambil menonton televisi. Sejatinya, makan bisa menjadi kesempatan untuk mempererat bonding antara ibu dan bayi. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini.

Meskipun belum bisa menjawab, ajaklah bayi bercakap-cakap selama proses makan berlangsung. Hal ini akan membuat suasana makan menjadi lebih nyaman dan akrab.

Nah, demikian 10 tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi serta mencegah bayi susah makan. Bagian mana yang belum pernah Anda terapkan?

Baca juga : Cara Mendidik dan Membesarkan Anak

Back to Articles